TrikMerawat Extraordinary Man!

Sobat Milenials Harus Tahu, Inilah Cara Merawat Baterai Hp Non Removable

4 min read

Cara Merawat Baterai Hp Non Removable

Sobat Milenials pasti sudah tahu jika smartphone saat ini kebanyakan memakai baterai non removable atau tanam. Baterai tanam membuat tampilan smartphone menjadi lebih tipis dan trendy.

Meski memiliki banyak kelebihan, jika baterai rusak kamu akan kesulitan untuk mengantinya. Nah, daripada kegiatan bermain gadgetmu terganggu yuk simak cara merawat baterai hp non removable berikut.

Cara Merawat Baterai Hp Non Removable Agar Tahan Lama

1. Pastikan Mengunakan Charger Original

Setiap kita membeli ponsel, pasti sudah dibekali dengan charger bawaannya. Charger tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan ponsel kamu.

Jika kamu menginginkan smartphone kamu memiliki daya baterai yang tangguh maka, sebaiknya kamu melakukan pengisian daya dengan mengunakan charger original. Dengan charger bawaan jelas lebih aman dan pengisian lebih efektif.

Baca Juga : Cara Merawat Baterai HP Lepas

Mungkin smartphone kamu bisa melakukan pengisian daya dengan segala macam charger. Namun, apakah kamu sudah memastikan bahwa arus listrik sudah sesuai dengan smartphone kamu?

Tahukah Kamu? Sekarang kamu tidak perlu khawatir ketika mengisi daya semalaman, karena Smartphone sekarang sudah cukup pintar untuk menghentikan pengisian daya ketika baterai sudah penuh

Jika tidak maka baterai bisa cepat rusak karena arus yang diberikan tidak sesuai dengan kebutuhan baterai ponsel kamu. Maka pastikan kamu melakukan cara merawat baterai hp non removable dengan mengisi daya mengunakan charger bawaan.

2. Pastikan Cek Temperatur Baterai

Smartphone kamu memiliki temperatur tertentu yang dibutuhkan, untuk itu pastikan kamu mengetahui jika temperatur smartphone yang sesuai yaitu 18 hingga 35° celcius.

Temperatur yang terlalu rendah akan membuat baterai kamu mengalami penurunan kapasitas. Sementara jika terlalu panas akan merusak bagian dalam smartphone kamu. Sebaiknya kamu menyimpan gadget kesayangan pada tempat yang sejuk.

Baca Juga : Cara Merawat Jam Tangan Warna Emas

Kamu juga harus memastikan untuk tidak menyimpan smartphone pada tempat yang memiliki suhu tinggi, misalnya meletakkan di atas mesin yang sedang bekerja.

Jika kamu melakukannya maka temperatur ponsel kamu akan meninggi. Saat sedang keasikan bermain ponsel pastikan kamu memberi jeda waktu agar ponsel kamu bisa beristirahat. Hal ini sebaiknya kamu lakukan jika tidak ingin menganti smarthpone kesayangan dengan yang baru.

3. Isi Baterai Saat Dibwah 20 Persen

Tidak jarang beberapa orang mengisi baterai penuh padahal daya smartphone masihlah banyak dan mencabutnya beberapa jam kemudian. Kebiasaan tersebut ternyata tidak masuk cara merawat baterai hp non removable dengan benar dan sebaiknya tidak dilakukan.

Kamu juga tidak disarankan untuk membiarkan baterai hingga habis dan mati. Kebiasaan kebiasaan ini akan membuat umur dari baterai tidak panjang dan dayanya tidak maksimal.

Waktu pengisian yang dianjurkan adalah saat smartphone kamu mencapi daya 20%. Kamu harus segera mengisinya dan mengunakan charger original.

Baca juga : Cara Merawat Laptop

Kamu boleh mengunakan powerbank dalam keadaan darurat namun tetap tidak boleh terlalu sering. Karena daya pada powerbank tidak stabil yang bisa membuat smartphone kamu dalam bahaya.

4. Hindari Overcharge

Kebiasaan lain yang membuat baterai smartphone cepat rusak adalah mengisi daya saat akan tidur dan baru mencabut saat pagi hari. Itu artinya smartphone mengalami overcharging yang sangat tidak disarankan jika kamu ingin baterai smartphone kamu awet.

Saat ini smartphone memang dibekali dengan kemampuan memutus daya jika pengisian sudah mencapi 100 persen. Namun bukan berarti kamu bisa membiarkan berjam-jam.

Melakukan overcharge akan membuat baterai mengelembung, cepat habis bahkan  hingga meledak. Tentunya kamu tidak ingin hal tidak diinginkan terjadi pada baterai tanammu bukan?

Kamu juga harus memperhatikan jika sering melakukan pengisian daya lewat mobil terlalu sering, karena daya dari aki mobil yang tidak stabil bisa membuat baterai kamu menjadi tidak awet.

5. Hindari Mengunakan Smartphone Sambil Mencharger

Cara merawat baterai hp tanam agar tetap awet adalah dengan tidak mengunakannya saat sedang pengisian daya. Memang kebiasaan ini sangat menyenangkan, kegiatan scrolling instagram jalan, pengisian daya pun juga jalan.

Sayangnya hal menyenangkan ini tidak baik untuk kesehatan baterai smartphone kamu. Baterai kamu akan cepat panas dan cepat rusak. Sebaiknya kamu mematikan ponsel atau merubahnya pada airplane mode saat sedang melakukan pengisian daya.

6. Batasi Bermain Game

Saat ini banyak sekali game yang bisa dimainkan di smartphone kamu, mulai dari yang online hingga offline. Kalau kamu termasuk salah satu orang yang gemar bermain game maka kamu harus membatasi waktu bermain game jika ingin bateraimu tahan lama.

Hal ini karena mobile game membutuhkan hampir seluruh kemampuan ponsel kamu. Itulah mengapa smartphone kamu menjadi lebih cepat panas saat digunakan bermain game.

Baca Juga : Cara Merawat Air Cooler

Meskipun beberapa smartphone memang didesign dengan kemampuan game yang mumpuni namun kamu juga harus tetap memberi jeda waktu saat bermain game.

Selain agar kamu tidak kecanduan game, smartphone kamu juga memiliki daya yang lebih stabil. Bukan hanya itu baterai tanam kamu menjadi tahan lama dan menghemat budget karena tidak mengeluarkan biaya untuk perbaikan jika baterai rusak.

7. Mengisi Daya Penuh Saat Tidak Digunakan

Jika kamu berencana tidak mengunakan smartphone dalam jangka waktu yang lama maka sebaiknya kamu melakukan anjuran cara merawat baterai hp non removable atau tanam dengan mengisi dan mematikan ponsel setelahnya.

Cara ini akan membuat smartphone siap saat akan digunakan dan tahan lama saat kamu membutuhnya. Kamu juga harus melakukan pengisian daya secara rutin 2 hingga 3 minggu sekali agar baterai smartphone kamu tidak cepat aus.

8. Mematikan Smartphone Secara Berkala

Kaum millenial menjadi kaum yang tidak bisa dipisahkan dengan smartphone. Saat akan tidur kebanyakan pasti meluangkan waktu membuka berbagai aplikasi di smartphone hingga tidak jarang sampai ketiduran.

Apakah jika Baterai rusak dan dimasukkan ke dalam Freezer akan memperbaiki Baterai? Kondisi dingin tidak akan memberi pengaruh apapun terhadap baterai. Apalagi, baterai jenis Li-Ion bisa rusak baik karena suhu dingin ataupun panas.

Smartphone yang dibiarkan menyala setiap saat, menyebabkan baterai cepat aus dan tidak tahan lama. Maka kamu sebaiknya mengurangi kebiasaan tersebut dan mematikan saat tertidur.

9. Sortir Aplikasi Yang Terinstall

Beberapa diantara kamu pasti ada yang sering menginstall aplikasi kemudian mencoba sekali dan tidak dibuka lagi. Tidak jarang kamu akan menemukan notification bahwa memory penuh.

Kebiasaan ini ternyata tidak hanya berpengaruh untuk memory namun juga untuk baterai smarphone kamu. Sebaiknya kamu mengurangi aplikasi yang tidak dibutuhkan agar baterai tidak terkuras dayanya karena, bisa jadi aplikasi tersebut tetap berjalan tanpa kamu sadari.

10. Memasang Aplikasi Pendukung Kesehatan Baterai

Selain menjaga baterai smartphone dengan mengurangi kebiasaan buruk pemakaian, kamu juga bisa menginstall aplikasi untuk mendukung kesehatan baterai sebagai cara merawat baterai hp non removable agar tetap awet.

Banyak sekali berbagai aplikasi yang bisa kamu unduh untuk menjaga daya tahan dan performa baterai smartphone kamu. Tidak hanya itu dengan aplikasi tersebut kamu juga bisa mengetahui arus yang masuk ke dalam baterai smartphone.

Baca juga : Cara Merawat Jam Automatic

Baterai tanam pada smartphone bisa cepat rusak dan tidak tahan lama akibat dari kebiasaan buruk dalam pemakaian. Untuk itu agar baterai smartphone kamu tetap awet maka kebiasaan tersebut harus mulai di kurangi dan di hilangkan.

Jika baterai kamu rusak, maka harus mengeluarkan biaya untuk service bahkan menganti smartphone dengan yang baru. Kebiasaan memang susah dihilangkan, tapi kamu tidak akan tahu jika tidak mencoba.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *