TrikMerawat Extraordinary Man!

Cara Merawat Aglaonema Supaya Subur dan Cantik

3 min read

cara merawat aglaonema

Memiliki pekarangan dan halaman rumah yang sejuk serta asri akan mempengaruhi ketenangan psikologis penghuninya. Itulah mengapa banyak orang yang rela merogoh kantongnya hanya untuk membeli tanaman hias.

Salah satu tanaman hias yang sedang digemari adalah aglaonema. Agar tumbuhan tersebut bisa berkembang dengan baik Anda harus tahu cara merawat aglaonema secara tepat.

Tanaman hias selain berfungsi sebagai penyejuk udara dengan menghasilkan oksigen juga untuk penyedap pandangan mata. Hanya dengan melihat kecantikan dari tanaman hias yang tumbuh subur orang akan merasa bahagia.

Secara tidak langsung hal tersebut akan membuat kondisi psikologis menjadi lebih sehat dan jauh dari stres.

Bunga aglaonema selain cantik juga memiliki nilai jual yang bagus sehingga cocok untuk dijadikan ladang bisnis. Nama lain dari tanaman ini adalah Sri Rejeki yang disebut juga sebagai ratunya tanaman.

Sehingga memang sangat penting mengetahui bagaiamana cara merawat aglaonema sebagaimana yang dijelaskan berikut ini.

Cara Merawat Aglaonema dengan Mudah


Media Tanam

Cara merawat tumbuhan aglaonema bisa dimulai dengan memperhatikan apa yang menjadi media tanamnya. Secara umum media tanam yang digunakan ada 4 dengan karakter masing-masing. Keempat media tanam tersebut adalah :

  • Sekam bakar dengan sifat steril dan tahan lama hanya saja kurang penyerapan.
  • Pakis yang bersifat bagus untuk pertumbuhan akar karena memiliki drainase dan daya serap air yang bagus.
  • Pasir malang dengan karakter akan mencegah media menjadi sangat basah atau menghindarkan terjadinya genangan air.
  • Cocopead merupakan hasil olahan dari serabut kelapa dan bisa menahan air.

Agar tumbuhan tersebut bisa tumbuh dan berkembang dengan baik sesuaikan kondisi dengan jenis media tanamnya.

Tahukah Kamu? Aglaonema Pride Of Sumatera merupakan salah satu jenis tanaman Aglaonema yang cukup mahal dipasaran.

Cara Menyiram

Mayoritas tumbuhan akan menjadi layu dan kering kalau tidak disiram secara rutin. Tetapi kalau Anda menanam aglaonema jangan sembarangan saat akan menyiramnya. Cara merawat aglaonema yang benar adalah dengan memperhatikan jenis air yang digunakan untuk menyiram.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Lidah Buaya

Sesuaikan jumlah air dengan jenis media tanam yang digunakan serta hindari adanya kaporit didalamnya. Air yang mengandung kaporit akan membuat warna dari tanaman hias tersebut lama-lama menjadi tidak cerah.

Disarankan untuk mempergunakan air dari sumur untuk menyiram tanaman aglaonema tersebut.

Cara Memupuk

Selain menyiram hal yang tak kalah penting untuk dilakukan agar tanaman bisa subur dan tumbuh dengan baik adalah pemupukan. Begitu juga dengan tanaman aglaonema ini.

Kalau ingin tanaman hias tersebut bisa berkembang dengan baik Anda harus tahu bagaimana memupuknya dengan benar.

Dalam cara merawat aglaonema yang benar, pemupukan dilakukan 2 minggu sekali dan lakukan dengan rutin. Jenis pupuknya juga tidak asal agar hasilnya maksimal.

Gunakan salah satu dari beberapa jenis pupuk ini yaitu NPK, Gandasil D, Hyponex, Vitabloom atau Growmore.

Pemberantasan Hama dan Penyakit

Salah satu penyebab tumbuhan kurang maksimal dalam perkembangannya adalah karena adanya hama dan penyakit. Untuk itulah kegiatan pemberantasan hawa serta penyakit ini menjadi hal yang tidak kalah pentingnya. Pada umumnya hama yang menyerang aglaonema adalah jamur fusarium.

Gunakan pembasmi hama jenis fungisida untuk mengatasi masalah tersebut. Hanya saja yang perlu diingat gunakan secukupnya saja jangan terlalu banyak. Penggunaan fungisida yang terlalu banyak justru akan mengganggu pertumbuhan.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Bonsai

Pemberantasan ulat juga termasuk dalam cara merawat aglaonema secara benar dan tepat. Mengapa demikian? Karena ulat juga merupakan jenis hama yang sering mengganggu aglaonema.

Untuk mengatasinya cukup singkirkan binatang tersebut dari batang tanaman. Atau juga bisa menggunakan air sabun untuk menyemprotnya. Tapi jangan terlalu kental dalam membuat larutan air sabun tersebut.

Menjaga Kilau Daun

Tanaman hias ini memiliki daya tarik yang terletak pada daunnya sehingga perlu dirawat agar selalu berkilau. Caranya cukup mudah yaitu gunakan susu, ampas dari kelapa dan air.

Kemudian campurkan ketiga bahan tersebut dan usapkan pada daun. Anda bisa memakai spon untuk mengusapkannya pada daun aglaonema. Cara yang efektif dan mudah dalam cara merawat aglaonema terutama daunnya.

Dengan melakukan cara di atas maka tanaman hias aglaonema yang Anda tanam akan bisa berkembang dengan bagus dan subur. Kalau Anda akan menjualnya harganya juga pasti akan tinggi.

Menghasilkan bunga dari tumbuhan aglaonema tidak hanya sebatas pada cara perawatannya saja. Anda juga harus tahu bagaimana tahapan menanamnya yang benar. Lihat penjelasannya berikut ini.

Tanaman Aglaonema merupakan tanaman yang memiliki banyak jenis yaitu sekitar 30 spesies yang berbeda-beda

Tahapan Menanam Aglaonema


Dengan Biji

Selain bagaimana cara merawat aglaonema dengan benar, untuk menghasilkan tumbuhan yang bagus Anda harus tahu bagaimana menanamnya.

Yang pertama bisa dilakukan dengan biji. Sebagaimana penanaman tumbuhan dari biji pada umumnya, pilihlah biji yang berasal dari tanaman induk yang sudah cukup umur.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Anthurium Jemani

Cara pengembangbiakan secara generatif ini sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu memilih tanaman indukan yang sudah tua kemudian ambil bijinya.

Sebelum dilakukan penanaman lakukan perendaman pada biji tersebut selama 2 hingga 3 jam agar kecambah bisa cepat tumbuh.

Dengan Stek

Cara pengembangbiakan tanaman melalui stek juga cukup populer dilakukan. Stek adalah cara vegetatif dengan menanam bagian pucuk dari tumbuhan aglaonema tersebut.

Tetapi tentu saja tidak sembarang batang bisa digunakan untuk stek. Hanya batang yang kokoh dan setidaknya mempunyai 4 daun tersisa agar bisa tetap bertahan hidup.

Untuk bisa mendapatkan indukan dengan batang yang bagus Anda memang harus melakukan cara merawat aglaonema secara tepat. Setelah mendapatkan batang yang kokoh gunting bagian pucuknya sepanjang 6-7 ruas dengan hati-hati.

Kemudian tanam pucuk pada tempat yang teduh. Kelemahan dari cara stek ini adalah nantinya pada batang yang diambil pucuknya akan jadi bercabang.

Dengan Cangkok

Cara pengembangbiakan aglaonema melalui cangkok pada dasarnya tidak sulit dilakukan hanya butuh ketelitian saja. Seperti pada cara merawat aglaonema, saat mencangkoknya Anda juga harus telaten dan hati-hati.

Karena jika cara mencangkoknya salah yang akan didapatkan bukan tanaman baru melainkan tumbuhan indukan yang membusuk.

Pertama pilihlah dulu batang buat cangkokan yang bagus yaitu yang warnanya cokelat dan terlihat kokoh. Cirinya adalah tanaman mudah gugur atau rontok saat disentuh, itu adalah jenis batang indukan yang tepat. Setelah itu kelupas pada kulit batangnya sehingga terlihat bagian dalamnya yang berwarna putih.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Anggrek

Setelah itu lapisi batang dengan sekam, pasir malang, humus serta pakis menggunakan perbandingan 1:5:2:2. Jangan lupa berikan lubang sirkulasi pada plastik pembungkus batang dan siram atau semprot 2-3 kali sehari. Tunggu selama 3-4 minggu untuk mendapatkan tanaman baru.

Dengan Anakan

Selain menggunakan cara yang telah disebutkan di atas, penanaman atau pengembangbiakan aglaonema bisa juga dilakukan melalui anakannya. Selama Anda melakukan cara merawat aglaonema yang benar pasti akan mendapatkan anakan yang bagus.

Cari anakan yang sudah mekar daunnya atau sudah tidak tergulung. Pastikan indukan sudah kuat akarnya yaitu warnanya putih serta gemuk.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *