Tanaman Hias Cara Merawat Tanaman

Trik Cara Merawat Bunga Aglonema agar Harga Jual Tinggi

bunga aglonema
Written by Josua Rifandy

Bagi pecinta tanaman hias tidak asing dengan namanya bunga Aglonema, bunga yang memiliki ciri khas daunnya yang berwarna indah namun bernilai tinggi, tapi perawatannya juga tidak begitu sulit.

Bunga Aglonema merupakan salah satu tanaman hias. Disebut juga “Ratu Daun” atau populer dengan nama “Sri Rezeki”, Aglonema juga bisa dijadikan sebagai penambah keindahan rumah dan menyegarkan suasana rumah. Namun jangan salah, ternyata tanaman ini memiliki nilai harga jual yang tinggi. Jadi tidak rugi jika memiliki pengetahuan cara menanam dan merawat tanaman Aglonema.

Merawat tanaman hias memang harus dilakukan secara rutin dan telaten. Begitu juga dengan bunga Aglonema, tanaman hias yang memiliki daun berwarna-warni yang menjadi ciri khas tersendiri. Sebenarnya menanam bunga ini tidaklah sulit, faktor pentingnya adalah pada lingkungan sekitar. Berikut cara menanam dan merawat tanaman Aglonema.

Baca Juga : Cara Merawat Aglaonema Supaya Subur dan Cantik

Empat Metode Menanam Bunga Aglonema Yang Baik


Empat Metode Menanam Bunga Aglonema Yang Baik
(Sumber: Portaljogja.pikiran-rakyat.com)

Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk menanam tanaman Aglonema. Gunakan salah satu yang sekiranya mudah digunakan, berikut macam metode untuk menanam Aglonema.

1. Biji

Penanaman bunga Aglonema melalui biji merupakan proses secara generatif. Pilihlah biji dari tanaman yang sudah berumur atau cukup tua. Rendam biji Aglonema di dalam air selama dua sampai tiga jam. Tujuannya untuk mempercepat pertumbuhan kecambah.

2. Stek

Ternyata menanam Aglonema bisa memakai cara vegetatif, yaitu stek. Caranya dengan mengambil pucukan tanaman ini. Pilihlah tanaman yang jika diambil tersisa empat daun dengan batang yang kokoh. Potong pucuk tanaman yang memiliki kira-kira enam sampai tujuh daun. Letakkan pada media tanam di tempat yang teduh. Jika memilih memakai stek, maka pucuk tanaman yang diambil akan mengalami percabangan.

3. Cangkok

Bukan hanya stek saja, bunga Aglonema bisa ditanam melalui cangkok. Memang tidak sulit tapi memerlukan ketelitian ketika melakukan pencangkokan. Ketika berhasil, tanaman akan cepat tumbuh. Namun jika gagal, tanaman akan mengalami pembusukan. Pilih batang yang kokoh yang biasanya berwarna coklat. Cirinya daunnya sudah gugur atau mudah gugur ketika disentuh.

4. Pemisahan Anakan

Metode ini dilakukan dengan cara memotong akar sambung indukan dengan anakan. Ciri anakan yang siap dipisahkan adalah memiliki daun mekar dan tidak tergulung. Sebelum melakukan pemisahan, pilih indukan yang memiliki akar yang kuat yang ditandai akarnya berwarna putih dan gemuk. Disarankan untuk mengoles cairan antiseptik pada tanaman yang dipotong.

Itulah empat metode dalam melakukan penanaman bunga Aglonema. Setelah itu, ketahui cara merawat Aglonema agar bisa tumbuh subur dan memiliki harga yang tinggi.

Baca Juga : Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Aster Untuk Pemula

Cara Merawat Bunga Aglonema Agar Tumbuh Subur dan Sehat


Cara Merawat Bunga Aglonema Agar Tumbuh Subur dan Sehat
(Sumber: Klikhijau.com)

Beda tanaman tentu juga berbeda cara merawatnya. Begitu pula pada tanaman Aglonema. Tanaman hias yang sudah populer karena memiliki warna daun yang bermacam-macam. Agar tetap subur dan sehat, Aglonema perlu mendapatkan perhatian khusus. Misalnya pada media tanamnya. Selain itu perhatikan pula cara penyiraman, pemupukan, penempatan, pemangkasan, stabilitasi, penyiangan, penggemburan, dan yang terakhir adalah pengilapan. Berikut cara merawat tanaman Aglonema.

1. Jauhkan dari Sinar Matahari Langsung

Carilah posisi yang tepat untuk bunga Aglonema. Yaitu tempat yang terlindungi dari sinar matahari langsung. Agar tanaman bisa tumbuh dengan subur, sehat, dan keindahan daunnya terjaga. Kenapa? Karena habitat asli Aglonema adalah pegunungan dan tumbuh di bawah pohon yang rindang. Oleh sebab itu, semakin terjaga dari sinar matahari langsung makan akan semakin subur.

2. Cukup Air

Ada beberapa tanaman yang jika disiram setiap hari akan mengalami layu. Salah satunya adalah tanaman Aglonema. Memang tanaman ini senang dengan kelembapan dan kesejukan. Tapi bukan berarti harus disiram setiap hari. Cukup siram setiap dua sampai tiga hari sekali. Untuk menjaga media tanam tetap basah agar suplai air dan nutrisi tetap terjaga.

3. Pemberian Pupuk

Seperti tanaman lainnya, tanaman Aglonema pun perlu dipupuk agar tumbuh subur dan sehat. Meskipun media tanamnya sudah dari bahan-bahan organik yang mengandung nutrisi. Misalnya kompos, sekam, dan pupuk kandang. Untuk pemberian pupuk, cukup tiga bulan sekali. Memakai pupuk kompos atau pupuk kandang. Sekali-kali berikan vitamin B1 pada bunga Aglonema agar tidak stres dan terlihat lebih segar.

4. Bersihkan Gulma pada Media Tanam Aglonema

Selalu periksa tanaman Aglonema secara berkala. Apakah di dalam media tanam terdapat tanaman pengganggu atau gulma. Kehadiran gulma bisa mengganggu pertumbuhan Aglonema, karena bisa menyerap nutrisi yang diperlukan Aglonema. Lakukan penyiangan dengan cara mencabut gulma sampai ke akarnya dan buang jauh.

5. Pangkas Daun yang Layu

Memang tidak enak dipandang jika melihat daun tanaman yang layu. Begitu pula pada bunga Aglonema. Pangkaslah daun Aglonema yang mulai layu atau yang sudah kering. Untuk memotong pakailah pisau atau gunting yang tajam dan steril. Dan tanaman Aglonema akan terlihat indah kembali.

6. Mengelap Daun-Daunnya

Salah satu cara lain untuk merawat tanaman Aglonema adalah dengan mengelap daun-daunnya. Jika dibiarkan daun Aglonema akan berdebu, debu bisa mengundang penyakit pada tanaman ini. Untuk itu perlu pengelapan pada daunnya. Caranya cukup semprot daunnya atau lap memakai spon yang lembut. Dan dapatkan daun Aglonema yang tetap cantik dengan daun yang mengkilap.

7. Gemburkan Tanah atau Media Tanam Aglonema

Media tanam Aglonema, baik memakai pupuk kimia atau pupuk organik. Lama kelamaan akan mengalami pengerasan. Dan itu akan menghambat aeirasi dan drainase. Untuk itu perlu menggemburkan tanah atau media tanam Aglonema. Agar cepat tumbuh anakannya. Gemburkan setiap satu bulan sekali. Ganti media tanam jika sudah keras atau jenuh. Biasanya media tanam Aglonema akan keras atau jenuh sekitar satu sampai dua tahun.

Nah, itulah beberapa cara merawat bunga Aglonema agar bisa tumbuh subur dan sehat sehingga memiliki harga jual yang tinggi. Bukan hanya mengetahui metode cara menanam dan merawatnya saja, ketahui pula macam-macam tanaman Aglonema yang memiliki harga jual tinggi.

Baca Juga : Cara Merawat Bunga Dahlia di Rumah yang Baik dan Benar

Jenis Bunga Aglonema yang Memiliki Harga Jual Tinggi


Jenis Bunga Aglonema yang Memiliki Harga Jual Tinggi
(Sumber: Blibli.com)

Bisnis tanaman Aglonema bisa dikatakan cukup populer. Karena perawatannya tidak begitu sulit namun pasaran pembelinya mulai menengah ke atas. Bukan hanya terkenal karena keindahan daunnya, namun tanaman ini juga cocok diletakkan di luar atau di dalam rumah sebagai tanaman hias. Bagi pecinta tanaman hias terutama Aglonema, tidak akan ragu untuk mengeluarkan biaya jika tanaman tersebut menarik. Beberapa tanaman Aglonema di bawah ini memiliki harga yang fantastik. Diantaranya:

1. Aglonema Black Lipstik

Salah satu ciri bunga Aglonema ini adalah memiliki tekstur daun yang berwarna hijau dan merah. Tekstur unik inilah yang membuat semua orang akan jatuh cinta pada pandangan pertama. Adapun harga dari Aglonema Black Lipstik sekitar 170 ribu atau malah lebih. Sedangkan anakannya sekitar 80 ribu.

2. Aglonema All Star Red

Tanaman jenis ini termasuk yang sering diperjual belikan. Padahal harga bibitnya saja sekitar 90 ribu. Lalu kenapa harganya bisa begitu tinggi? Itu dikarenakan banyak peminatnya. Bukan hanya itu saja, Aglonema All Star Red memiliki warna daun yang cantik yaitu dominan merah di seluruh permukaan daunnya. Bagi pemula, sebaiknya membeli Aglonema jenis ini.

Masih banyak jenis Aglonema yang memiliki harga jual tinggi selain dua di atas. Ada Aglonema Bidadari, Pride Of Sumatra, dan yang lainnya. Jika berminat untuk mengembangkan bisnis bunga Aglonema, maka ketahui cara merawat dan jenis-jenis Aglonema yang memiliki harga jual. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment