Tanaman Hias Cara Merawat Tanaman

Cara Merawat Bunga Dahlia di Rumah yang Baik dan Benar

bunga dahlia
Written by Josua Rifandy

Bunga dahlia merupakan bunga nasional negara Meksiko yang sangat adaptif, variatif, dan cara perawatannya pun sangat mudah, tanpa perlu banyak syarat, bunga dapat tumbuh dengan indah.

Tanaman bunga memang masih menjadi favorit masyarakat Indonesia, baik karena hobi maupun sekadar mengisi waktu luang. Namun bonusnya, ruangan dan halaman rumah terlihat semakin asri dan sejuk dipandang. Salah satu jenis tanaman yang sangat digemari adalah bunga dahlia. Tanaman hias yang menjadi ikon negara Meksiko ini tak hanya indah, tetapi juga sangat mudah untuk dibudidayakan.

Hal ini dikarenakan, bunga dahlia termasuk ke dalam kategori tanaman adaptif atau mampu menyesuaikan diri dengan kondisi tempatnya tumbuh. Sehingga jangan heran, jika tanaman yang satu ini tidak pernah ada matinya, selalu masuk ke dalam daftar tanaman yang senantiasa digandrungi. Salah satu faktor pendukungnya adalah jenis bunga yang beraneka ragam. Apa sajakah itu?

Baca Juga : Point Penting Cara Merawat Bunga Kertas Dijamin Nggak Ribet

Jenis-jenis Bunga Dahlia


Jenis-jenis Bunga Dahlia
(Sumber: Liputan6.com)

Taman akan tampak semakin hidup, tatkala ada warna-warni bunga yang menghiasi. Dan bunga dahlia merupakan salah satu pilihan yang cerdas. Selain dapat tumbuh di mana saja, bunga jenis ini juga memiliki varietas cukup banyak, yaitu:

1. Dahlia Anggrek

Dahlia anggrek memiliki ciri khas bunga tunggal dengan pusat yang cenderung terbuka. Bunganya hampir mirip dengan anggrek, sehingga jenis yang satu ini memiliki nama lain Dahlias Orchid. Namun, dahlia anggrek dapat diklasisifikasikan ke dalam kategori anggrek tunggal maupun ganda. Unik, kan? Beberapa varietas dari dahlia anggrek adalah:

  • Dahlia Honka Red
  • Dahlia Rapuh
  • Kejutan Honka Dahlia

2. Dahlia Peony

Indah, itulah kata yang terlintas pertama kali saat melihat dahlia peony. Ciri khas dari varietas ini adalah di saat mekar, bagian pusat yang terbuka memiliki warna sangat mencolok. Lalu, di pinggiran pusat tersebut terdapat barisan kelopak bunga yang berukuran cukup besar. Meski tumbuh dengan tidak teratur, kelopak ini berhasil menyuguhkan penampilan dengan kesan lembut serta unik. Beberapa varietas dari dahlia peony adalah:

  • Dahlia Bishop of Llandaff
  • Dahlia Uskup Oxford
  • Dahlia Fascination

3. Dahlia Anemone

Jika dilihat secara sekilas, bunga dahlia jenis anemone tampak seperti cincin. Hal ini dikarenakan bunga ini memiliki kelopak dengan dua ukuran yang berbeda. Yakni kelopak yang berukuran besar mengelilingi kelopak yang lebih kecil. Uniknya lagi, kelopak-kelopak tersebut memiliki warna yang bervariasi, sehingga benar-benar tampak indah. Beberapa varietas dari dahlia anemone adalah:

  • Dahlia Totally Tangerine
  • Dahlia Boogie Woogie
  • Dahlia Purpinka

4. Dahlia Waterlily

Sesuai dengan namanya, jenis bunga dahlia yang satu ini memiliki kemiripan dengan bunga air alias teratai. Di saat mekar sempurna, dijamin mata sulit untuk berhenti terpana. Dengan kelopak besar dan bertumpuk, terlihat semakin indah saat berhiaskan warna-warna yang mencolok. Beberapa varietas dari dahlia waterlily adalah:

  • Dahlia Pearl off Heemstede
  • Dahlia Karma Choc
  • Dahlia Caballero

5. Dahlia Mignon

Dahlia mignon memiliki ciri khas tersendiri pada bagian kelopak. Selain ujung yang berbentuk bundar, kelopak pada dahlia mignon juga memiliki diameter yang cukup lebar, yakni 2inci. Sementara pada pusatnya memiliki gradasi warna yang cukup kontras, jika dibandingkan kelopak yang berwarna lebih cerah. Beberapa varietas dari dahlia mignon adalah:

  • Dahlia GF Hemerik
  • Dahlia Sunshine
  • Dahlia Scura

6. Dahlia Pompom

Beberapa waktu lalu, keberadaan pompom sempat booming di dunia aksesoris Indonesia. Nah, kurang lebih seperti itu juga penampakan dari dahlia pompom. Bentuk bulatnya tampak seperti susunan kelopak yang digulung. Sementara pada bagian pusatnya tetap datar, tetapi susunannya berbentuk spiral. Benar-benar unik dan tetap cantik. Beberapa varietas dari dahlia pompom adalah:

  • Dahlia Franz Kafka
  • Dahlia Plum Surprise
  • Dahlia Moor Place

7. Dahlia Bola

Mirip dengan dahlia pompom, dahlia bola juga berbentuk bulat. Namun, ukuran yang satu ini sedikit lebih besar, karena di saat mekar diameternya dapat mencapai 2inci lebih. Ujung kelopaknya juga rata, sehingga terlihat lebih sempurna. Beberapa varietas dari dahlia bola adalah:

  • Dahlia Aurora’s Kiss
  • Dahlia Jomanda
  • Dahlia Cornell

Cara Merawat Bunga Dahlia Agar Berumur Panjang


Bunga cantik tanpa banyak syarat memang sangat cocok diberikan pada bunga dahlia. Meski cukup mudah untuk dibudidayakan, tetapi perawatan yang tepat tetap dibutuhkan. Tujuannya agar tanaman dapat tumbuh dengan subur, serta bunganya dapat bertahan lama. Berikut adalah cara perawatan yang dianjurkan :

Baca Juga : Cara Budidaya Bunga Nusa Indah dengan Gampang dan Sederhana

1. Tanaman Saat di Pesemaian

Selama masih ada di pesemaian, lakukan penyiraman satu kali dalam sehari dan tidak perlu diberikan pupuk. Cukup pupuk organik yang sudah tercampur di dalam media yang digunakan untuk menyemai. Lakukan penyiangan dengan sangat hati-hati, jangan sampai merusak bibit dahlia yang masih sangat rentan.

2. Tanaman Saat di Polybag

Tanaman Saat di Polibag
(Sumber: Lazada.co.id)

Selama tanaman masih di dalam polybag, lakukan penyiraman 1 atau 2 hari sekali. Jika turun hujan, maka tidak usah disiram, karena tanaman akan mudah busuk jika terlalu basah atau lembab. Lakukan penyiangan dengan cara dicabut atau menggunakan cangkul kecil, agar tanaman tidak terkena penyakit. Jika sedang dalam masa pancaroba, semprot tanaman menggunakan pestisida jenis basudin atau antracol 2 minggu sekali. Sementara pupuk gandasil diberikan selama 1 minggu sekali, dicampur dengan NPK sebanyak 1 gram.

3. Pemindahan dan Penjarangan Tanaman

Jika tanaman sudah mulai tumbuh besar, maka segera lakukan penjarangan. Caranya yaitu dengan memindahkan tanaman ke tempat yang lebih luas dan berikan jarak antar tanaman. Hal ini perlu dilakukan, agar bunga dahlia dapat tumbuh dengan leluasa dan mencapai ukuran yang maksimal. Karena pada jenis tertentu, tanaman ini dapat berbunga lebih dari satu.

4. Pengairan

Kunci dari perawatan tanaman ini adalah di pengairan, pastikan komposisinya pas. Jangan sampai tanah di sekitar tanaman terlalu lembab, dan juga jangan sampai kekeringan. Letakkan di tempat yang cukup mendapat sinar matahari secara langsung, terutama saat pagi hari. Jika cuaca sedang sangat terik, maka tingkatkan intensitas penyiraman, agar tanaman tidak layu dan kering.

5. Pemupukan

Jika tanaman sudah dewasa , maka intensitas pemupukan dapat dikurangi. Cukup berikan setiap 10 hari sekali dengan campuran pupuk urea, KCI, dan SP36 masing-masing sebanyak 2gram atau NPK saja 5gram. Pemberian pupuk dilakukan dengan jarak 15cm dari pangkal tanaman. Lalu, tutup dengan tanah.

Baca Juga : Keuntungan dan Cara Budidaya Bunga Pukul Empat dengan Sukses

6. Perawatan

Perawatan
(Sumber: 99.co)

Jangan biarkan tanaman bunga dahlia tumbuh terlalu tinggi, pangkaslah secara rutin. Hal ini perlu dilakukan agar tanaman dapat berbunga hingga berkali-kali. Untuk menghindari penyakit, pangkas juga ranting dan daun yang sudah kering menggunakan gunting atau pisau tajam yang bersih. Lakukan penyiangan secara rutin dan pisahkan tunas baru yang tumbuh di sekitar tanaman, agar tanaman dewasa dapat tumbuh secara leluasa.

Jika semua langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, maka tanaman pasti akan tumbuh dengan baik. Membudidayakan bunga dahlia memang tidak pernah ada ruginya. Karena ternyata, tanaman hias ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan, lho. Mulai dari menurunkan tekanan darah, kolesterol, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan tulang dan gigi, mencegah obesitas, hingga meningkatkan sistem imunitas tubuh. Namun, pastikan mengikuti cara penyajian yang dianjurkan. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment