Cara Merawat Benda

Rahasia Cara Merawat Headset Super Awet Anti Rusak

cara merawat headset
Written by Josua Rifandy

Headset adalah salah satu perangkat elektronik yang menjadi favorit saat ini. Biasanya digunakan untuk menikmati konten multimedia baik mendengarkan lagu maupun menonton video. Headset juga memiliki fungsi sebagai pengganti speaker terlebih saat berada di keramaian, headset ini bisa membantu memperjelas suara yang sedang didengarkan. Akan tetapi, seringnya penggunaan headset ini tidak sebanding dengan perawatan yang dilakukan. Perawatan headset pun sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Bagaimana cara merawat headset yang benar agar awet dan tidak mudah rusak? Simak ulasannya berikut ini.

7 Cara Merawat Headset


Cara merawat headset bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dan diterapkan dalam penggunaan sehari-hari. Berikut 7 cara yang bisa dilakukan: 

Baca Juga : Cara Merawat Kacamata Berdasarkan Model dan Bahan Material

1. Gunakan Volume Normal

Cara merawat headset yang pertama adalah dengan menggunakan volume normal setiap kali menggunakannya. Kebiasaan yang sering terjadi ketika menggunakan headset adalah memakainya dengan volume tinggi atau maksimal. Banyak orang beranggapan dengan melakukan hal ini, maka akan didapatkan suara yang lebih jelas dan minim noise

Padahal, selain dapat merusak pendengaran, penggunaan headset dengan volume tinggi juga bisa merusak perangkat headset itu sendiri. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Volume maksimal pada headset ternyata bisa menyebabkan kerusakan pada speaker dan komponen internal headset. 

Sehingga, kualitas audio headset menurun dan suara yang keluar pecah dikarenakan efek bass yang terlalu keras. Volume yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan gendang telinga tidak sensitif terhadap suara pelan bahkan bisa sampai pecah sehingga merusak pendengaran.

Maka dari itu, sebaiknya gunakan headset untuk mendengarkan dengan volume suara yang normal saja. Selain itu, sebaiknya jangan terlalu lama menggunakan headset, berikan waktu jeda agar speaker tidak terus berfungsi. Hal tersebut bisa menjaga kesehatan pendengaran sekaligus menjaga headset tidak mudah rusak. 

2. Kabel Headset Digulung dengan Benar

cara merawat headset
(Sumber: Blackxperience.com)

Kabel menjadi komponen penting pada headset. Akan tetapi, cara penyimpanannya yang tidak benar bisa membuat headset cepat rusak. Ketika sudah selesai digunakan, jangan meletakan headset di sembarang tempat.

Sebaiknya, gulung kabel headset dengan rapi dan simpan di wadah khusus bisa di dalam kotak kemasan apapun atau di dalam casing pelindung. Menyimpannya di dalam saku baik saku celana, saku kemeja, saku jaket, dan di dalam tas sebaiknya tidak dilakukan. 

Hal ini agar kabel tidak tertarik dan terbelit dengan benda lain yang akan berakibat pada lepasnya kabel sehingga suara menjadi tidak jelas. Menggulung kabel pun tidak bisa sembarangan, ada teknik khusus yang bisa dipraktekkan.

Kabel headset dililitkan pada tiga jari tangan (jari telunjuk, jari tengah, jari manis) membentuk pola seperti angka delapan. Beberapa bagian kabel disisakan dan dililitkan pada bagian tengah. Ujung jack dimasukan ke ujung lilitan. Kemudian, ikat dengan pengait headset agar gulungan tidak terbuka.

3. Bersihkan Headset Secara Rutin

Cara merawat headset selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkannya secara rutin dari kotoran berupa debu. Hal ini dikarenakan debu yang menempel bisa berakibat pada penurunan kualitas suara yang dihasilkan. Membersihkan headset ini hanya memerlukan barang-barang yang sederhana seperti cotton bud, sikat gigi, kain microfiber serta cairan desinfektan ataupun alkohol. 

Sikat gigi yang kering atau bisa juga menggunakan cotton bud yang telah dicelupkan ke alkohol digosokkan ke kepala headset agar bebas dari debu yang menempel. Cara ini bisa membuat suara headset lebih jernih dan tidak sumbang. Kemudian bagian kabel dibersihkan dari noda dan bakteri menggunakan alkohol.

4. Hindarkan Headset dari Air dan Benturan 

cara merawat headset
(Sumber: Rukita.co)

Sama halnya dengan barang elektronik lainnya, headset pun akan konslet saat terkena air. Sehingga cara merawat headset selanjutnya adalah dengan sebisa mungkin jauhkan headset atau bagian kepala headset dengan air. Sebelum menggunakan headset juga perlu dipastikan telinga berada dalam keadaan kering. 

Selain memastikan telinga kering, cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga headset agar tidak cepat rusak adalah menggunakan penyerap kelembaban di area penyimpanan headset. Hal ini akan membuat perangkat tetap kering dan pemakaian menjadi lebih optimal.

Hal lain yang terlihat sepele, tapi justru bisa membuat headset cepat rusak adalah melempar dan menjatuhkan headset. Mengapa demikian? Benturan yang dialami headset akan membuat lepasnya komponen kecil di dalamnya yang berakibat pada penurunan kualitas suara yang dihasilkan hingga terjadi kerusakan. Maka dari itu, perlakukan headset dengan sebaik mungkin, karena hal yang dianggap sepele ternyata bisa menjadi penyebab kerusakan.

Baca Juga : Tutorial Cara Merawat Kulkas agar Suhu Dingin Terjaga

5. Hindari Pemakaian Headset Bersama Orang Lain

Cara merawat headset selanjutnya yang bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan tidak melakukan pemakaian bersama orang lain atau dengan kata lain headset tidak tidak dipinjam-pinjamkan ke orang lain. Hal ini dilakukan untuk mencegah tertempelnya kotoran maupun kuman dari satu orang ke yang lainnya, yang akan membuat headset kotor dan mudah rusak.

6. Pilih Tipe Headset yang Awet 

Cara merawat headset selanjutnya juga bisa dimulai sebelum membeli headset. Ketika membeli headset tentunya tidak boleh sembarangan dan hanya asal membeli saja. Perlu memperhatikan beberapa hal agar headset yang dibeli bisa tahan lama. Tidak cukup hanya memperhatikan model, merk, harga atau spesifikasi saja, ternyata headset yang lebih awet adalah yang memiliki model colokan berbentuk L. Karena colokan berbentuk L ini biasanya lebih kuat dan kencang.

Ketika kabel terjepit atau tertarik oleh benda lain, colokan L ini tetap terpasang dengan kuat sehingga mengurangi kemungkinan rusaknya headset karena kabel tertarik. Selain itu, disarankan juga untuk memilih kabel headset yang terbuat dari material tembaga kualitas tinggi sehingga kabel tidak mudah putus.

7. Tidak Terlalu Jauh dari Sumber Suara 

cara merawat headset
(Sumber: Hai.grid.id)

Hal lainnya yang dapat mengakibatkan headset mudah rusak selain terkena air, debu, atau karena terbentur adalah bagian kabel yang tertarik ketika sedang digunakan. Supaya hal tersebut tidak terjadi, cara merawat headset selanjutnya adalah saat sedang menggunakan headset letakan handphone tidak jauh dari telinga entah di saku baju atau saku jaket agar kabel headset tidak tertarik-tarik.

Baca Juga : Cara Merawat Taman Sendiri saat Pandemi Corona

Kenali Ciri-Ciri Headset yang Berkualitas Bagus


Seperti benda elektronik lainnya, headset juga memiliki kriteria khusus yang bisa menandakan apabila ia memiliki kualitas yang bagus. Kriteria headset berkualitas yang pertama adalah mempunyai sensitivitas medium atau mid range, karena aman bagi pendengaran.

Selain itu, headset juga harus mempunyai drive yang kuat atau besar, karena suara yang dihasilkan berkualitas. Adanya fitur sound isolation pada website juga sangat penting, agar tidak terganggu suara dari luar. Kriteria lainnya adalah kabel headset tidak terlalu panjang. Headset juga terbuat dari bahan yang nyaman saat digunakan.

Nah, itulah beberapa cara merawat headset yang benar, agar awet dan tidak mudah rusak. Benda apapun termasuk headset jika digunakan, diperlakukan, dan dirawat dengan baik pasti tidak akan mudah rusak. Pastikan untuk selalu menerapkan cara merawat headset di atas ya!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment