TrikMerawat Extraordinary Man!

Mengintip 5 Cara Merawat Bonsai Agar Tidak Mudah Mati

4 min read

Cara Merawat Bonsai

Bagaimana cara merawat bonsai yang baik dan tepat? Seperti yang diketahui bonsai merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki pesona yang begitu menarik.

Sehingga tidak heran jika banyak orang yang tertarik menanam dan menjadikan tanaman ini sebagai koleksi untuk menambah keindahan rumah.

Namun tahukah Anda, merawat tanaman bonsai bisa dikatakan susah-susah gampang. Apabila salah dalam perawatan, maka bonsai akan cenderung cepat layu dan mati.

Lalu bagaimana cara yang tepat merawat tanaman satu ini? Nah, langsung saja berikut ini beberapa perlakukan dalam perawatan tanaman bonsai yang tepat, yaitu:

Berikut Cara Merawat Bonsai dengan Benar dan Tepat


Lakukan Penyiraman di Pagi dan Sore Hari

Seperti yang diketahui, Bonsai merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah sekali mati apabila salah perawatannya. Oleh karena itu perlu sekali memperhatikan perawatan tanaman ini saat Anda memutuskan untuk menanamnya di rumah.

Sebagai langkah awal, hal yang perlu dilakukan dalam proses perawatan tanaman bonsai adalah dengan rutin menyiram nya setiap hari.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Mawar

Sebaiknya untuk melakukan penyiraman pada pagi hari dan juga sore hari. Lalu mengapa perlu dilakukan penyiraman setiap hari? Penyiraman yang dilakukan tersebut akan membuat akar bonsai yang tertanam pada pot dapat memperoleh asupan air dengan baik.

Oleh karena itu Anda perlu memastikan bahwa penyiraman yang Anda lakukan dapat menembus lubang pada dasar pot.

Tahukah Kamu? Menanam bonsai adalah pekerjaan sambilan samurai zaman Edo, saat bonsai mencapai puncak kepopuleran.

Pemangkasan Tiga Bulan Sekali

Tidak ada yang bisa memastikan bahwa bonsai yang Anda tanam selalu terlihat indah. Biasanya, sekitaran tanaman bonsai akan ditumbuhi rumput liar yang mana keberadaannya dapat memakan nutrisi dan juga unsur hara dari tanah.

Untuk itu, perlu sekali mengetahui cara merawat bonsai dengan benar agar tidak salah dalam penanganan.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Lidah Buaya

Agar bonsai tetap sehat dan segar, maka Anda perlu melakukan pemangkasan batang cabang, ranting dan juga daun bonsai.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk menjaga kualitas dari tanaman bonsai yang Anda tanam. Tentu Anda tidak ingin tanaman bonsai yang ditanam mati karena kekurangan nutrisi.

Berikan Pupuk Secukupnya

Tahapan atau langkah selanjutnya yang perlu dilakukan dalam perawatan tanaman bonsai adalah memberikan pupuk secukupnya. Hampir semua tanaman perlu diberikan pupuk agar dapat tumbuh secara maksimal.

Begitu pula dengan tanaman bonsai yang mana merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah sekali mati apabila kekurangan nutrisi.

Cara merawat bonsai dengan menggunakan pupuk ini bisa dikombinasikan dengan beberapa bahan organik. Jika tidak ada, Anda bisa menggantinya dengan pupuk NPK atau urea yang mana disesuaikan dengan ukuran pohon bonsai yang Anda miliki.

Lakukan pemupukan kurang lebih sebanyak tiga kali dalam sebulan.

Penggantian Pot Tanaman

Cara merawat bonsai selanjutnya yaitu dengan mengganti pot tanaman. Umumnya tanaman bonsai ditanam dengan menggunakan pot yang dangkal sehingga penting sekali melakukan penggantian pot dengan ukuran yang ideal.

Mengapa hal tersebut perlu dilakukan? Tentu saja tujuannya adalah untuk mengakomodasi perkembangan dan pertumbuhan bonsai.

Tanaman bonsai yang dibiarkan terlalu lama bisa mendatangkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, Anda perlu menggantinya kurang lebih satu kali dalam sebulan.

Sementara itu, Anda juga perlu memastikan pot yang digunakan memiliki lubang pada bagian dasar pot. Dengan begitu dapat membuat air mengalir keluar.

Info! Terdapat Pohon bonsai ficus di Museum Crespi, Italia, dilaporkan berusia lebih dari 1000 tahun. Pohon ini dikategorikan sebagai Bonsai tertua di dunia.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Satu lagi cara merawat bonsai yang harus diperhatikan yaitu pengendalian hama dan juga penyakit. Seperti yang diketahui, kondisi kesehatan tanaman bonsai sebagian besar dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Dalam hal ini hama dan penyakit menjadi pengganggu utama yang bisa menyerang tanaman bonsai kapan saja.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Kaktus

Lalu bagaimana cara merawat bonsai agar tidak terkena penyakit dan hama? Cara yang paling mudah untuk menghilangkan hama yaitu dengan menyemprotkan pestisida, fungisida dan lain sebagainya.

Perlu diketahui, sebaiknya Anda memilih jenis obat yang sesuai dengan tingkat keparahan hama tersebut. Semakin parah hama yang menyerang, maka obat yang digunakan harus semakin bagus.

Bonsai dikategorikan menjadi enam kategori yang didasarkan pada tinggi bonsai tersebut, yaitu raksasa (>101 cm), sangat besar (76–100 cm), besar (46–75 cm), sedang (31–45 cm), kecil (16–30 cm), dan sangat kecil (<15 cm)

Inilah 5 Jenis Tanaman Bonsai Terindah dan Terbaik


Bonsai Bougenville

Salah satu jenis tanaman bonsai yang sangat populer dikalangan pecinta bonsai adalah Bonsai Bougenvile. Bougenville atau yang kerap disapa bunga kertas merupakan jenis bonsai yang banyak ditanam di Indonesia.

Biasanya warna yang dihasilkan oleh bonsai jenis ini adalah berwarna pink keunguan.

Karena warnanya yang indah tersebut, tidak heran jika banyak orang menjadikan tanaman ini sebagai hiasan di rumah. Warnanya yang begitu indah memberikan kesan lebih hidup dan atraktif.

Bonsai Beringin

Bonsai Beringin merupakan tanaman yang bergenus Ficus yang banyak dijumpai di Indonesia. Dengan hiasan tanaman bonsai beringin ini, rumah akan tampak terlihat lebih segar dan indah.

Tanaman jenis ini memiliki ciri khas daun yang kecil-kecil namun rimbun. Selain itu pada bagian batangnya terlihat unik sehingga sekilas hampir seperti karya seni yang mengagumkan.

Bonsai Adenium

Jika dibandingkan dengan jenis bonsai yang sudah disebutkan sebelumnya, tanaman ini memiliki warna dan juga bentuk yang unik. Bonsai Adenium menjadi salah satu jenis bonsai terbaik yang bergenus Adenium.

Untuk jenis yang satu ini berasal dari dataran Afrika dan Arab. Sekarang ini jenis bonsai ini sudah banyak dikembangkan, sehingga tidak heran jika Anda mudah untuk menemukannya.

Cara merawat bonsai ini bisa dikatakan cukup mudah, Anda hanya perlu menyiram nya dengan rutin dan meletakkannya pada tempat yang terkena sinar matahari yang cukup. Tertarik untuk memilikinya?

Bonsai Azalea

Tanaman bonsai selanjutnya yang juga terkenal akan keindahan bunganya adalah Bonsai Azalea. Seperti yang diketahui, Bonsai Azalea merupakan salah satu jenis bonsai yang berasal dari spesies Rhododendron indicium.

Tanaman yang satu ini berasal dari wilayah Jepang dan sudah banyak dibudidayakan di Indonesia.

Baca Juga : Cara Merawat Anthurium Jemani

Hampir sama dengan jenis bonsai sebelumnya, cara merawat bonsai jenis ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu memastikan kelembapan tanah agar bonsai di rumah tidak layu dan mati.

Tanaman bonsai yang satu ini sangat cocok untuk memperindah interior maupun eksterior rumah dalam jangka waktu yang lama.

Bonsai Maple

Satu lagi jenis tanaman bonsai yang juga dianggap memiliki warna dan bentuk yang indah adalah Bonsai Maple. Jenis tanaman bonsai yang satu ini memiliki warna daun yang berwarna-warni yakni ungu, merah muda dan juga biru.

Saat ini untuk jenis bonsai Maple ini masih jarang dijumpai di Indonesia. Sehingga tidak heran jika harga jual bonsai ini di pasaran lumayan mahal.

Apakah Anda tertarik untuk memilikinya? Jika iya, maka Anda harus lebih  memperhatikan perawatannya. Salah dalam perawatannya, akan membuatnya mudah layu dan mati.

Bagaimana sudah tahu bagaimana cara merawat bonsai yang benar? Setelah ini Anda bisa langsung mempraktekkannya langsung di rumah.

Lakukan segera, agar tanaman bonsai milik Anda sehat dan terhindar dari berbagai penyakit dan hama yang bisa kapan saja menyerangnya. Demikian ulasan singkat tentang jenis-jenis bonsai terbaik dan juga cara merawat bonsai dengan benar.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat membantu Anda merawat tanaman bonsai yang ada di rumah agar tetap indah.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Ini Dia Cara Merawat Bunga Mawar Dalam Pot

TrikMerawat
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *