TrikMerawat Extraordinary Man!

Biar Gak Kembung, Yuk Kenali Cara Merawat Baterai Hp Paling Efektif

4 min read

Cara Merawat Baterai Hp

Teknologi  saat ini semakin berkembang, salah satunya yaitu teknologi komunikasi. Beberapa tahun lalu penggunaan baterai smartphone masih dominan dengan baterai yang bisa di lepas. Sedangkan pada era modern ini, penggunaan baterai tanam sudah mulai bermunculan yang berfungsi untuk memudahkan para pengguna smartphone.

Namun sebagian orang mengeluh akan adanya masalah baterai yang cepat habis. Lalu, bagaimana Cara Merawat Baterai Hp agar tahan lama? Yuk cek disini.

Cara Merawat Baterai Hp Paling Efektif dengan Benar


Dengan adanya jenis baterai tanam ini, maka tampilan dari sebuah smartphone akan terlihat semakin ramping, tentunya hal tersebut akan menarik perhatian bagi para pengguna smartphone untuk memilikinya.

Kendati demikian, ternyata masih ada para pengguna yang mengkhawatirkan keawetan dari jenis baterai tanam ini. Terutama ketika baterai mulai bermasalah, tentu kita ingin menggantinya. Sedangkan untuk baterai tanam ini, tidak bisa diganti.

Baca Juga : Cara Merawat Jam Bahan Emas

Masalah yang sering dijumpai pada baterai smartphone adalah cepat habis atau drop. Banyak penyebab yang menjadikan baterai smartphone menjadi cepat habis dan mudah drop antara lain menggunakan smartphone secara berlebihan, mengecas smartphone sambil digunakan untuk bermain game.

Dengan melakukan berbagai kegiatan tersebut, mengakibatkan baterai hp tidak tahan lama.

1. Berhenti Bermain Hp Sebelum Baterai 20%

Kebiasaan yang banyak dilakukan oleh orang-orang adalah menggunakan smartphone hingga daya baterai habis, dalam artian habis disini hingga kosong. Dan ini dapat berakibat buruk pada kondisi smartphone.

Cepat habisnya daya baterai menjadi salah satu masalah yang sering terjadi akibat kegiatan ini. Oleh sebab itu, perlu Cara Merawat Baterai Hp agar tetap awet dengan mengusahakan untuk berhenti menggunakan smartphone sebelum mencapai daya 20%.

Atau bisa juga dengan menggunakan battery saver pada saat daya baterai tinggal sedikit. Dengan mengaktifkan fitur ini pada saat baterai smartphone anda dalam keadaan lowbat, maka sistem akan otomatis mengurangi performa CPU.

Jika smartphone tetap dalam keadaan full perfomance saat lowbat, hal itu akan memicu menurunnya kualitas dan umur smartphone.

Apakah Mencharge Baterai semalaman akan merusak Baterai? Kenyataannya kebanyakan ponsel sekarang ini sudah cukup “pintar” untuk memutus arus listrik secara otomatis saat baterai sudah terisi penuh

2. Gunakan Charger Original

Menggunakan barang original adalah pilihan tepat tidak terkecual pada masalah charger. Penggunaan charger bisa mempengaruhi performa baterai smartphone.

Untuk itu, Cara Merawat Baterai Hp yang terbaik adalah dengan menggunakan charger original yang ada ketika membeli hp. Dengan menggunaan charger yang tidak sesuai bisa merusak dan memperburuk performa baterai.

Baca Juga : Cara Merawat Baterai Hp Non Removable

Hal lain yang dapat membantu meminimalisir borosnya smartphone yaitu dengan menggunakan fitur update aplikasi hanya menggunakan WiFi. Dimana saat terhubung dengan WiFi, smartphone akan terkunci hanya pada satu jaringan itu saja sehingga penggunaan CPU dan baterai menjadi lebih hemat.

Untuk itu, saat mengupdate aplikasi dan update OS ada baiknya gunakan WiFi. Tips ini dipercaya sebagai cara agar baterai tidak boros, selain itu cara ini juga sangat efektif untuk membantu kamu menghemat kuota.

3. Diamkan Smartphone Ketika Panas

Smartphone yang sangat panas rawan terjadi sebuah ledakan, bahkan pemicunya adalah baterai yang panas. Baterai panas disini bisa disebabkan oleh banyak faktor yang salah satu penyebab utamanya  adalah penggunaan smartphone yang terlalu berlebihan.

Sebaiknya ketika bermain smartphone hindari menimbulkan suhu yang terlampau panas, apabila baterai sudah terasa panas akan lebih baik pengguna menghentikan aktivitas tersebut.

Pada setiap smartphone pasti memiliki fitur lokasi. Fitur lokasi yang otomatis aktif berpotensi mempercepat baterai habis, sehingga pengguna smartphone akan sering mengisi daya. Dalam jangka waktu yang cukup pendek, performa baterai akan cepat menurun.

Baca Juga: Cara Merawat Jam Automatic

Tidak hanya itu selain membuat boros, dalam jangka waktu lama aplikasi yang banyak mengandung iklan akan memperpendek umur baterai smartphone dan membuat performanya menurun.Hal ini juga merupakan Cara Merawat Baterai Hp agar  tidak cepat panas.

4. Isi Baterai Hingga Benar – Benar Penuh

Proses pengisian daya adalah waktu yang penting dalam menjaga performa baterai tetap bagus. Pengisian daya yang tidak mencapai titik penuh bisa mengakibatkan buruknya performa yang dimiliki baterai.

Jadi pengguna smartphone bisa merawat baterai dengan mengisi dayanya hingga benar-benar penuh. Hal ini pengguna smartphone secara langsung dapat menjaga baterai smartphone agar tetap awet dan tahan lama.

Dengan mengatur tingkat kecerahan layar pada kecerahan paling rendah, smartphone yang digunakan menjadi lebih hemat baterai. Namun, jika smartphone diatur menggunakan mode kecerahan otomatis, hal itu juga relatif menguras baterai.

Kendati demikian, terdapat Cara Merawat Baterai Hp agar tidak cepat habis yaitu dengan cara mengatur smartphone ke dalam mode Time Sleep ke dalam waktu yang sekiranya tidak terlalu lama.

5. Mengatur Notifikasi dan Gunakan Wallpaper Statis

Sesekali, coba matikan notifikasi yang masuk dari beberapa aplikasi tertentu yang dianggap tidak penting. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan kecanduan smartphone dan menghemat baterai.

Kemudian, hal yang dapat memengaruhi baterai cepat habis yaitu dengan menggunakan live wallpaper dimana fungsi dari wallpaper ini dapat membuat smartphone terlihat keren. Akan tetapi, dampak lainnya yang didapat yaitu baterai smartphone mudah cepat habis.

Tanpa kita ketahui, notifikasi pada ponsel kita bisa berpengaruh pada baterai smartphone. Semakin banyak notifikasi yang muncul, semakin banyak pula daya baterai yang terserap.

Oleh karena itu, akan lebih baik segera menghapus notifikasi, atau menonaktifkan notifikasi pada setiap aplikasi. Sama hal nya dengan wallpaper yang digunakan, wallpaper yang bergerak tentu menguras lebih banyak daya  smartphone anda.

Apakah mematikan GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth membuat baterai tidak cepat habis, ternyata Penggunaan tiga aplikasi itu menguras banyak baterai jika memang digunakan

6. Jangan Menggunakan Smartphone pada saat di Charger.

Lagi-lagi kegiatan yang bisa merusak kesehatan baterai yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah mengoperasikan smartphone ketika  masih dalam keadaan di charger.

Hal ini sangat mudah menurunkan performa dari baterai yang dimiliki. Cara Merawat Baterai Hp agar awet bisa dilakukan dengan tidak menggunakan smartphone ketika di charger. Hal ini bisa membantu performa baterai agar tetap bagus.

Cara lain untuk menghemat daya yaitu dengan mengatur mode pesawat. Dimana saat anda berada di daerah yang tidak terpapar oleh jaringan mobile dari operator yang digunakan.

Baca Juga : Cara Merawat Laptop

Karena jarak smartphone ke BTS operator yang kamu gunakan juga memengaruhi umur baterai. Semakin jauh dari BTS, semakin smartphone bekerja keras untuk mencari sinyal. Tujuan dari mengatur mode pesawat yaitu agar daya baterai tidak terbuang sia-sia.

Baterai pada setiap perangkat smartphone memiliki kapasitas yang berbeda, namun umumnya kapasitas dari baterai disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Daya yang dimiliki baterai tidak bisa digunakan untuk selamanya, melainkan ada batas waktunya. Kendati demikian, beberapa baterai smartphone memiliki daya yang cukup lama bahkan berhari-hari pada posisi standby. 

Sebaiknya gunakan wallpaper statis untuk menghemat baterai. Atau bisa juga menggunakan wallpaper warna hitam, karena wallpaper berwarna cerah juga dapat menguras baterai.

Beberapa kegiatan yang menjadi faktor utama rusaknya performa dari baterai smartphone, bisa diminimalisir dengan tips tersebut dengan tujuan agar baterai smartphone tetap awet. Selain cara tersebut, hindari hal-hal yang bisa menjadi penyebab eksternal yang dapat memengaruhi perfoma baterai. Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *