Cara Merawat Tubuh

Rahasia Cara Merawat Bayi Laki-Laki Anti Ribet

cara merawat bayi laki-laki
Written by Josua Rifandy

Sebagian orang mengatakan, bahwa cara merawat bayi laki-laki lebih mudah dibandingkan bayi perempuan. Namun itu tidak sepenuhnya benar, karena merawat bayi laki-laki maupun bayi perempuan harus dilakukan dengan setulus hati. Karena itu, kesehatannya sepenuhnya ada di tangan orang tua.

Cara merawat bayi laki-laki, menjadi hal penting yang harus diperhatikan bagi semua orang tua. Dalam hal merawat bayi bukan menjadi hal yang mudah, terutama bagi ibu muda. Setiap orang tua mengalami kesulitan masing-masing saat merawat bayi laki-laki maupun perempuan. 

Perawatan bayi memang tidak bisa didasarkan atas jenis kelamin. Baik bayi perempuan maupun bayi laki-laki, keduanya sama-sama membutuhkan kasih sayang orang tua. Seperti halnya pada bayi perempuan, ada hal-hal ekstra yang harus dilakukan saat merawat bayi laki-laki. Namun, merawat bayi laki-laki memerlukan cara yang sedikit berbeda.

Cara Merawat Bayi Laki-Laki Tanpa Ribet


Menerapkan cara merawat bayi laki-laki dengan benar, akan membuat bayi tumbuh menjadi anak-anak yang sehat, tangguh, dan kuat. Berikut beberapa cara yang dapat diterapkan pada orang tua dalam cara merawat bayi laki-laki:

Baca Juga: Tata Cara Merawat Gigi Bayi dan Waktu Ideal yang Benar

1. Membersihkan Organ Intim Bayi dengan Benar

cara merawat bayi laki-laki
(Sumber: babycentre.co.uk)

Cara merawat bayi laki-laki yang pertama adalah membersihkan organ intimnya. Membersihkan organ intim bayi laki-laki membutuhkan perhatian khusus. Kulit di sekitar organ intim bayi sangat lembut dan sensitif, oleh karena itu rentan mengalami iritasi. Itu dia sebabnya mengapa membersihkan serta merawat organ intim si kecil tak boleh sembarangan.

Kunci merawat organ intim bayi adalah membersihkannya, yaitu setiap kali si kecil buang air kecil atau besar. Tujuannya adalah agar urin dan tinja tidak mengiritasi kulit dan menyebabkan ruam popok atau infeksi. 

Saat membersihkan organ intim bayi, jangan menarik kulit luar penis terlalu keras. Bayi memiliki kulit luar penis yang sangat kencang, sehingga menariknya dengan kuat akan menyakitinya. Cukup gunakan kapas yang dibasahi dengan air atau air yang mengalir di seluruh area genitalnya. Kemudian, dilap dengan menggunakan handuk kering yang lembut.

Selain itu, gunakan air saja atau air dan sabun khusus bayi yang mengandung pelembap. Kemudian, pastikan sabun bayi tersebut tidak mengandung pewangi dan alkohol. Begitu juga apabila menggunakan tisu basah. Setelah dibersihkan, jangan lupa untuk mengeringkan organ intim si kecil dengan handuk atau kain lembut yang bersih.

Perlu diketahui, orang tua baru boleh membersihkan kulit luar penis dengan cara ditarik saat si kecil sudah beranjak balita. Pada saat balita, kulit luar penis si kecil akan mengalami perubahan menjadi lebih mengendur.

2. Berikan si Kecil Mainan Khusus Laki-laki 

Cara merawat bayi laki-laki selanjutnya adalah dengan memberikan jenis mainan yang sesuai gendernya. Bayi memang belum menyadari mengenai gendernya. Namun, orang tua sudah bisa memperkenalkannya. Penting bagi ibu untuk mulai mengajarkan si kecil tentang dirinya dan gendernya agar terbiasa di kemudian hari. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan si kecil mainan khusus laki-laki. Seperti, mobil-mobilan, robot-robotan. Dengan begitu, si kecil akan terbiasa dan mulai mengenali dirinya sendiri ketika sudah beranjak dewasa.

Hindari untuk memperlakukan bayi laki-laki seperti bayi perempuan. Hal tersebut dapat menimbulkan jiwa feminim pada si kecil di kemudian hari. Namun, dalam memberikan si kecil mainan, orang tua tidak boleh memberikan mainan secara asal.

Misalnya, memberikan kunci sebagai pengganti mainan pada si kecil. Padahal, akibatnya bisa fatal. Karena kunci beresiko dimasukkan si kecil ke dalam mulutnya. Kunci mengandung timah yang dapat menurunkan IQ dan kerusakan otak apabila kunci tersebut sampai dimasukkan ke dalam mulut si kecil.

Baca Juga: Proses Cara Merawat Janggut Tebal Dengan Mudah

3. Kenali Kelainan Genital Pada Bayi 

cara merawat bayi laki-laki
(Sumber: Momlovesbest.com)

Cara merawat bayi laki-laki selanjutnya adalah dengan memperhatikan apakah ada kelainan genital pada bayi. Para orang tua perlu memperhatikan kemungkinan kelainan genital pada si kecil. Saat membersihkan organ intim si kecil, perhatikan betul organ-organ tersebut. Apakah normal atau tidak? Caranya adalah dengan memperhatikan bagian genital si kecil dari bentuknya secara rinci. Apakah normal atau justru ada kelainan.

Beberapa bayi ada yang mengalami kelainan genital bawaan sejak lahir. Kelainan tersebut, salah satunya adalah mikropenis. Kelainan ini terjadi dimana ukuran penis si kecil sangat kecil dan kurang dari ukuran normalnya (2 cm). 

Selain itu, ada pula hipospadia. Kelainan ini merupakan kelainan bawaan yang ditandai dengan lubang kencing tidak di ujung kepala penis, melainkan berada lebih awal atau lebih pendek, serta kelainan pada testis. Jika menemukan gejala dan kelainan pada si kecil, segera periksa dan berkonsultasi dengan dokter.

4. Libatkan Sosok Ayah dalam Merawat Bayi Laki-laki

Melibatkan sosok ayah dalam cara merawat bayi laki-laki dapat mengajarkan si kecil menjadi sosok yang tangguh, seperti ayahnya. Membentuk karakter laki-laki merupakan peran sang ayah. Oleh karena itu, selalu usahakan sang ayah terlibat dalam merawat si kecil setiap hari. Meski sibuk bekerja, namun peran ayah sangat penting bagi perkembangan bayi laki-laki.

Sejumlah penelitian mengatakan, bahwa ayah milenial banyak meluangkan waktu untuk merawat bayi laki-lakinya. Hal tersebut, tentu dapat menguatkan ikatan antara si ayah dan si kecil secara jangka panjang. Ayah, harus memahami pengetahuan dasar cara merawat bayi. Jangan sampai membahayakan jiwa, hanya karena ayah malas belajar.

Misalnya saja, sang ayah belajar menggendong, memandikan si kecil, hingga mampu menggantikan popok bayi. Selain itu, sang ayah juga bisa mengambil peran dengan melakukan cara-cara kecil, seperti bermain dan melakukan aktivitas bersama si kecil. Si kecil juga pasti sangat senang dan bahagia jika diajak main oleh ayah tersayangnya.

Selain menumbuhkan jiwa laki-laki si kecil, cara tersebut juga dapat meningkatkan ikatan sang ayah dengan bayi. Dalam merawat bayi laki-laki, orang tua perlu pintar dalam menjaga kesehatan dan pertumbuhan psikologi serta emosional si kecil. Serta orang tua juga perlu pintar dalam menghindari kesalahan-kesalahan yang biasa dalam merawat bayi.

Baca Juga: Rahasia Ampuh Cara Meredakan Sakit Gigi di Rumah

5. Memandikan Bayi dengan Benar 

cara merawat bayi laki-laki
(Sumber: westchesterhealth.com)

Cara merawat bayi laki-laki yang terakhir adalah dengan memperhatikan cara memandikannya. Memandikan bayi laki-laki dengan bayi perempuan hampir tidak berbeda, namun tetap harus diperhatikan hal-hal yang khusus. Untuk memandikan, pastikan suhu air tepat yaitu 37-39̊ C. Gunakan sampo dan sabun yang sesuai untuk bayi.

Saat memandikan, ibu harus memperhatikan hal-hal tertentu pada bagian tubuh bayi yang sulit dijangkau. Pada bayi laki-laki, bagian-bagian tertentu yang harus diperhatikan dan dibersihkan adalah bagian kulup atau lipatan kulit pada kemaluannya. Dorong lembut kulup ke dalam, kemudian seka kotoran yang menempel pada kasa basah.

Itulah beberapa cara merawat bayi laki-laki yang penting untuk diketahui oleh orang tua atau yang masih menjadi calon orang tua. Penting bagi orang tua untuk merawat bayi laki-laki dengan cara yang tepat. Hal ini bertujuan agar jagoan kecil bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Ini merupakan kebahagiaan bagi semua orang tua.

Cara merawat bayi laki-laki memang diperlukan untuk melihat banyak sekali panduan, agar bayi dapat tumbuh dengan baik. Namun, tidak ada yang sulit dalam menjalankan peran orang tua untuk menjaga dan merawat buah hati tercinta. Untuk memberikan perawatan yang terbaik bagi si kecil, para orang tua juga bisa berkonsultasi dengan dokter.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment