Cara Merawat Tubuh

Belajar Cara Merawat Eyelash Extensions agar Awet Tahan Lama

cara merawat eyelash extensions
Written by Josua Rifandy

Bulu mata lentik, lebat, dan panjang menjadi idaman para wanita. Tapi sayangnya, tidak semua orang terlahir dengan bulu mata lentik alami. Sebagai penunjang kecantikan, banyak yang mencoba memakai eyelash extensions. Berbagai klinik kecantikan akan memberikan pemahaman cara merawat eyelash extensions dengan benar agar tidak mudah rusak.

Tren kecantikan ini merupakan alternatif bagi yang tidak telaten memasang bulu mata palsu. Memiliki jadwal aktivitas yang padat, tidak memungkinkan setiap pagi berlama-lama dandan hanya untuk memasang bulu mata. Itulah alasan peminat eyelash extensions masih cukup tinggi. Treatment bulu mata ini dapat bertahan kurang lebih dua minggu.

Tips Cara Merawat Eyelash Extensions Supaya Tahan Lama

Jelas bahwa eyelash extensions ini dipasang di area mata. Bagian paling sensitif dan cukup berbahaya. Ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal yang dijelaskan seperti berikut ini. Selain itu, penjelasan ini juga dapat digunakan sebagai acuan cara merawat eyelash extensions dengan tepat.

1. Lakukan Perawatan dengan Benar agar Tidak Merusak Bulu Mata Asli

cara merawat eyelash extensions
(Sumber: Salvadoldoral.com)

Sering kali mendengar pemasangan eyelash extensions dapat menghambat pertumbuhan bulu mata asli. Akan tetapi, sampai saat ini pernyataan tersebut belum terbukti secara kuat. Namun, perlu diperhatikan ketika memilih tipe bulu mata yang tidak sesuai dengan bentuk mata, misalnya lebih tebal atau lebih panjang. Masalah yang akan terjadi adalah eyelash extensions mudah rontok dan rusak.

Baca Juga : Inilah 8 Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat

Untuk menghindari masalah tersebut, pilih klinik kecantikan yang memiliki reputasi bagus dan terpercaya. Klinik yang bagus pasti merekomendasikan bulu mata yang tepat untuk kliennya. Pastikan klinik tersebut menggunakan peralatan yang steril, serta menerapkan sistem kerja yang layak.

Poin penting lain yang harus diperhatikan adalah material lem dan alat perekat yang digunakan. Lem bulu mata yang  bagus terbuat dari bahan octyl cyanoacrylate, dan butyl cyanoacrylate. Hindari lem yang mengandung formaldehyde, bahan kimia ini dapat membuat mata iritasi, bengkak, dan gatal-gatal.

2. Perhatikan Posisi Tidur yang Benar

Cara merawat eyelash extensions selanjutnya adalah terkait posisi tidur. Memang eyelash extensions membuat tampilan menjadi cantik sempurna. Namun, untuk mempertahankan keindahan tersebut ada beberapa hal yang harus dilakukan meskipun itu berat. Misalnya, posisi tidur yang harus benar-benar diperhatikan. Hindari tidur dengan posisi miring, ubah posisi tidur menjadi terlentang selama 12 sampai 24 jam.

Hal ini dilakukan saat hari pertama pengaplikasian eyelash extensions. Memang lem sudah mengering sempurna, tapi perlu menerapkan beberapa cara supaya lem tetap kuat dalam jangka waktu yang lama. Selain menghindari tidur menyamping, pastikan jangan terkena keringat, menangis, dan mengucek mata karena dapat mengurangi daya pelekat lem.

3. Membersihkan Sisa Make Up dengan Hati-hati

cara merawat eyelash extensions
(Sumber: Facetofeet.com)

Menggunakan make up yang menonjolkan mata masih diperbolehkan asal penggunaannya tidak berlebihan. Cukup menggunakan eyeshadow tipis-tipis, eyeliner tidak terlalu tebal, dan maskara hanya boleh digunakan di ujung. Make up bagian mata ini lumayan sulit dibersihkan, perlu beberapa kali usap menggunakan micellar water. Usapan yang terlalu sering di area mata dapat membuat eyelash extensions mudah lepas.

Gunakan produk pembersih wajah yang tidak mengandung minyak karena dapat melemahkan lem bulu mata. Oleh sebab itu, hindari produk waterproof untuk area mata. Hal ini karena produk anti air sangat sulit diangkat. Membutuhkan pembersih berbahan dasar minyak untuk dapat mengangkat sisa make up dengan sempurna. Ini menjadi salah satu cara merawat eyelash extensions yang sangat dianjurkan.

4. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Bulu Mata

Cara merawat eyelash extensions selanjutnya adalah jangan terlalu sering menyentuhnya. Bulu mata dapat rontok dan memanjang secara alami. Ketika hal ini terjadi, eyelash extension akan terdorong dari tempatnya. Kondisi ini akan membuat bulu mata tampak terlihat tidak rata. Saat ini terjadi, jangan mencoba melepas sambungan bulu mata sendiri.

Baca Juga : Yuk Intip Cara Merawat Gigi Behel yang Wajib Kamu Ketahui

Mencabut eyelash extension dapat menarik bulu mata asli. Hal ini akan menimbulkan rasa sakit, bukan hanya itu bulu mata asli dapat ikut rontok. Sebaiknya datangi klinik untuk melakukan pelepasan bulu mata. Bisa juga membiarkannya lepas dengan sendirinya, dan rapikan kembali menggunakan spoolie.

5. Menjaga Eyelash Extension dari Air di Awal Pengaplikasian

cara merawat eyelash extensions
(Sumber: snapcart.global)

Cara merawat eyelash extensions yang terakhir adalah dengan menjaganya dari air. Sebagian besar lem yang digunakan untuk eyelash extension membutuhkan waktu setidaknya 24 jam untuk benar-benar melekat dengan kuat. Ada pula jenis lem yang baru dapat melekat sempurna setelah dua hari. Biasanya lashtician akan menjelaskan secara detail tentang ini.

Supaya tidak mengganggu daya rekat lem, hindari suhu panas selama beberapa hari pertama pemasangan. Seperti contohnya, tidak datang ke sauna, mandi air hangat, mandi uap, serta mengurangi aktivitas yang dapat mengeluarkan keringat berlebih.

Selain itu, perlu juga menjaga area mata agar tidak terlalu sering terkena air selama kurang lebih 12 hingga 24 jam setelah pemasangan. Air dapat mengurangi kekuatan lem, sehingga eyelash menjadi mudah rontok ke depannya.

Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Tentang Eyelash Extensions

Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang treatment ini, terutama bagi yang mencoba pertama kali. Eyelash extension dapat disesuaikan dengan bentuk mata, klien dapat memilih bulu mata sesuai dengan keinginan.

Misalnya, jenis bulu mata diamond silk cocok untuk para wanita yang suka dengan tampilan bold. Bulu mata ini memiliki ketebalan yang sangat ekstra. Ingin tampilan bold tapi tidak terlalu mencolok, bisa memilih jenis bulu mata viva silk. Apabila lebih percaya diri dengan tampilan natural, bulu mata tipe mink yang paling tepat.

Bentuk eyelash extensions juga terdapat banyak pilihan. Ingin memasang eyelash extensions sesuai dengan bentuk bulu mata asli, pilih tipe bulu mata sweet. Ada pula pilihan bulu mata yang terlihat sexy, yaitu tipe cat eye. Para wanita yang menyenangi tampilan seperti boneka dapat memilih tipe cute. 

Baca Juga : Agar Terhindar dari Bakteri Sudah Tahukah Anda Cara Merawat Gigi Palsu

Sementara untuk panjang bulu mata tersedia dari 8 mm hingga 14 mm. Pilih bulu mata sesuai dengan kebutuhan. Sangat disarankan untuk memilih panjang bulu mata yang tidak terlalu jauh dari bulu mata asli. Supaya hasilnya lebih rapi dan rata. Pilihan warnanya juga sangat bervariasi, paling banyak dipilih warna hitam atau dark brown.

Selain itu, ada tipe eyelash berdasarkan kelenitikannya. Curl B lentik natural, curl B+ lebih lentik, hingga curl C sangat lentik. Sebaiknya, untuk pemilihan tipe bulu mata ini konsultasikan kepada ahlinya. Jangan asal memilih bentuk bulu mata. Eyelash yang tidak sesuai dengan bentuk mata dan wajah hasilnya akan terlihat aneh.

Setelah konsultasi dan mendapat tipe eyelash extensions yang tepat, mulai pemasangan bulu mata. Klien akan dipersilahkan berbaring di treatment bed yang disediakan. Mata ditutup menggunakan eye tape agar tidak perih terkena lem khusus untuk pemasangan eyelash. Biasanya, diberi eye mask supaya lebih rileks dan segar.

Pemasangan tiap helai bulu mata sudah selesai, supaya cepat kering mata di kipas dengan small fan dan steam fan. Setelah kering sempurna, mata sudah dapat dibuka. Impian bulu mata cantik dan indah menjadi kenyataan.

Masih tertarik memasang eyelash extensions? Supaya awet jangan lupa untuk menerapkan cara merawat eyelash extensions ini dengan benar ya. Selain itu, pertimbangkan pula apakah treatment kecantikan ini sudah sesuai dengan kebutuhan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

1 Comment

Leave a Comment