Cara Merawat Tubuh

Tips Sederhana Cara Merawat Ginjal Sesuai Anjuran Dokter

cara merawat ginjal
Written by Josua Rifandy

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang perlu di nomor satukan dalam menjaganya kesehatannya. Bagaimana tidak? Ginjal mempunyai peran yang sangat penting dalam tubuh.

Oleh karena itu, semua orang harus tahu bagaimana cara merawat ginjal dengan baik dan benar. Dengan begitu, maka kesehatan ginjal bisa selalu terjaga. Bahkan, sampai masa tua tiba.

Fungsi ginjal sendiri adalah untuk menyaring darah, mengolah dan membuang limbah-limbah dalam tubuh, seperti racun, garam berlebih, dan urea, mengendalikan kadar air dalam tubuh, mengatur tekanan darah, mengatur sel darah merah, mengatur keseimbangan asam-basa atau pH dalam darah, hingga menjaga konsentrasi mineral dan elektrolit.

Apabila seseorang telah terkena penyakit ginjal dan kondisinya sudah parah, maka satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan dialisis (cuci darah).

Selain itu, bisa juga diatasi dengan transplantasi ginjal dari orang lain yang lebih sehat. Mengetahui betapa ginjal sangat berperan penting dalam tubuh, masihkah menyepelekan kesehatan ginjal? Yuk, mari sama-sama menjaga dan merawat kesehatan ginjal!

Cara Merawat Ginjal yang Dianjurkan Dokter

Merawat kesehatan ginjal sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Jadi, jangan sampai organ ginjal mengalami masalah akibat kurang paham bagaimana cara untuk menjaga kesehatannya.

Nah, berikut beberapa tips dan cara merawat ginjal sesuai yang dianjurkan oleh dokter :

1. Minum Air Putih

Tips Sederhana Cara Merawat Ginjal Sesuai Anjuran Dokter Trikmerawat.com
(Sumber: Medicalnewstoday.com)

Berapa sih kira-kira air putih yang dibutuhkan oleh setiap orang setiap harinya? Ya, 8 gelas atau setara dengan 2 liter sehari. Penting sekali untuk minum air putih setiap harinya, karena berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal. Dengan menjaga jumlah air dan mineral dalam tubuh, maka ginjal bisa bekerja mengolah darah menjadi urine dengan lebih ringan.

Baca Juga : Cara Merawat Bibir agar Sehat Alami Tanpa Kosmetik

Selain itu, sebaiknya kurangi konsumsi minuman bersoda dalam jumlah yang banyak. Mengapa minuman bersoda dilarang dikonsumsi dalam jumlah banyak? Hal ini dikarenakan minuman bersoda mengandung kadar gula yang cukup tinggi.

Kadar gula yang tinggi ini, dapat membuat tubuh rentan terkena obesitas. Sementara itu, obesitas memicu timbulnya penyakit lain. Nah, salah satunya yaitu penyakit ginjal. Hal ini karena ginjal harus dipaksa bekerja lebih keras dari keadaan normalnya.

2. Kontrol Kadar Gula dalam Darah Secara Teratur

Kadar gula dalam darah yang tinggi merupakan pemicu utama munculnya penyakit pada ginjal. Sebanyak 28% pasien di Indonesia terkena penyakit ginjal karena dipicu oleh diabetes, yaitu terdapat kadar gula yang tinggi dalam darah.

Menurut para ahli, adanya kadar gula yang tinggi dalam darah menyebabkan ginjal dalam tubuh bekerja lebih berat daripada yang kadar gula dalam darah nya rendah.

Untuk itu, sangat dianjurkan untuk rutin mengecek kondisi kadar gula dalam darah setiap bulan atau minimal setiap tahun sekali. Jika ternyata kadar gula sudah mendekati 140/90 mmHg, sangat dianjurkan untuk segera mengkonsultasikan ke dokter atau rumah sakit.

3. Olahraga Secara Rutin

Olahraga adalah kunci dari setiap manusia yang ingin hidup sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Olahraga yang teratur dapat menjaga kesehatan tubuh, termasuk di dalamnya menjaga kesehatan ginjal. Berbagai penyakit bisa timbul dari kurang atau lebihnya porsi olahraga yang dilakukan.

Nah, lalu bagaimana olahraga rutin yang proporsional? Olahraga bisa dilakukan dengan 1 sampai 2 hari sekali, melakukan olahraga sekali dalam durasi 15-20 menit sudah bisa membuat tubuh sehat dan bugar, sehingga kemungkinan terkena penyakit sangat rendah.

4. Tidak Merokok

cara merawat ginjal
(Sumber: Health.clevelandclinic.org)

Cara merawat ginjal yang selanjutnya adalah dengan menghindari rokok. Semua orang tentu sudah tau bagaimana bahayanya rokok bagi tubuh? Rokok merupakan salah satu pintu yang membuka berbagai jenis penyakit ke dalam tubuh. Mulai dari penyakit ringan hingga berat, dapat disebabkan oleh rokok.

Nah, salah satu penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan merokok adalah penyakit ginjal. Mengapa penyakit ini bisa terjadi? Rokok dapat menghambat pembuluh darah dalam tubuh, termasuk di dalamnya menghambat pembuluh darah dalam ginjal.

Baca Juga : Rahasia Cara Merawat Tubuh dari Virus Corona Secara Alami

Ginjal yang terhambat, otomatis akan tidak bisa melakukan perannya dengan baik bukan? Selain itu, merokok dapat menyebabkan terjadinya tekanan darah dalam tubuh menjadi tinggi. Hal ini berisiko datangnya penyakit kanker ginjal. Maka dari itu, akan lebih baik untuk menyadari bahaya merokok dan memilih untuk berhenti merokok.

5. Tidak Mengkonsumsi Obat Tanpa Resep Dokter

Suka beli obat-obatan di warung? Sebaiknya, sekarang mulai dikurangi dan pelan-pelan dihindari. Jika mengalami sakit, sebaiknya segera periksa ke dokter. Setelah memeriksakan diri ke dokter, apa jenis obat yang dibutuhkan untuk penyembuhan penyakit segera diketahui.

Lain halnya jika dengan mudahnya mengonsumsi obat-obatan tanpa resep yang tepat dari dokter. Hal ini akan berdampak pada kesehatan tubuh. Salah satunya berdampak pada organ ginjal.

Dimana, ginjal akan bekerja lebih berat dalam membuang racun-racun dalam tubuh yang timbul dari zat kimia dalam kandungan obat yang dikonsumsi. Alhasil, ginjal mengalami penurunan fungsi akibat bekerja terlalu keras.

6. Mengonsumsi Makanan yang Sehat Agar Berat Tubuh Ideal

Tips Sederhana Cara Merawat Ginjal Sesuai Anjuran Dokter Trikmerawat.com
(Sumber: Mcmasteroptimalaging.org)

Semua orang pasti setuju, bahwa makanan yang masuk ke tubuh tidak boleh sembarangan. Selain untuk menjaga kesehatan, asupan makanan yang tepat dan sehat juga berfungsi agar berat badan tubuh tetap ideal.

Dengan berat tubuh yang ideal, tubuh tidak akan terserang berbagai macam penyakit. Selain itu, ginjal dalam tubuh juga akan berfungsi dengan baik. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Hal ini bisa terjadi karena tubuh tidak mengalami kenaikan kadar gula darah akibat obesitas. Saat kadar gula dalam darah stabil, maka kerja ginjal dalam tubuh akan stabil pula.

7. Melakukan Aktivitas Harian yang Cukup

Melakukan aktivitas yang cukup, membuat imun tubuh terjaga dan tubuh tidak rentan mengalami penyakit. Sebaiknya, kita beraktivitas sewajarnya saja, jangan terlalu berlebihan dan menguras tenaga. Tidak memaksakan diri untuk melakukan aktivitas lebih banyak merupakan upaya untuk menjaga kesehatan ginjal.

Normalnya, setiap orang sebaiknya melakukan aktivitas selama 150 menit dalam satu minggu. Hal ini sesuai dengan standar yang disarankan oleh World Health Organization. Hal ini setara dengan 30 menit setiap hari dalam lima hari.

8. Membatasi Jenis Makanan Tertentu

Jika telah terdeteksi adanya penyakit ginjal, maka ada makanan yang perlu untuk dihindari agar tidak memperparah kondisi ginjal. Nah, beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari adalah pisang, alpukat, beras merah, roti gandum, makanan asing, makanan kalengan, serta produk susu dan berbagai olahan susu, seperti yoghurt dan keju.

Baca Juga : 8 Cara Menghilangkan Belang pada Wajah secara Alami

Kesehatan jiwa dan raga merupakan investasi utama setiap manusia. Kesehatan tidak bisa dibeli dengan uang. Sementara itu, uang justru bisa dicari dengan berbekal kondisi fisik yang sehat bukan? Dengan memiliki ginjal yang sehat, maka aktivitas pun bisa berjalan dengan normal tanpa hambatan.

Demikian itulah beberapa ulasan mengenai tips dan cara merawat ginjal. Dengan adanya ulasan ini, semoga menambah wawasan dan kesadaran kita untuk selalu menjaga kesehatan. Utamanya, menjaga kesehatan organ-organ penting dalam tubuh, seperti ginjal. Untuk itu, yuk bersama-sama ajak keluarga, teman, dan sanak-saudara untuk saling menjaga kesehatan. Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat ya!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

1 Comment

Leave a Comment