Tanaman Pangan Cara Merawat Tanaman

Trik Merawat dan Cara Menanam Sirih Cina yang Benar Lengkap

Sirih Cina
Written by Josua Rifandy

Siapa sih yang tidak ingin menanam tumbuhan unik, menarik, indah, sekaligus memiliki khasiat untuk kesehatan? Kenapa tidak mencoba daun sirih cina saja? Secara umum, daun yang juga dikenal sebagai sirih cina atau ketumpang ini memiliki nama latin Peperomia pellucida. Merupakan tanaman terna kecil yang biasa tumbuh pada satu musim, tumbuhan ini memiliki sistem perakaran yang cenderung dangkal. Selain itu, tanaman sirih cina kerap tumbuh liar di tepian sungai atau danau yang notabene memiliki tanah lembab.

Baca Juga : Panduan Lengkap Cara Menanam Daun Bawang untuk Pemula

Manfaat Daun Sirih Cina


Karena kandungan antibiotik, anti-inflammatory, dan bersifat analgesik, daun sirih cina banyak dimanfaatkan untuk mengobati sejumlah penyakit. Lebih detailnya ialah sebagai berikut.

1. Obat Abses, Jerawat, Bisul dan Radang Kulit

Daun sirih cina mempunyai kandungan yang bersifat anti-bakteri, sehingga mampu membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Salah satu sifat dari kandungan yang dimiliki daun ini juga bisa mengatasi peradangan pada area kulit yang berjerawat.

Adapun cara penggunaan tanaman ini untuk mengobati abses, jerawat, bisul, dan radang kulit bisa dilakukan dengan mengambil 2 rumpun tanaman sirih dengan tinggi sekitar 7 sampai 10 cm. Kemudian cuci bersih bahan tersebut dan rebus bersama 1,5 gelas air. Tunggu hingga rebusan air menyusut menjadi 1 gelas. Lakukan pengobatan sebanyak 2 kali dalam satu hari dengan dosis yang sama.

2. Obat Sakit Kepala dan Demam

Sakit kepala dan demam juga bisa disembuhkan dengan konsumsi daun sirih cina secara rutin. Cukup dengan merebus 2 batang sirih berukuran 7-10 cm dengan 300 ml air. Dosis untuk minuman ini adalah 2x 1 gelas dalam sehari.

Selain dengan mengkonsumsinya secara langsung, pengobatan ini juga bisa dilakukan dengan menumbuk sekitar 15 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih. Kemudian menempelkannya pada bagian pelipis penderita.

3. Obat Sakit Perut

Obat Sakit Perut
(Sumber: Lifestyle.kompas.com)

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan perut seseorang terasa sakit. Sebut saja salah makan, telat makan, terlalu banyak melakukan aktivitas berat, makan makanan pedas, dan banyak lagi lainnya. Ternyata, rasa sakit perut itu bisa diredakan dengan meminum olahan daun sirih.

Pertama-tama, ambil batang tanaman sirih secukupnya dan tumbuk hingga halus. Setelah itu, peras menggunakan kain bersih dan segera minum hasil perasan tersebut.

4. Obat Luka Bakar

Luka bakar pada tubuh pun dapat disembuhkan dengan daun sirih. Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih cina. Cuci dengan air bersih dan tumbuk hingga halus. Kemudian, tempelkan tumbukan daun sirih tersebut pada area kulit yang terkena luka bakar. Lakukan prosedur ini secara berkala hingga luka bakar berhasil pulih.

5. Obat Sakit Ginjal

Manfaat lain yang ditawarkan oleh daun sirih cina ialah mengobati sakit ginjal. Persis seperti beberapa cara sebelumnya, ambil daun sirih dan cuci hingga bersih. Lalu, rebus bersama 1,5 gelas air. Biarkan hingga air berkurang menjadi 1 gelas saja. Konsumsi olahan sirih ini setiap 2 kali sehari dengan dosis 1 gelas.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Selain dapat mengobati, daun sirih cina bermanfaat sebagai pencegah timbulnya beberapa penyakit dalam tubuh manusia. Salah satunya ialah mencegah penyakit jantung, yang mana merupakan penyakit berbahaya sekaligus mematikan bagi seseorang.

Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan daun sirih memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Dimana kandungan itu dapat mencegah adanya penumpukan kolesterol jahat (LDL) yang bersemayam di dalam pembuluh darah. Seperti yang kita tahu, apabila seseorang memiliki LDL yang tinggi, maka potensi meningkatnya tekanan darah juga tinggi. Kemudian akan berlanjut dengan memicu timbulnya serangan jantung kronis. Dan akhirnya berujung pada kematian.

7. Menurunkan Resiko Diabetes

Pada dasarnya, glukosa atau kadar gula darah dalam tubuh manusia memiliki fungsi sebagai penambah energi. Namun, akan berbeda ceritanya jika kadar gula darah yang dimiliki sangatlah tinggi. Bukannya menambah energi, hal tersebut malah akan menyebabkan gangguan pada organ di dalam tubuh. Kondisi seperti itulah yang kerap disebut sebagai diabetes.

Nah, ternyata daun sirih cina cukup baik untuk mengontrol kadar gula darah seseorang. Sehingga mengkonsumsinya secara rutin, akan menurunkan resiko terkena diabetes.

8. Mengatasi Migrain

Mengatasi Migrain
(Sumber: Gooddoctor.co.id)

Migrain atau sakit kepala, kerap muncul secara mendadak. Kondisi ini terkadang menjadi penanda jika tubuh sedang dehidrasi atau kurang sehat.

Migrain dapat diobati dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih cina secara berkala. Selain akan mengobati masalah migrain, daun sirih cina juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Sehingga tubuh pun tidak lagi mudah terserang penyakit.

Baca Juga : Panduan Cara Budidaya Tanaman Buncis Termudah Bebas Hama

Cara Mudah Menanam Sirih Cina


Berikut ini merupakan langkah mudah menanam daun sirih cina dengan menggunakan bijinya.

1. Siapkan Benih Tanaman

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan benih tanaman. Benih ini bisa didapatkan dari buah sirih yang dikupas. Sebelum menanamnya, pastikan untuk merendamnya dengan air hangat selama 10 hingga 12 jam. Alternatif lain yang bisa dilakukan untuk memperoleh benih tanaman sirih adalah dengan membelinya di toko pertanian.

2. Siapkan Media Tanam

Agar dapat tumbuh dengan subur, tanaman sirih bisa ditanam pada media tanam yang gembur dan cenderung memiliki banyak unsur hara. Oleh karena itu, petani wajib mempersiapkan media tanam yang tepat agar penanaman sirih bisa berhasil.

Tanah wajib dibersihkan dari kotoran dan juga kerikil yang mencampurinya. Kemudian, campurkan tanah tadi dengan sekam padi dan juga pupuk kandang melalui perbandingan 3:2:1. Aduk hingga komponen-komponen tadi tercampur rata.

3. Tanamkan Benih di Media Tanam

Setelah itu, media tanam yang sudah dipersiapkan bisa langsung dimasukkan ke dalam polybag atau pot. Tekan bagian tengah media tanam tersebut dengan jari telunjuk untuk membuat lubang. Perlu diingat, jangan membuat lubang pada pot terlalu dalam atau tanaman sirih tidak akan tumbuh dengan baik. Cukup buat lubang dengan kedalaman sekitar 10 hingga 15 mm.

Lalu, masukkan 1 sampai 2 biji tanaman sirih ke dalam pot. Tutup lubang tanam yang sudah diisi benih dengan tanah yang ada disekitarnya.

Baca Juga : Langkah Cara Menanam Seledri dari Bibit Sampai Panen

4. Melakukan Perawatan

Melakukan Perawatan
(Sumber: Ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com)

Biji sirih yang sudah ditanam dalam pot harus dirawat dengan baik agar tumbuh dengan subur. Pada fase ini, adanya pancaran sinar matahari langsung belum terlalu diperlukan. Oleh karena itu, bibit sebaiknya ditempatkan pada lokasi yang teduh terlebih dulu. Petani dapat menyirami bibit sirih setiap 2 hari sekali guna mencukupi kebutuhan airnya.

Karena sirih masuk ke dalam salah satu jenis tanaman yang tumbuh merambat, maka petani perlu membuat ajir dengan bambu atau tali sebagai sarana bagi tumbuhan sirih cina untuk merambat atau memanjat ke atas. Ajir ini bisa dipasang di dekat tanaman sirih. Lalu, bantulah tanaman ini dalam menggapai ajir itu.

Selain berperan sebagai tanaman obat-obatan, daun sirih cina juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias di taman depan rumah. Misalnya saja dibuat sebagai kanopi asri yang hidup.Itulah beberapa manfaat lengkap dengan cara menanam dan merawat daun sirih cina yang bisa dipelajari.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment