TrikMerawat Extraordinary Man!

Sudah Tahu Cara Merawat Burung Kenari Untuk Kontes? Yuk Simak Disini

4 min read

cara merawat burung kenari

Kenari adalah salah satu jenis burung yang banyak digemari para pecinta burung kicau di Indonesia. Suaranya yang keras dan merdu dapat menjadi obat penyegar, serta memberikan efek relaxing untuk lingkungan sekitar.

Maka dari itu banyak yang memilih burung kenari sebagai peliharaan mereka, lalu bagaimana dengan perawatannya sendiri ? simak saja cara merawat burung kenari berikut.

11 Tips Cara Merawat Burung Kenari


1. Selalu Sediakan Pakan Bijian

Sesuai dengan bentuk paruhnya, pakan utama burung kenari adalah biji-bijian. Oleh karena itu, pemilik kenari harus selalu menyediakan bijian dalam jumlah cukup setiap harinya.

Ada berbagai macam bijian yang bagus untuk kenari, contohnya adalah kacang kenari, millet, dan niger seed, bisa juga mengkombinasikan atau mencampurkan ketiga biji-bijian tersebut sebagai pakan burung kenari.

2. Beri Dedaunan Sebagai Makanan Kenari

Di habitat aslinya, kenari juga diketahui gemar mengkonsumsi beberapa jenis dedaunan. Oleh karena itu, pemilik burung kenari hendaknya memberikan dedaunan agar kicauan burung semakin lepas dan lantang.

Tahukah Kamu? Semua Burung Kenari berasal dari satu spesies di Canary Island

Pemilik burung kenari bisa memberi makan daun yang berasal dari tanaman krokot, mengkudu, dan lain sebagainya

3. Berikan Extra Fooding

Selain pakan utama, kenari juga harus diberikan pakan tambahan sebagai cara merawat burung kenari secara maksimal. Pakan tambahan yang dimaksud seperti buah dan sayuran, contohnya jagung muda, peterseli, brokoli, wortel dan apel.

Potong dalam ukuran kecil pakan tambahan ini sebelum diberikan kepada burung kenari.

Selain memberikan pakan bijian dan dedaunan, burung kenari juga memerlukan nutrisi lebih. Buah apel sendiri sangat kaya oleh kandungan vitamin, dan mineral.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Cucak Ijo

Tak hanya itu, buah apel juga memiliki kandungan serta, asam tartar, dan baron. Seluruh kandungan yang diberikan oleh apel ini sangat baik untuk burung, hal ini karena bisa mencegah lapar datang lebih cepat dari biasanya.

4. Pemberian Eggfood

Pemberian eggfood atau softfood juga pakan tambahan yang membantu meningkatkan stamina dari burung kenari. Eggfood bisa berupa potongan telur rebus yang langsung diberikan atau bisa juga dengan dicampurkan pada pakan lainnya.

Pemberian eggfood tidak perlu dilakukan setiap hari, cukup memberikannya beberapa hari sekali sebagai pengganti pakan utama.

Memang pada umumnya kenari adalah burung pemakan biji-bijian, namun pemberian makanan lembut atau softfood merupakan cara merawat burung kenari  yang menunjang kesehatan dari kenari.

Dengan diberikannya makanan lembut, pencernaan pada burung kenari akan semakin lancar.

Seperti yang kita tahu, meskipun kenari memang memiliki pencernaan untuk mengolah biji-bijian keras, namun kita juga perlu memastikan pencernaan kenari lancar dengan memberikan makanan lembut atau softfood.

5. Jumlah Pakan Secukupnya

Dari beberapa pakan yang menunjang kesehatan dan kicauan burung kenari, bukan berarti semua pakan tersebut harus diberikan secara bersamaan setiap hari. Justru jika memberikan pakan terlalu sering dalam jumlah banyak, akan berdampak kurang baik pada kesehatan dan penampilan kenari.

Cukup berikan pakan bijian dengan takaran yang tepat, seperti 1/3 ukuran mangkuk pakan burung kenari .

Pemberian pakan yang berlebihan merupakan perawatan yang kurang baik, ini karena kenari bisa terancam obesitas. Akibat dari kelebihan berat badan ini, burung kenari yang dipelihara menjadi malas gerak bahkan enggan untuk berkicau.

Nafsu makan kenari yang menjadi besar membuat kenari tidak tertarik untuk bergerak terlalu banyak, serta hanya tertarik pada makanan.

6. Berikan Kenyamanan pada Lingkungan Kenari

Memberikan rasa aman dan nyaman merupakan cara merawat burung kenari yang baik sehingga burung  gemar untuk berkicau. Untuk itulah sebagai pemilik kenari, perlu memperhatikan lingkungan serta kandang yang digunakan sebagai tempat tinggal kenari agar terasa nyaman bagi si burung.

Ada beberapa kondisi yang membuat kenari merasa tidak nyaman atau merasa terancam, sehingga kenari enggan untuk berkicau atau selalu terlihat panik.

Pastikan tempat anda menyimpan burung kenari tidak sering terkena polusi udara, seperti asap pembakaran sampah atau asap kendaraan. Terlalu dekat dengan sumber angin juga merupakan hal yang kurang baik, seperti berada dekat dengan AC, kipas angin, atau blower.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Murai

Hindari juga jangkauan binatang lainnya seperti kucing, tikus, atau anjing. Rasa terancam akibat hewan-hewan ini akan membuat kenari menjadi selalu panik dan takut untuk berkicau.

7. Jaga Kebersihan Kandang

Pastikan kenari terhidar dari infeksi tungau atau kutu, dengan selalu membersihkan kandang burung. Seperti yang kita ketahui, kandang burung sangat rawan kotor dan menjadi sarang banyak penyakit.

Maka sebagai pemilik burung, kebersihan kandang merupakan prioritas dalam perawatan untuk burung kenari.

Kenari yang terinfeksi tungau tidak mampu berkicau dengan baik, dalam beberapa kasus bahkan tidak akan berkicau. Pastikan membersihkan kandang setiap hari, bersihkan pula tempat pakan dan air burung kenari.

Tempat tenggeran burung juga perlu dibersihkan, namun tidak perlu setiap hari. Cukup seminggu sekali untuk mencegah parasit yang menyerang bagian kaki.

8. Berikan Suplemen Tambahan

Apabila seluruh hal terpenting telah dilakukan seperti kebutuhan pakan, hingga kebersihan rutin dilaksanakan, pemberian suplemen tambahan adalah  pendukung cara merawat burung kenari agar lebih optimal.

Ada banyak suplemen kenari yang dijual di toko burung, namun salah satu produk yang paling banyak digunakan oleh para pecinta burung kicau adalah TestoBirdBooster / TBB.

TBB adalah suplemen tambahan, digunakan untuk burung  yang memiliki kekurangan testosterone, yaitu keadaan dimana burung tetap bierkicau namun mengalami penurunan mental.

Penggunaan suplemen TBB memberikan hasil yang bervariasi pada burung kicau, ada yang hanya diberikan dua kali diberikan langsung terlihat hasilnya namun ada pula yang membutuhkan waktu 3 minggu.

9. Pelihara Sepasang Kenari

Untuk mempermudah perawatan burung kenari agar semakin termotivasi untuk berkicau dengan lantang, adalah dengan memberikan teman pada kenari tersebut.

Dalam satu kali penetasan telur lebih dari satu dan memiliki anak dengan warna yang berbeda. Dengan demikian satu induk bisa menghasilkan anak burung kenari yang memiliki banyak warna.

Dengan memiliki lebih dari satu kenari, umumnya mereka akan terpancing untuk saling sahut menyahut.

Tidak perlu berada dalam satu kandang, bisa juga  menempatkan masing-masing kenari dalam kandang berbeda yang berjauhan. Jarak antara satu kenari dengan yang lainnya tidak harus saling terlihat, namun pastikan suara satu kenari bisa di dengar yang lainnya.

10. Membeli Burung yang Telah Berbunyi

Dengan harga yang terjangkau murah, banyak pecinta burung kicau ingin memiliki burung kenari. Namun, cara merawat burung kenari hingga memiliki suara yang lantang dan merdu tentu memerlukan ketelatenan dan waktu yang cukup panjang. Biasanya, burung kenari akan berkicau dimulai umur 6 bulan atau lebih.

Info Kenari! Ada banyaknya spesies burung kenari namun hanya satu jenis saja yang memiliki pendengaran sekitar 4 hz saja. Burung yang memiliki pendengaran hanya 4 hz saja yaitu jenis spesies Waterslanger. Wow!

Kesabaran tiap orang memang berbeda-beda. Bagi beberapa yang kurang sabar dan ingin langsung memiliki burung kenari yang langsung berkicau, bisa memberi kenari dengan umur 5 hingga 6 bulan.

Namun, bagi yang gemar memaster kicauan kenari, bisa membeli kenari dengan umur jauh dibawah 5 bulan.

Burung yang berasal dari pulau Canary ini memang populer di kalangan pecinta burung kicau. Harganya yang murah dan kicauan merdunya bisa memberikan rasa tenang pada lingkungan sekitar, sehingga sering diikutkan dalam berbagai kontes burung kicau.

Untuk mendapatkan kicauan yang lantang dan merdu memerlukan berbagai perawatan, tentu saja kenari tidak akan berkicau tanpa adanya bantuan pemilik. Oleh karena itu, berikan perawatan maksimal untuk kenari anda.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

2 Replies to “Sudah Tahu Cara Merawat Burung Kenari Untuk Kontes? Yuk…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *