Cara Merawat Benda

Petunjuk Lengkap Cara Merawat Batu Akik Biar Makin Mahal

cara merawat batu akik
Written by Josua Rifandy

Beberapa tahun belakangan, batu akik menjadi sangat populer di kalangan para kolektor. Banyak yang mencari dan membelinya sebagai koleksi yang cantik dan mengagumkan. Sama halnya dengan barang koleksi mahal  lainnya, perawatan batu akik juga tidak bisa sembarangan. Ada cara merawat batu akik khusus yang dilakukan agar semakin mengkilap dan terlihat mahal.

Jenis batu akik sendiri sangat beragam. Semua memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri. Karena memiliki sifat dan ciri fisik yang berbeda, maka perawatan antara satu jenis batu akik dengan jenis lainnya juga berbeda. Lantas, bagaimana cara terbaik merawat batu akik?

Berbagai Cara Merawat Batu Akik Agar Semakin Mengkilap 


Cara perawatan batu akik harus disesuaikan dengan sifat dari batu akik tersebut, apakah tembus cahaya atau tidak. Batu akik yang tembus cahaya, cenderung lebih keras dari batu akik yang tidak tembus cahaya. Oleh karena itu, cara merawatnya pun cukup berbeda. Berikut ini adalah petunjuk lengkap mengenai cara merawat batu akik agar terlihat lebih mahal:

Baca Juga: Prosedur dan Metode Cara Merawat AC Mobil Secara Berkala

1. Membersihkan Batu Akik Tembus Cahaya

cara merawat batu akik
(Sumber: Review.bukalapak.com)

Cara merawat batu akik yang pertama adalah perihal cara membersihkan jenis batu akik yang tembus cahaya. Beberapa jenis batu akik tembus cahaya yang paling populer diantaranya adalah batu bacan, kecubung, topaz, merah delima, sungai daerah, kalsedon, dan lavender. Nah, di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan ketika membersihkan batu akik yang tembus cahaya.

  1. Pastikan tempat mencuci batu akik aman, seperti pada wastafel yang lubangnya ditutup filter saluran pembuangan agar batu akik tidak terjatuh ke dalam saluran air.
  2. Sabun cuci piring sebanyak satu sendok teh dilarutkan dengan air biasa ke dalam mangkuk kecil. Jangan gunakan air panas, karena tidak semua batu akik mampu tahan terhadap air panas.
  3. Batu akik direndam ke dalam larutan sabun cuci tersebut selama maksimal 3 menit.
  4. Gosok batu akik menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut dengan menyingkirkan debu di celah-celahnya. Penggosokan ini dilakukan tetap di dalam larutan sabun.
  5. Batu akik diangkat dan dibilas menggunakan air bersih.
  6. Kemudian batu akik di lap menggunakan kain microfiber agar air yang menempel terserap, dan keringkan dengan cara mengangin-anginkannya.

2. Membersihkan Batu Akik Tidak Tembus Cahaya

Cara merawat batu akik selanjutnya adalah untuk jenis batu yang tidak tembus cahaya. Beberapa jenis batu akik paling populer yang tidak tembus cahaya diantaranya adalah onyx, pirus, kalimaya, giok, dan macan. Batu jenis ini lebih berpori dibandingkan batu akik yang tembus cahaya, sehingga sifatnya lebih sensitif. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan ketika membersihkan batu akik yang tidak tembus cahaya.

  1. Berbeda dengan batu akik yang tembus cahaya, cara merawat batu batu akik yang tidak tembus cahaya tidak bisa dilakukan dengan mencuci apalagi merendamnya di dalam air. Hal ini dikarenakan air sabun bisa masuk melalui pori-pori batu dan mengubah warna dari batu tersebut.
  2. Maka dari itu, batu akik dibersihkan dengan cara diseka menggunakan tisu basah tanpa pewangi atau bisa juga menggunakan kain microfiber.
  3. Gunakan sikat gigi yang memiliki bulu halus untuk membersihkan bagian belakang batu akik yang biasanya banyak menyimpan debu. Sebelum digosok, basahi terlebih dahulu sikat gigi tersebut dan kibaskan agar air tidak menggenang di sikat gigi.
  4. Ulangi langkah ke-2 dan ke-3 pada seluruh permukaan batu akik.
  5. Batu akik dikeringkan dengan kain microfiber yang kering, kemudian angin-anginkan.

Baca Juga: Cara Merawat Kolam Renang agar Bersih dan Nyaman

3. Menggosok Batu Cincin

cara merawat batu akik
(Sumber: Bamschalampa.blogspot.com)

Agar cara merawat batu akik dengan lebih maksimal, bisa dilakukan dengan menggosok batu akik menggunakan beberapa benda khusus. Daun pisang kering, bahan kulit yang meliputi ikat pinggang kulit, tas kulit dan sepatu kulit, kertas aluminium, serta amplas paling halus adalah beberapa benda yang direkomendasikan untuk menggosok batu akik. 

Batu akik harus digosok dengan cara yang benar, yaitu batu digosok pada lembaran yang telah dipilih dari kanan ke kiri. Jika masih ragu dengan cara memoles batu tersebut, sebaiknya bawa batu akik ke jasa poles batu agar mengkilap dengan tanpa tergores. 

4. Pedoman Penyimpanan dan Memakai Batu Akik 

Selain membersihkan batu akik, bagian penting dalam cara merawat batu akik adalah perihal menyimpan dan memakainya. Dibawah ini adalah pedoman yang bisa dilakukan untuk menyimpan dan memakai baik batu akik yang tidak tembus cahaya maupun batu akik yang tembus cahaya.

1. Menyimpan batu akik dengan melihat tingkat kekerasannya

Batu akik memiliki tingkat kekerasan yang berbeda-beda pada setiap jenisnya. Tingkat kekerasan batu mulia dari yang paling tinggi ke rendah adalah Berlian, Rubi dan Safir, batu zamrud, topas, dan aquamarine. Karena perbedaan tingkat kekerasan ini, maka penyimpanan batu akik tidak bisa disatukan dalam satu tempat yang sama. 

Menyimpan semua jenis batu akik dalam satu tempat yang sama bisa menyebabkan timbulnya goresan di batu dengan tingkat kekerasan rendah oleh batu yang tingkat kekerasannya lebih tinggi. Cara paling baik menyimpannya adalah dengan memisahkannya di beberapa wadah atau kantong penyimpanan yang memiliki lapisan kain lembut agar batu akik tidak tergores.

2. Menghindarkan batu akik dari paparan panas dan sinar matahari

Paparan sinar matahari secara langsung bisa membuat warna batu akik memudar, dan bisa membuat batu akik mengering karena berkurangnya kelembaban batu. Paparan yang terlalu panas bahkan bisa membuat batu menjadi retak. Oleh karena itu, sebaiknya batu akik disimpan di tempat yang teduh dan terlindung dari paparan sinar matahari.

3. Menjauhkan batu akik dari produk yang mengandung bahan kimia

Kandungan bahan kimia bisa membuat batu akik rusak. Termasuk semua bahan kimia yang ada pada beberapa produk kosmetik, hairspray, dan parfum, ruang sauna serta klorin yang biasa ada di kolam renang bisa merusak keindahan batu akik. Maka dari itu, hindarkan batu akik dari bahan kimia dengan cara melepasnya jika akan melakukan pekerjaan yang menggunakan bahan kimia.

Baca Juga: Cara Merawat Hardisk Agar Berumur Panjang Terbukti Work

5. Mengkilapkan Batu Akik 

cara merawat batu akik
(Sumber: Dakwatuna.com)

Selain cara-cara di atas, ada juga cara merawat batu akik selanjutnya adalah bertujuan untuk membuat batu akik mengkilap. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengolesi batu dengan minyak zaitun

Minyak zaitun sudah terbukti bermanfaat untuk berbagai masalah kesehatan. Tapi siapa sangka minyak zaitun ini bisa digunakan untuk memberikan treatment khusus pada batu akik agar tetap berkilau. Caranya cukup mudah, minyak zaitun diteteskan ke kain yang halus kemudian gosokan pada batu akik dengan gerakan yang perlahan.

2. Memakainya setiap hari

Cara merawat batu akik agar mengkilap adalah dengan menggunakannya setiap hari. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan suhu dari si pemakai batu. Suhu stabil yang lebih panas dari suhu sekitar yang didapat dari kontak fisik dengan pemakai ini efektif untuk membentuk batu yang semi kristal menjadi kristal seutuhnya. Selain sederhana, cara ini juga aman karena tidak perlu menggunakan bahan kimia.

3. Perendaman dan penjemuran

Cara selanjutnya adalah perendaman dan penjemuran yang dilakukan dengan merekayasa suhu agar pengkristalan batu bisa lebih cepat. Batu akik dimasukan ke dalam wadah yang berisi air hingga tenggelam seluruhnya. Kemudian wadah tersebut diletakkan di bawah sinar matahari. 

Ketika air di dalam wadah sudah berkurang dan tidak lagi berwarna bening, segera ganti air tersebut dengan air yang baru. Proses perendaman dan penjemuran ini dilakukan cukup satu atau dua hari saja. Tetapi ada juga yang melakukannya hingga satu bulan. Cara yang paling baik adalah melakukan cara ini hingga batu akik mengkristal.

Nah, itulah panduan paling lengkap mengenai cara merawat batu akik agar mengkilap dan terlihat mahal. Lakukan setiap prosedur perawatan dengan hati-hati, teliti dan waspada agar tidak berakibat pada rusaknya batu akik, entah karena tergores maupun warnanya yang menjadi pudar. 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment