TrikMerawat Extraordinary Man!

Inilah Cara Merawat Burung Hantu Bagi Pemula

4 min read

cara merawat burung hantu

Cara merawat burung hantu yang baik masih jarang diketahui oleh sebagai besar orang. Memelihara burung hantu di rumah merupakan hal yang masih jarang dijumpai, khusunya di Indonesia.

Meski sudah banyak orang yang menjadikan burung hantu sebagai peliharaan, tetapi masih banyak pula orang yang kurang familiar dengan burung ini.

Burung hantu sebenarnya dapat menjadi hewan yang bermanfaat jika dipeliharan dengan benar. Seperti halnya kucing, burung hantu juga dapat membantu manusia dalam membasmi tikus.

Pada rantai makanan, burung hantu merupakan predator yang memakan tikus. Oleh sebab itu, banyak petani yang memelihara burung ini untuk mengurangi hama tikus di sawah.

Burung hantu memiliki kebiasaan berdiam diri di atas ranting pohon. Kebiasaan ini terkadang membuat pemula yang henda memeliharanya kebingungan untuk menentukan cara merawat burung hantuyang tepat.

Cara merawat burung hantu sebenarnya cukup mudah seperti merawat unggas jenis burung lainnya. Perhatian yang lebih perlu diberikan untuk menjaga tumbuh kembangnya. Simak penjelasannya mengenai perawatan dan hal yang perlu dipersiapkan dalam memelihara burung hantu.

Hal yang Perlu Disiapkan untuk Memelihara Burung Hantu


Menentukan Tujuan Pemeliharaan

Sebelum mengetahui cara merawat burung hantu, perlu diperhatikan sebelumnya tujuan dari memelihara burung hantu. Tak sedikit yang memelihara burung hantu sebagai koleksi atau hiasan belaka.

Sebaiknya gunakan burung hantu yang dipelihara untuk membantu aktivitas manusia, seperti membasmi hama tikus.

Baca Juga : Cara Merawat Jalak Suren

Meski burung hantu memiliki nilai eksotis yang tinggi, memanfaatkannya untuk membasmi hama tikus akan menjaga ekosistem dalam rantai makanan. Selanjutnya kalian juga bisa melatih burung hantu agar lebih bermanfaat.

Tujuan yang jelas dari pemeliharaan akan membuat perawatan yang dilakukan menjadi lebih tepat. Burung hantu yang dilatih dengan baik akan bermanfaat bagi manusia.

Tahukah Kamu? Burung hantu bisa berenang loh! Hal tersebut pernah direkam oleh seorang fotografer asal Amerika yaitu Steve Spitze

Mencari Referensi Burung Hantu

Referensi mengenai burung hantu juga penting diperhatikan sebelum mulai memeliharanya. Burung hantu tentu berbeda dengan jenis burung lainnya, sehingga perawatannya pun juga berbeda.

Mencari referensi terlebih dahulu akan membantu kalian dalam menentukan perawatan yang tepat pada burung hantu.

Tidak hanya untuk perorangan, hal ini juga penting untuk peternak burung hantu. Kalian yang henda membuka penangkaran burung hantu tentu perlu mencari referensi terlebih dahulu.

Referensi yang perlu kalian perhatikan adalah jenisnya, cara melatihnya, dan manfaat dari penangkaran terhadap burung hantu.

Tempat Tinggal Burung Hantu

Pemilihan tempat yang sesuai untuk habitat burung hantu perlu dilakukan. Kandang yang tepat akan membantu perkembangan burung hantu.

Lingkungan yang tidak tepat dapat membuat burung hantu menjadi cepat stres. Burung yang rentan stres tentu dapat menyebabkan kematian lebih mudah menghampiri.

Terdapat beberapa jenis kandang yang bisa digunakan untuk habitat burung hantu. Beberapa macam kandangnya seperti kandang aviary, kandang besi, maupun box.

Kandang jenis box biasanya digunakan untuk memelihara burung hantu yang sudah terlatih. Usahakan untuk memilih tempat yang luas agar burung dapat bergerak bebas.

Baca Juga : Cara Merawat Cucak Ijo

Salah satu hal yang penting dalam kandang burung hantu adalah pemberian tangkringan. Tangkringan akan membuat burung hantu lebih mudah dijinakkan dan merasa nyaman.

Jika tidak ingin memelihara burung hantu dalam kandang, tangkringan bisa digunakan di dalam ruangan. Tangkringan bisa dibuat menggunakan ranting kayu agar burung hantu merasa nyaman.

Pilih Burung Hantu Anakan

Burung hantu anakan tentu lebih mudah diatur dan dijinakkan. Hal tersebut karena burung hantu yang masih kecil belum terlalu mengenali lingkungan hidupnya dengan baik.

Tidak hanya itu biaya yang dikeluarkan dalam perawatannya pun jauh lebih sedikit dibanding burung hantu dewasa. Harga burung hantu anakan juga jauh lebih murah. Oleh sebab itu, bagi pemula disarankan untuk memilih burung anakan.

Tips Cara Merawat Burung Hantu


Perlakukan Burung Selayaknya Teman

Cara merawat burung hantu pertama adalah dengan memperlakukannya selayaknya teman. Burung hantu berbeda dengan burung kicauan yang dapat dengan mudah dipelihara. Kepintaran yang dimiliki oleh burung ini membuatnya sulit untuk bergaul dengan manusia.

Salah satu cara yang tepat adalah dengan menganggap burung hantu sebagai teman sendiri. Hal itu akan membuat burung merasa nyaman dan tidak merasa diperlakukan seperti hewan peliharaan.

Lakukan pendekatan secara teratur agar burung hantu merasa nyaman dengan keberadaan pemiliknya.

Perhatikan Asupan Makanannya

Burung hantu merupakan karnivoran. Oleh sebab itu cara merawat burung hantu adalah dengan memperhatikan makanannya. Makanan merupakan faktor penting dalam menjaga pertumbuhan dan kesehatan burung hantu. Untuk makanannya kalian bisa memberikan daging ataupun binatang kecil.

Kandungan gizi dan nutrisi pada makana yang diberikan juga penting untuk diperhatikan. Beri tikus putih atau burung puyuh untuk menjaga tumbuh kembangnya.

Usahakan untuk tidak memberikan daging yang telah diolah ataupun daging dalam kemasan. Zat pengawet dan kandungan berbahaya di dalamnya tentu tidak baik bagi tumbuh kembang burung hantu.

Pemberian makanan bisa dilakukan setiap dua kali dalam sehari. Berikan makanan pada sore dan malam hari. Hal tersebut karena pada siang hari burung hantu akan beristirahat, sedangkan pada malam hari ia lebih aktif.

Burung Hantu Memiliki keunikan pada lehernya, burung ini dapat memutar kepala mereka hingga 270 derajat. Wow!

Kebersihan Kandang

Menjaga kebersihan kandang tentu sangat penting sebagai salah satau cara merawat burung hantu. Kandang yang kotor akan membuat burung hantu lebih mudah stres dan rentan terserang penyakit. Bersihkan kandang maupun lingkungan tempat burung hantu hidup secara teratur.

Baca Juga : Cara Merawat Murai Batu

Selain kandang atau tempat tinggalnya, kebersihan dari burung hantu juga perlu diperhatikan. Memandikan burung hantu secara teratur akan membatunya menjaga kesehatan dan serangan penyakit.

Hal yang perlu diperhatikan setelah memandikan burung hantu adalah untuk tidak menjemur burung dibawah sinar matahari secara langsung.

Perhatikan Pencahayaannya

Cara merawat burung hantuselanjutnya adalah memperhatikan pencahayaannya. Burung hantu merupakan hewan yang sensitif terhadap cahaya.

Oleh karena itu, dalam perawatannya jangan letakkan kandang burung hantu di tempat yang terang. Selain itu, saat malah hari usahakan untuk mematikan lampu di sekitar tempat tinggal burung hantu.

Cahaya yang terlalu terang, khususnya di malam hari akan menganggu habitat burung hantu. Menjemur burung di bawah matahari juga sangat tidak disarankan. Hal tersebut akan membuat burung rentan stres.

Jika ingin mengeluarkan burung di pagi maupun siang hari, usahakan agar burung tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Ajaklah Burung Hantu Bermain

Burung hantu merupakan hewan yang rentan terkena stres. Cara merawat burung hantuyang baik adalah dengan sering-sering mengajaknya bermain. Sering berkomunikasi dan bermain dengan burung hantu akan membuatnya lebih mudah untuk dijinakkan.

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan membiarkan burung hantu bertengger pada bagian tubuh kita. Hal tersebut akan membuat burung lebih mengenal dan beradaptasi dengan pemiliknya.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Lovebird

Lakukan pelatihan secara rutin dan perlahan agar burung hantu dapat dengan mudah memahaminya.

Demikianlah beberapa cara merawat burung hantu yang bisa dilakukan bagi pemula. Memahami bagaimana merawatnya dengan tepat akan membuat kita lebih mudah dalam melatih dan menjinakkannya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *