Kucing Cara Merawat Hewan

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Cepat Kilat, Mudah dan Aman

cara menghilangkan kutu kucing
Written by Josua Rifandy

Kucing merupakan hewan peliharaan dengan tingkah lucu yang paling banyak dipelihara. Memelihara kucing sangat menyenangkan, akan tetapi juga perlu perawatan yang cukup ekstra. Terlebih ketika terserang kutu. Maka catlovers harus segera melakukan cara menghilangkan kutu kucing dengan cepat.

Kutu pada tubuh kucing memang sudah biasa, hanya saja jika dibiarkan maka akan semakin banyak hingga menimbulkan penyakit yang serius. Cara menghilangkan kutu kucing sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan alami maupun obat kutu yang bisa dibeli di petshop. Apabila kutu belum terlalu parah, catlovers dapat menanganinya sendiri di rumah.

Penyebab kucing terserang kutu dikarenakan oleh beragam faktor. Baik itu faktor lingkungan, maupun karena penularan dari kucing lainnya. Untuk mengetahui cara menghilangkan kutu kucing, terlebih dahulu ketahui penyebab mengapa kucing kesayangan bisa terserang kutu.

Baca Juga : 10 Penyebab Mata Kucing Berair dan Cara Mengobati dengan Benar

Penyebab Kucing Terserang Kutu


Kucing yang terserang kutu biasanya akan terlihat sering menggaruk tubuhnya dengan kaki. Kutu yang hinggap di bulu kucing juga bisa dilihat dengan mata telanjang manusia. Berbentuk sangat kecil dengan warna hitam dan biasanya terlihat melompat dan bersembunyi di balik bulu kucing.

Kucing terserang kutu disebabkan oleh beberapa hal. Adapun penyebabnya adalah sebagai berikut. 

1. Berasal dari Tikus

Berasal dari Tikus
(Sumber: Gerava.com)

Bagi yang memiliki kucing dan sering terlihat aktif menangkap tikus-tikus di rumah, perlu diwaspadai bahwa bisa jadi kucing terserang kutu melalui perantara tikus.

Hewan pengerat satu ini selain dapat menularkan penyakit, juga sebenarnya dapat menularkan kutu pada kucing. Apabila di rumah menemukan banyak sekali tikus berkeliaran, maka perlu segera dibasmi karena akan sangat berbahaya bagi kucing kesayangan.

2. Berkunjung ke Dokter Hewan

Kucing terserang kutu bisa disebabkan karena kunjungan ke dokter hewan. Biasanya di tempat dokter hewan menjadi tempat berkumpulnya berbagai jenis kucing, baik yang sehat, sakit, bersih, maupun yang berkutu.

Ada kemungkinan kutu ditularkan dari kucing-kucing lain yang ditemui saat ke dokter hewan. Apalagi jika kucing menjalani perawatan di dokter hewan. Kemungkinan tertular kutu cukup tinggi.

3. Melalui Perantara Manusia

Meskipun sangat jarang terjadi, akan tetapi penularan kutu pada kucing kesayangan bisa melalui perantara manusia. Kutu dapat menggunakan manusia sebagai perantara perpindahan dari satu kucing ke kucing lain, atau dari satu lingkungan ke lingkungan lain.

Tips Cara Menghilangkan Kutu Kucing Ampuh


Apapun penyebab munculnya kutu pada kucing, tetap tidak disarankan untuk dibiarkan terlalu lama. Kutu kucing bisa berkembangbiak dengan cepat dan akan semakin membuat kucing kesayangan menjadi tidak nyaman hingga menimbulkan penyakit.

Oleh karena itu wajib untuk melakukan penanganan dengan segera supaya serangan kutu tidak semakin parah. Menangani kutu kucing bisa dengan melakukan tips-tips berikut.

Baca Juga : Solusi Ampuh Cara Mengobati Flu Kucing Dijamin Cepat Sembuh

1. Sampo Khusus Kucing

Sampo Khusus Kucing
(Sumber: My-best.id)

Cara menghilangkan kutu kucing yang pertama adalah dengan menggunakan sampo khusus kucing. Pilihlah sampo yang tidak hanya dapat membuat bulu-bulu kucing menjadi indah terawat, tapi juga ampuh untuk membasmi kutu yang bersarang.

Sampo khusus kucing bisa didapatkan dengan mudah di petshop. Hindari memilih sampo dengan aroma parfum yang terlalu kuat. Sebaliknya pilih yang memang memiliki kandungan untuk membasmi kutu.

Hindari menggunakan sampo manusia pada kucing untuk alasan apapun. Selain karena tidak akan ampuh membasmi kutu, sampo manusia juga dapat menyebabkan kerusakan pada bulu kucing akibat kandungan bahan kimianya yang tidak sesuai.

Mandikan kucing secara rutin dengan sampo khusus. Jangan lupa untuk mengeringkan tubuh kucing dengan handuk dan menjemurnya di bawah sinar matahari pagi untuk memaksimalkan pembasmian kutu di tubuhnya.

2. Minyak Telon

Siapa sangka bahwa cara menghilangkan kutu kucing dengan minyak telon ternyata cukup ampuh dilakukan. Minyak telon yang biasanya digunakan untuk bayi ini ternyata kerap dijadikan sebagai obat membasmi kutu kucing.

Minyak telon dipercaya dapat menghilangkan kutu kucing secara alami dan ampuh. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan minyak telon ke tubuh kucing secukupnya saja. Jangan terlalu banyak sampai membuat tubuh kucing menjadi basah karena pasti akan dijilat oleh kucing.

3. Air Cuka

Catlovers dapat membuat sendiri obat semprot kutu kucing dengan menggunakan air cuka. Cara membuatnya mudah sekali.

Buat obat semprot kutu kucing secara alami dengan mencampurkan air cuka dengan air biasa, dengan perbandingan komposisinya 50 : 50. Campuran tersebut dipanaskan dengan api sedang, kemudian dimasukkan ke dalam botol untuk disemprotkan pada kucing.

Pemberian obat semprot dari air cuka ini jangan terlalu banyak dan terlalu sering, lakukan secukupnya saja.

4. Air Lemon

Cara menghilangkan kutu kucing secara alami juga dapat dengan menggunakan perasan lemon. Lemon bisa ditemukan dengan mudah di pedagang sayur, di supermarket maupun di pasar tradisional.

Lemoj yang digunakan pilih yang ukuran sedang. Kemudian lemon dipotong menjadi 4 bagian, lalu peras hingga airnya keluar. Campurkan perasan lemon tersebut ke dalam air yang mendidih. Biarkan semalaman, lalu keesokan harinya saring dan masukkan ke dalam botol semprot.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan disemprotkan ke tubuh kucing, setelah itu kucing dimandikan.

5. Cuka Apel

Selain menggunakan perasan air lemon, cara menghilangkan kutu kucing secara alami juga dapat dengan menggunakan bahan berupa cuka apel.

Cara membuat obat semprotan kutu kucing dengan cuka apel hampir sama dengan menggunakan bahan air cuka.

Cuka apel yang memiliki sifat asam yang dapat membantu menghilangkan kutu kucing ini dapat dicampur dengan air biasa dengan komposisi 2 : 1. Lalu gunakan dengan cara disemprotkan pada tubuh kucing secara menyeluruh dengan dosis secukupnya saja.

6. Jus Lidah Buaya

Mungkin cara ini akan terdengar sedikit aneh, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Banyak yang sudah membuktikan bahwa cara ini cukup ampuh dalam membasmi kutu kucing secara alami. Meski begitu catlovers harus sedikit repot dalam membuatnya.

Pertama dengan menyediakan lidah buaya, cabe rawit serta air biasa. Campurkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan hingga menjadi jus. Kemudian saring jusnya ke dalam botol semprot.

Air saringan dari jus lidah buaya inilah yang digunakan untuk membasmi kutu kucing.

7. Obat Kutu

Tidak punya waktu untuk membuat ramuan obat semprot sendiri, maka solusinya adalah beli obat kutu kucing yang dijual di pasaran. Harga obat kutu kucing sangat terjangkau, dan mudah ditemukan di mana saja.

Belilah obat kutu khusus kucing di petshop, atau secara online. Biasanya dijual dalam bentuk semprotan, yang cara menggunakannya cukup disemprotkan ke tubuh kucing, dibiarkan sebentar, kemudian kucing dibilas dengan air. Salah satu merk obat kutu kucing yang disarankan adalah Fluffy Cat.

Baca Juga : Tutorial Cara Memandikan Kucing Sendiri di Rumah

8. Vaksin

Vaksin
(Sumber: Sehatq.com)

Cara lebih praktis dan efektif adalah dengan diberi vaksin. Kunjungi dokter hewan terdekat untuk mendapatkan suntik vaksin anti kutu dari dokter.

Selain itu catlovers juga bisa melakukan konsultasi pada dokter hewan mengenai penanganan kutu kucing dengan saran terbaik.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghilangkan kutu kucing dengan mudah dan cepat. Semoga ampuh untuk kucing!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment