Cara Merawat Tubuh Gigi dan Mulut

Cara Merawat Bibir agar Sehat Alami Tanpa Kosmetik

Cara Merawat Bibir
Written by Josua Rifandy

Hampir semua wanita menginginkan bibir merah merona alami. Akan tetapi, tidak mudah wanita memiliki bibir lembab dan merona seperti yang mereka inginkan. Banyak wanita yang mengeluh dengan kerusakan bibir yang dialami, seperti bibir hitam atau bibir kering. Untuk itu, cara merawat bibir dengan benar sangat perlu untuk diterapkan.

Dengan merawat bibir secara baik, maka kesehatan dan kecantikan bibir bisa terjaga. Sehingga, penampilan pun menjadi semakin percaya diri. Sebelum membahas bagaimana cara untuk merawat bibir, yuk cari tahu apa saja penyebab masalah pada bibir.

Cara Merawat Bibir dengan Bahan Alami


Para wanita rela melakukan serangkaian perawatan mahal untuk mendapatkan hasil bibir yang memuaskan. Memang sebagian besar orang beranggapan bibir yang cantik memiliki daya tarik tersendiri.

Tapi, banyak yang belum tahu jika bibir lembab dan merona alami bisa didapat hanya dengan melakukan perawatan menggunakan bahan alami. Berikut cara merawat bibir tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

1. Atasi Bibir Kering dengan Tomat

Bahan alami pertama yang bisa digunakan sebagai bahan pelembab bibir adalah buah tomat. Tomat memiliki kandungan vit E dan vit C yang sangat tinggi. Kandungan ini dapat meningkatkan kelembaban bibir secara alami.

Mengkonsumsi tomat secara teratur membuat bibir lebih sehat. Selain dikonsumsi, tomat juga dapat digunakan sebagai bahan utama perawatan bibir.

Perawatan bibir menggunakan tomat cukup mudah. Selain itu, tomat juga sangat mudah untuk ditemukan. Siapkan satu buah tomat ukuran sedang. Belah tomat menjadi dua bagian, lalu oleskan secara merata pada bagian bibir. Oles bergantian bibir atas dan bibir bawah. Diamkan kurang lebih 15 menit. Setelah selesai, bilas menggunakan air bersih.

Baca Juga : Rahasia Cara Merawat Tubuh dari Virus Corona Secara Alami

Cara mengonsumsi tomat juga beragam, bisa dibuat jus, dimakan langsung, atau campuran olahan. Untuk hasil yang lebih baik, usahakan minum jus tomat satu kali sehari.

Selain melembabkan bibir, rutin mengkonsumsi tomat dapat membantu memenuhi vit E dan vit C dalam tubuh. Dengan menggunakan tomat, dijamin bibir akan memiliki kelembaban yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

2. Perawatan Bibir Kering dengan Lemon

Selain tomat, lemon juga dikenal sebagai buah yang kaya akan vit C. Apabila tidak memiliki buah lemon, bisa diganti dengan jeruk nipis. Kedua jenis jeruk ini memiliki kandungan asam dan vit C yang sama.

Lemon atau jeruk nipis dapat membantu memulihkan kondisi bibir pecah-pecah. Pasalnya, kandungan vitamin C pada lemon atau jeruk nipis inilah yang membuat bibir menjadi lebih sehat dan tidak kering.

Untuk membuat lemon atau jeruk nipis sebagai obat juga sangat mudah. Campurkan perasan lemon ke dalam air, bisa diminum dengan air dingin atau air panas. Selain itu, buah ini juga dapat dioles langsung pada bibir.

Akan tetapi, jika kondisi bibir sudah parah biasanya akan terasa perih saat diolesi lemon. Rasa perih perlahan-lahan dapat hilang dengan sendirinya. Bibir akan berangsur membaik.

3. Merawat Bibir Agar tidak Hitam dengan Madu

Madu dipercaya memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Kandungan vit B, vit C, mineral, riboflavin, dan omega 3 dapat melembabkan sekaligus menyamarkan warna hitam pada bibir. Caranya sangat mudah, hanya dengan mengoleskan madu pada bibir tiga kali seminggu. Hasilnya bibir tidak akan tampak gelap lagi.

Pastikan menggunakan madu asli dan jangan ditambah dengan tambahan apapun. Oleskan madu pada bibir, lalu biarkan beberapa saat sampai mengering. Apabila warna gelap pada bibir sudah parah, bisa mengoles lagi madu secara merata setelah olesan pertama kering. Tunggu lagi sampai kering, lalu bilas hingga bersih.

4. Bibir Hitam Menghilang dengan Lidah Buaya

Vit E yang biasa digunakan untuk campuran produk lipstick atau lipgloss juga terdapat pada lidah buaya. Gel lidah buaya dapat digunakan sebagai pelembab bibir secara alami. Bibir menjadi merah alami jika rutin menggunakan lidah buaya. Selain itu, bibir pecah-pecah juga dapat dipulihkan dengan tanaman ini.

Baca Juga : Milenials Harus Tahu, 6 Cara Merawat Kesehatan Gigi Dan Gusi

Siapkan lidah buaya berukuran sedang, lalu cuci dengan air mengalir hingga bersih. Ambil gelnya dan oleskan merata pada bibir. Cara ini aman digunakan setiap hari. Lidah buaya dapat dicampur dengan minyak zaitun untuk hasil yang lebih sempurna.

5. Menghasilkan Bibir Merah dengan Bahan Kunyit

Sudah banyak produk kosmetik yang membuat warna bibir tampak lebih merona. Akan tetapi, penggunaan bahan kimia berlebihan tidak baik untuk kesehatan bibir. Coba lakukan perawatan secara alami untuk membantu bibir tetap terlihat cantik.

Pertama, gunakan bubuk kunyit yang dicampur dengan satu sendok susu. Oleskan campuran bahan alami tersebut pada bibir secara merata. Untuk hasil terbaik, lakukan perawatan ini setiap malam sebelum tidur. Bibir akan terlihat lebih segar dengan warna pink alami.

Selain dicampur dengan bubuk kunyit, susu juga dapat dicampur gliserin. Menggunakan bahan alami ini setiap malam akan menghasilkan bibir merah muda dan lembut. Gunakan susu segar dan campurkan dengan beberapa tetes gliserin, lalu oleskan pada bibir. Biarkan semalaman, bilas dengan air bersih keesokan paginya.

6. Penyebab Terjadinya Masalah pada Bibir

Munculnya masalah bibir kering atau bibir hitam membuat para wanita merasa kurang percaya diri. Banyak faktor yang menyebabkan masalah pada bibir muncul. Sebelum melakukan perawatan lebih lanjut, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu penyebab munculnya masalah pada bibir.

Bibir kering atau bibir pecah merupakan masalah yang paling sering dialami oleh para wanita. Masalah ini sangat mengganggu penampilan, apalagi lipstick tidak dapat menempel dengan sempurna ketika bibir mengalami pecah-pecah. Bibir menjadi kering dan pecah-pecah dapat disebabkan oleh kebiasaan yang sering dilakukan.

Tanpa disadari, ternyata kebiasaan hidup dapat merusak kealamian bibir. Bibir kering disebabkan oleh kurangnya konsumsi air putih. Jarang atau memang malas minum air putih dapat mengakibatkan tubuh kekurangan cairan, jika dibiarkan kondisi ini membuat tubuh mengalami dehidrasi.

Tubuh yang kekurangan cairan akan menunjukkan tanda, seperti kulit kering dan bibir kering. Parahnya, bibir kering lambat laun akan mengalami pecah-pecah. Untuk itu, mulai kebiasaan mengonsumsi air putih sedikitnya delapan gelas per hari.

Selain itu, bibir kering juga dapat disebabkan oleh produk kosmetik yang tidak cocok dengan bibir. Kandungan dalam pewarna bibir yang keras membuat bibir kering dan pecah-pecah. Untuk mencegah masalah ini, coba gunakan lip balm sebelum mengaplikasikan lipstik.

Baca Juga : Pelajari 5 Cara Merawat Kulit Berminyak Agar Tidak Berjerawat

Masalah bibir kering juga dapat disebabkan oleh kebiasaan menjilat bibir, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam, atau terlalu lama berada di ruang ber-AC. Sebaiknya, jangan terlalu sering melakukan kebiasaan ini agar bibir tetap lembab.

Bisa jadi, bibir kering merupakan gejala dari penyakit tertentu. Kebiasaan merokok juga dapat membuat kulit bibir menghitam. Sel-sel darah merah pada bibir akan mati jika terlalu sering terkena panas dari rokok. Hal ini dapat menyebabkan timbunan pigmen di bibir. Karbon yang dihasilkan dari pembakaran juga dapat membuat warna merah alami bibir memudar. Bibir dapat berubah menjadi hitam pekat.

Itulah beberapa cara merawat bibir dengan cara alami. Mudah dan tidak mengeluarkan biaya mahal, bukan? Perawatan dengan bahan alami hasilnya lebih tahan lama, asalkan meninggalkan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan bibir kering atau gelap.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

4 Comments

Leave a Comment