TrikMerawat Extraordinary Man!

Begini Cara Merawat Cucak Ijo, Burung Bersuara Indah

4 min read

cara merawat cucak ijo

Cara merawat cucak ijo harus dikuasai oleh pecinta burung kicauan karena jenis burung yang satu ini sering keluar sebagai juara. Maka tak heran jika para pecinta burung kicauan mulai memelihara burung cucak ijo dan merawatnya dengan sangat baik.

Nah, untuk informasi selengkapnya mengenai ciri-ciri burung cucak ijo dan bagaimana perawatannya, simak pembahasan di bawah ini.

Mengenal Burung Kicauan Cucak Ijo


Seperti namanya, burung cucak ijo ini memiliki dominan warna hijau muda yang menyegarkan dan berukuran sekitar 22 cm. Beberapa jenis kicauan yang biasa dilontarkan antara lain ngerol, nembak, nyrecet, ngebren dan lain sebagainya.

Burung kicauan yang satu ini tak hanya pandai berkicau, tetapi juga memiliki perawakan yang bagus dan terlihat gagah.

Sebagai burung kicauan yang sering ikut lomba, terdapat beberapa cara merawat cucak ijo seperti pelatihan untuk menciptakan kicauan yang bervariasi.

Biasanya burung ini akan diperdengarkan kicauan burung lainnya sehingga dengan sendirinya akan muncul kicauan baru yang unik. Teknik memperdengarkan suara kicauan burung lain ini disebut dengan pemasteran.

Burung yang dijadikan untuk pemasteran adalah lovebird, murai, ciblek, kenari, cucak jenggot, tengkek buto cililin dan jenis burung kicauan lainnya.

Namun, perlu keahlian khusus agar bisa melakukan latihan pemasteran untuk menghasilkan kicauan yang bagus dan bervariasi. Terdapat beberapa faktor juga yang mempengaruhi proses latihan burung kicauan seperti postur tubuh, pakan, pola perawatan dan lainnya.

Inilah 10 Cara Merawat Cucak Ijo


Perawatan burung cucak ijo sebenarnya hampir sama dengan perawatan burung kicauan lainnya. Nah, berikut ini 10 tips atau cara perawatan burung cucak ijo yang tepat, antara lain

1. Menentukan Jenis Kelamin Burung Cucak Ijo

Beberapa orang mungkin tidak terlalu memperhatikan faktor jenis kelamin saat membeli burung cucak ijo. Padahal hal ini juga memiliki pengaruh dalam kualitas kicauan yang diperoleh.

Burung Cucak Ijo jantan dan betina sama-sama memiliki suara yang keras. Namun, burung Cucak Ijo jantan akan terlihat karakter fighternya, jika didekatkan dengan burung Cucak Ijo jantan lainnya.

Burung cucak ijo berkelamin jantan biasanya lebih pandai berkicau daripada yang berkelamin betina. Selain itu, mengetahui jenis kelamin burung juga akan mempermudah Anda dalam perawatan khususnya secara massal.

2. Memilih dan Mempersiapkan Kandang dengan Benar

Mempersiapkan kandang sebagai tempat hidup burung cucak ijo juga sangat penting sebagai cara merawat cucak ijo. Secara umum, kandang burung ada dua macam yaitu yang muat satu burung dan yang berbentuk kotak/persegi muat lebih banyak burung.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Murai Batu

Keduanya sama-sama bagus, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pemeliharaan satu burung atau secara massal. Setelah itu, kandang yang sudah dibeli tinggal dilengkapi saja dengan aksesoris pelengkap kebutuhan hidup di burung.

Aksesoris yang dimaksud antara lain tempat makan, tempat minum, alas kandang, tempat tenggeran dan lain sebagainya.

Burung Cucak Ijo Banyuwangi merupakan Burung yang sudah langkah dan harus dilestarikan

3. Membersihkan Kandang Secara Rutin

Sama seperti manusia, burung juga menyukai kebersihan dan bisa hidup dengan baik apabila habitatnya mendukung dengan kondisi yang bagus dan selalu bersih.

Oleh karena itu, membersihkan kandang secara rutin juga merupakan cara merawat cucak ijo agar terhindar dari penyakit. Hal utama yang perlu Anda perhatikan pada kebersihan kandang adalah masalah sanitasi pada kandang.

4. Memperhatikan Jadwal Mandi dan Jemur

Perawatan burung cucak ijo hampir sama dengan burung lainnya yaitu perlu dimandikan dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

Proses memandikan burung cucak ijo bisa dilakukan dengan teknik semprot maupun menggunakan keramba mandi.

Perlu diperhatikan bahwa sebelum memandikan burung cucak ijo perlu di angin-anginkan terlebih dahulu. Anda bisa memindahkan kandang burung cucak ijo sementara ke teras rumah dan biarkan kurang lebih selama 30 menit.

Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan proses penjemuran agar burung lebih bugar dan sehat.

5. Memberi Pakan Burung yang Tepat

Sama seperti burung kicauan lainnya, burung cucak ijo juga butuh berbagai macam jenis pakan yang bervariasi. Pemberian beragam jenis pakan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, mineral, protein, karbohidrat dan beragam vitamin.

Beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan antara lain seperti vitamin D3, A, B1, B2, C, K3, dan E.

Cara merawat cucak ijo melalui pemberian jenis pakan yang disajikan dan diolah untuk burung cucak ijo juga sangat beragam. Kandungan mineral dibutuhkan bagi cucak ijo untuk pembentukan tulang ataupun komponen darah, membantu fungsi jantung dan pengelolaan keseimbangan cairan tubuh.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Perkutut

Misalnya pemberian voer yang harus disesuaikan dengan kebutuhan, pilih yang setidaknya mengandung kadar protein sekitar 12 hingga 18 persen.

Voer digunakan sebagai salah satu syarat kelengkapan gizi yang dibutuhkan oleh burung kicauan, normalnya voer bisa diganti dua hari sekali. Perlu diingat bahwa membeli voer harus memperhatikan kadar proteinnya, bukan dilihat dari harganya.

6. Memberi Pakan Buah-buahan

Selain pakan burung organik pada umumnya, cara merawat cucak ijo juga harus diberi makanan selingan berupa buah-buahan.

Pemberian buah-buahan akan membantu meningkatkan sistem metabolisme dan proses pencernaan pada burung cucak ijo.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Kenari

Selain itu, burung cucak ijo juga sangat menyukai buah-buahan segar seperti pisang kepok putih, pepaya, tomat atau apel.

Buah-buahan lain juga bisa diberikan kepada cucak ijo, terutama yang memiliki kandungan vitamin C untuk menjaga kesehatan dan kebugaran nya.

Tahukah Kamu? Bahwa Burung Cucak Ijo merupakan maskot dari Kota Malang

7. Memberi EF (Extra Fooding)

EF atau Extra Fooding merupakan salah satu varian makanan pada burung kicauan cucak ijo untuk menambah nutrisi nya.

Anda bisa mencoba memperhatikan pola makan burung cucak ijo dan menambahkan extra fooding agar pertumbuhannya lebih optimal.

Jangan Lupa Follow Instagram dan Facebook TrikMerawat

Cara merawat cucak ijo dengan pemberian EF ini tergantung dari selera burung masing-masing dan kebiasaan jenis pakan yang dikonsumsi. Namun, beberapa jenis burung cucak ijo terkadang sedikit rewel ketika diberi EF atau tidak mau dimakan.

Beberapa jenis EF yang bisa Anda coba antara lain ulat hongkong, ulat bambau, kelabang, kroto, belalang, jangkrik atau orong-orong.

8. Latihan Pemasteran dengan Burung Lain

Latihan pemasteran biasa dilakukan untuk menghasilkan variasi kicauan burung yang lebih bagus dan unik. Teknik ini biasanya dilakukan dengan memperdengarkan suara kicauan burung lain menggunakan rekaman suara atau secara langsung.

Anda bisa menyandingkan dua atau lebih burung kicauan untuk memacu latihan kicauan burung cucak ijo.

9. Memeriksa Kesehatan Burung

Cara merawat cucak ijo selanjutnya yaitu memeriksa kesehatan, namun bukan mengunjungi dokter hewan, tetapi lebih kepada pengecekan rutin terhadap kondisinya.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Lovebird

Sebagai pemilik burung cucak ijo, Anda harus lebih peka terhadap perubahan yang terjadi pada burung Anda seperti burung lebih pasif dan lain sebagainya.

10. Membawa Burung Cucak Ijo ke Perlombaan

Burung cuak ijo merupakan jenis burung kicauan yang biasa menang perlombaan dan memiliki daya saing yang tinggi. Oleh karena itu, sesekali Anda perlu membawanya ke perlombaan. Meski belum mahir berkicau, membawa burung ke perlombaan juga salah satu bentuk latihan pemasteran untuk memotivasi burung dalam menciptakan kicauan yang bagus dan unik.

Nah, itulah 10 cara merawat cucak ijo yang bisa Anda lakukan agar burung Anda memiliki kicauan yang indah dan unik. Semoga informasinya bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *