Cara Merawat Tubuh Gigi dan Mulut

Solusi Ampuh Cara Merawat Bibir Kering di Rumah

cara merawat bibir kering
Written by Josua Rifandy

Bibir kering merupakan masalah kesehatan yang sangat rentan terjadi. Kondisi ini membuat siapa saja tidak nyaman, serta tidak bisa dibiarkan begitu saja karena dapat memicu gangguan yang lebih parah. Lama-kelamaan bibir akan tampak lebih gelap, parahnya lagi kulit bibir mengelupas dan mengeluarkan darah. Cara merawat bibir kering dapat dilakukan di rumah dengan mengandalkan bahan alami. 

Cara Mencegah dan Mengatasi Masalah Bibir Kering


Kondisi bibir kering sangat mengganggu penampilan. Pada kondisi tertentu, dapat pula mengeluarkan darah dan terasa sakit. Jangan tunggu sampai parah, berikut cara merawat bibir kering dengan bahan alami yang bisa ditemui di rumah.

1. Mengoleskan Minyak Esensial Pada Bibir

Cara merawat bibir kering yang pertama adalah dengan memberikan minyak esensial pada bibir. Minyak esensial seperti almond oil, jojoba oil, tea tree oil, dan virgin coconut oil memiliki manfaat untuk mengatasi bibir kering. Minyak-minyak ini mengandung asam lemak yang dapat melembutkan dan mengenyalkan bibir. Apabila kondisi sudah sangat parah, disarankan menggunakan tree tea oil.

Tree tea oil dapat mempercepat proses penyembuhan luka pada bibir pecah-pecah. Selain itu, jenis minyak ini dapat mencegah terjadinya infeksi. Oleskan minyak esensial pada bibir dua kali sehari. Gunakan setiap hari sampai kondisi membaik. Terapkan sehari sekali sebelum tidur dan biarkan semalaman, sebagai perawatan setelah sembuh.

2. Manfaatkan Madu dan Petroleum Jelly

cara merawat bibir kering
(Sumber: Nbcnews.com)

Campuran madu mentah dan petroleum jelly adalah kombinasi yang tepat sebagai cara merawat bibir kering yang bisa dilakukan. Seperti yang diketahui, madu merupakan obat penyembuh terbaik dari alam. Sifat antibakteri di dalamnya membantu penyembuhan luka pada bibir pecah-pecah. Sedangkan petroleum jelly kaya akan manfaat diantaranya mengatasi kulit kering, melembutkan, dan menyehatkan bibir.

Campuran bahan ini sangat efektif mencegah dan mengatasi masalah bibir kering. Oleskan madu terlebih dahulu pada bibir secara merata, kemudian oleskan petroleum jelly. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bersihkan menggunakan handuk basah. Lakukan secara rutin satu kali sehari.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Cara Merawat Lidah yang Wajib Dilakukan

3. Gunakan Mentimun untuk Pelembab Bibir Alami 

Cara merawat bibir kering selanjutnya dapat menggunakan mentimun. Mentimun dapat dimanfaatkan untuk eksfoliasi bibir, sekaligus membuat bibir terhidrasi dengan sempurna. Bagian tengah timun yang teksturnya agak kasar dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada bibir. Lakukan cara ini setiap hari agar bibit cepat pulih, untuk perawatan cukup lakukan 2 kali dalam seminggu.

Gunakan seperempat timun, kemudian iris tipis-tipis. Gosokan perlahan irisan timun pada bibir bagian bawah dan atas. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Selain digunakan sebagai eksfoliasi, jus juga dapat dikonsumsi untuk membantu penyembuhan dari dalam.

4. Manfaatkan Gel Lidah Buaya

cara merawat bibir kering
(Sumber: Webmd.com)

Cara merawat bibir kering selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Gel lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk produk kecantikan dari shampoo hingga pelembab wajah. Bukan hanya sampai di situ, ternyata gel lidah buaya juga dapat mengatasi bibir kering. Lidah buaya memiliki kandungan yang dapat memenangkan kulit bibir yang pecah-pecah dan mengangkat lapisan sel kulit mati pada bibir.

Pastikan menggunakan lidah buaya yang masih murni, bukan campuran produk ataupun yang lainnya. Ambil satu batang lidah buaya, lalu ambil gel di dalamnya dan letakkan pada wadah bersih. Oleskan gel secara merata pada bibir, diamkan selama semalaman. Gel yang masih tersisa dapat disimpan dalam kulkas untuk digunakan lagi besoknya.

5. Merawat Bibir dengan Butter 

Cara merawat bibir kering ini sangat jarang diketahui orang, yaitu menggunakan butter. Jenis butter yang dipercaya dapat mengatasi bibir kering antara lain buttermilk, cocoa butter, selai kacang, shea butter, dan yogurt. Butter-butter ini memiliki kandungan berupa lemak esensial yang memelihara bibir agar terhidrasi dengan baik. Sehingga penggunaan secara rutin dapat membantu memulihkan kondisi bibir.

Baca Juga : Informasi Terlengkap Cara Merawat Indra Pendengaran

Bahan-bahan ini mudah ditemukan di pasaran, biasanya digunakan untuk tambahan olahan makanan. Oleskan salah satu jenis butter secara merata pada bibir. Diamkan kurang lebih selama 10 menit. Lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Gunakan Masker Bibir Alami dari Lemon, Madu, dan Minyak jarak

Perasan air lemon berperan sebagai eksfolian, sekaligus mencerahkan bibir secara alami. Selain menyembuhkan bibir pecah-pecah, perasan lemon dapat mengatasi masalah bibir hitam. Sedangkan madu dan perasan daun jarak memberikan nutrisi pada bibir serta melindungi lapisan bibir dari radikal bebas. Kombinasi bahan ini dapat menjadi ramuan cara merawat bibir kering yang sangat dianjurkan. 

Membuat ramuan ini membutuhkan satu sendok teh perasan lemon, satu sendok teh madu, dan setengah sendok teh minyak jarak. Campurkan semua bahan, lalu aduk secara merata. Oleskan secara merata pada bibir, biarkan selama kurang lebih 10 menit. Bibir akan membaik sekitar 10 hari, apabila melakukan perawatan ini secara rutin.

7. Gunakan Gula Pasir Sebagai Scrub Bibir

cara merawat bibir kering
(Sumber: Allsalonprices.com)

Gula pasir merupakan eksfolian untuk bibir yang paling mudah ditemukan. Bahan ini hampir selalu tersedia di dapur. Kandungan yang terdapat di dalam gula dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Scrub gula pasir memudahkan pengelupasan kulit kering dan bersisik pada lapisan terluar bibir.

Perawatan scrub gula secara rutin menghasilkan bibir lentur dan lembut. Selain itu, warna bibir akan memerah secara alami. Untuk hasil terbaik campurkan minyak zaitun dan madu dengan gula pasir. Oleskan dengan gerakan melingkar ke seluruh lapisan bibir. Kemudian bilas menggunakan air bersih.

Penyebab Masalah Bibir Kering

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah:

1. Dehidrasi

Kekurangan cairan atau dehidrasi tidak hanya menyebabkan tubuh kehilangan keseimbangan, tapi juga menyebabkan bibir kering. Oleh karena itu, disarankan mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas dalam satu hari. Apabila rutinitas harian membutuhkan banyak tenaga, misalnya berprofesi sebagai atlet sebaiknya minum air putih lebih dari 12 gelas per hari.

2. Mengkonsumsi Alkohol

Memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan bibir mudah mengering. Alkohol dapat menghambat penyerapan vitamin, sehingga asupan vitamin yang dibutuhkan tubuh tidak tercukupi. Minuman beralkohol juga dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Sebisa mungkin tinggalkan kebiasaan yang dapat mengganggu kesehatan.

3. Kekurangan Vitamin B

Vitamin B sangat dibutuhkan oleh tubuh karena diperlukan dalam proses metabolisme lemak, serta mempertahankan kadar asam dalam sel darah. Selain itu, vitamin B juga dibutuhkan oleh kulit. Kekurangan vitamin B dapat memicu berbagai masalah kulit seperti jerawat, muncul ruam, dan bibir pecah-pecah.

Baca Juga : Beberapa Kesalahan dalam Cara Merawat Gigi Tambal

Itulah 7 cara merawat bibir kering yang bisa dilakukan. Tentunya cara merawat bibir kering tersebut harus diimbangi dengan perawatan dari dalam, seperti mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Sebisa mungkin hindari kebiasaan yang dapat menyebabkan bibir pecah-pecah. Apabila kondisinya sudah sangat parah dan pengobatan alami tidak membantu, segera konsultasikan ke dokter.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment