Josua Rifandy Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Skuy Raih Mimpi Mu.

Sudah Tahu Cara Merawat Burung Perkutut Cepat Gacor Kontes ?

4 min read

cara merawat burung perkutut

Burung perkutut merupakan salah satu burung yang memiliki ciri tubuh ramping, dan warna abu abu dari kepala sampai leher. Sampai saat ini, jumlah burung perkutut semakin bertambah seiring meningkatnya peminat burung ini.

Banyak masyarakat yang gemar memelihara perkutut karena bunyinya yang khas. Dalam cara merawat burung perkutut, haruslah mengetahui beberapa aspek demi menghasilkan burung perkutut yang juara. Yuk simak ulasannya.

Simak Cara Merawat Burung Perkutut Berikut Ini


1. Pemberian Pakan

Perawatan yang pertama adalah pemberian pakan pokok, pemberian makan yang tepat bisa membuat burung perkutut sehat. Tidak hanya itu, pemberian pakan yang tepat membantu kicauan dari burung ini sendiri.

Seperti jenisnya, pakan utama burung ini tentu berupa biji-bijian, padi-padian, atau rumput. Namun selain makanan tersebut burung perkutut juga dapat diberikan beras merah, milet, jagung, dan makanan buatan yang tinggi protein.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Puyuh Petelur

Makanan adalah sumber energi dari semua makhluk hidup, makanan yang tinggi protein juga menunjang suara dan tenaga burung perkutut.

Berikan makanan pada burung perkutut secara rutin, yaitu tiga kali sehari. Selain memberikan pakan pagi, siang, dan sore,jangan lupa untuk selalu mengganti air minum burung.

2. Memberikan Kencur

Selain makanan pokok, cara merawat burung perkutut lainnya adalah memberikan ramuan tambahan agar kesehatan dan tenaga burung perkutut semakin maksimal.

Pemberian kencur dinilai memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan perkutut, seperti menghilangkan dahak atau lendir pada perkutut. Khasiat ini tentu saja membantu menguatkan pita suara dan kualitas suara pada perkutut.

Tahukah Kamu? Perkutut dianggap sebagai hewan gaib hal tersebut terjadi akibat kisah pada zaman Majapahit

Ada dua cara memberikan pakan kencur kepada perkutut ini, yaitu dengan cara diparut dan diambil sarinya.

Campurkan sari kencur ini dengan sedikit air yang selanjutnya diminumkan pada perkutut. Cara kedua adalah dengan memberikan parutan kencur ini langsung ke mulut perkutut .

3. Berikan Extrafood

Makanan ekstra yang dimaksud ini seperti:

  • Ulat hongkong
  • Kroto
  • Serangga
  • Jangkrik
  • Dan Lain Sebagainya

Pemberian makanan tambahan ini bertujuan untuk memberikan supplement atau multivitamin yang banyak dimiliki oleh beberapa serangga ini.

Memberikan makanan hidup juga membantu perkutut agar tidak bosan dengan makanan pokoknya. Cukup berikan makanan ekstra ini seminggu sekali saja.

Baca juga : Cara Merawat Burung Lovebird

Beberapa serangga yang diberikan kepada perkutut haruslah yang mengandung banyak protein hewani, dengan begitu perkutut yang dipelihara bisa semakin gacor dan memiliki mental yang berani.

Burung perkutut yang dipelihara untuk perlombaan, haruslah memiliki kicauan yang lantang serta mental yang berani. Maka pemberikan serangga hidup ini juga menambah keberanian dari perkutut.

4. Mandikan Secara Rutin

Memandikan perkutut secara rutin merupakan salah satu cara merawat burung perkutut agar terhindar dari kutu. Cara memandikannya pun tidak bisa langsung menyemprot menggunakan selang dengan tenaga air tinggi.

Hal tersebut bukan hanya bisa melukai perkutut, namun juga bisa menakuti perkutut yang membuat burung ini menjadi panik.

Berdasarkan Kepercayaan Sebagian Orang Jawa bahwa Burung Perkutut jenis Lurah, Daringan, Perkutut Putih, Perkutut Hitam serta Songgoh Ratu adalah yang burung yang dapat membuat beruntung entah itu dalam bentuk kesehatan, kekayaan, bahkan menjadi penangkal sihir.

Gunakan semprotan atau spray yang memiliki lubang paling halus, tambahkan campuran sabun anti bakteri pada air untuk memandikan perkutut.

Mandikan burung setiap hari pada pagi hari, hal ini agar kotoran yang menempel pada bulu tidak menempel terlalu lama. Selain itu, pemberian anti bakteri ini juga mengurangi resiko terkena penyakit akibat kuman dan bakteri.

5. Jemur Perkutut

Setelah memandikan burung perkutut, jangan lupa untuk menjemurnya agar bulu burung cepat mengering. Waktu yang cocok untuk menjemur burung perkutut adalah sekitar pukul 08.00 sampai 10.00 pagi.

Selain dari waktu tersebut, bisa membahayakan kesehatan perkutut akibat terlalu panas atau udara yang terlalu dingin.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Cucak Ijo

Waktu penjemuran juga faktor cara merawat burung perkutut yang baik, waktu yang ditetapkan tersebut adalah waktu yang tepat dan baik untuk perkembangan perkutut.

Hal ini karena sinar matahari pada pagi hari sebelum pukul 11.00, adalah paparan sinar matahari yang mengandung vitamin D sehingga baik untuk bulu serta tubuh burung perkutut.

6. Bersihkan Kandang

Kita pasti senang dan nyaman ketika rumah tempat kita tinggal bersih, begitu pula dengan burung perkutut yang tinggal dalam sangkar. Perkutut akan merasa nyaman apabila sangkar yang ditempati selalu bersih, selain itu bersihnya sangkat ini juga menjaga perkutut terbebas dari beberapa penyakit.

Cara membersihkannya pun hampir sama dengan membersihkan sangkar burung lainnya.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Murai Batu

Cukup bersihkan setiap pagi bersamaan dengan memandikan burung perkutut, bersihkan kotoran yang menempel pada lantai sangkar. Jangan lupa juga untuk mencuci tempat makan dan minum burung perkutut.

Ketika membersihkan sangkar ini,bisa juga mencapur air dengan insektisida untuk menjauhkan kandang dari virus dan bau yang menyengat.

7. Suasana Lingkungan yang Nyaman

Selain beberapa cara merawat burung perkutut yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas diatas, faktor suasana tempat tinggal perkutut pun perlu diperhatikan.

Suasana yang ramai, kurang baik, atau kurang bersahabat bisa membuat perkutut stress, sehingga burung perkutut pun enggan untuk berkicau.

Bagi kamu yang ingin memelihara burung perkutut, pastikan lingkungan sekitar telah memiliki suhu yang sejuk, tidak banyak suara bising, dan terhindar dari hewan lainnya yang bisa mengganggu perkutut.

Dengan begitu perkutut akan relatif lebih tenang dan kejiwaan perkutut pun lebih terjaga, sehingga kualitas suara burung juga akan semakin bagus.

8. Lakukan Mastering

Sama seperti burung untuk perlombaan lainnya, agar perkutut mau berbunyi mengikuti suara lainnya perlu dilakukan mastering.

Apabila kamu hanya memiliki satu burung perkutut, atau seluruh burung perkutut kamu memiliki umur yang sama cukup putarkan suara burung yang bisa didapat melalui internet.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Kenari

Suara burung yang di putar bisa berbagai suara burung selain perkutut, masterning ini termasuk cara merawat burung perkutut agar mau berbunyi.

Cara ini biasanya digunakan bagi burung perkutut yang sulit berbunyi, atau bagi pemilik yang hanya memiliki satu perkutut. Namun, apabila memiliki lebih dari satu burung, biasanya perkutut akan lebih mudah untuk ikut berbunyi karena saling bersahutan.

9. Pelihara Sepasang Perkutut

Selain kita yang berusaha untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan perkutut, burung yang memiliki suasana hati senang ketika memiliki pasangan juga dapat menjadi faktor kesehatannya.

Oleh karena itu, cara merawat perkutut yang terakhir adalah dengan memberikan pasangan pada burung perkutut. 

Tahukah Kamu? Bagi kepercayaan sebagian orang, khususnya yang terjun kedunia mistis, Perkutut bisa dijadikan sebagai media pesugihan Loh

Kamu bisa selalu satukan kedua burung dalam satu kandang yang lebih besar, atau hanya satukan dalam beberapa saat saja. Selanjutnya pisahkan kembali ketika kedua burung perkutut sudah cocok satu dengan lainnya.

Biasanya, dua pasang burung yang dipisahkan akan terus berbunyi untuk memanggil pasangannya. Burung perkutut sering dikatakan burung asli Indonesia, hal ini karena perkutut tersebar di beberapa wilayah terutama pulau Jawa.

Peminatnya pun biasanya berkutat di sekitaran pulau Jawa yang memang gemar memelihara burung kicau. Perkutut memiliki bunyi yang khas, oleh karena itu burung ini sering diikutkan dalam lomba.

Perkutut tidak akan bisa berkicau lantang dengan sendirinya, perlu adanya bantuan dari pemilik untuk memastikan kesehatan perkutut.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

Josua Rifandy Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Skuy Raih Mimpi Mu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *