Tanaman Hias Cara Merawat Tanaman

Cara Menanam Cocor Bebek, Pahami Urutan dan Cara Perawatan

cara menanam cocor bebek
Written by Josua Rifandy

Tanaman cocor bebek menjadi satu obat tradisional dengan berbagai khasiat terbaik. Menariknya dari cara menanam cocor bebek ini cukup mudah dan bisa diandalkan untuk banyak keperluan petani sebagai salah satu tanaman obat. Dari sinilah kita bisa melihat bagaimana konsep penting dalam memahami bagaimana urutan dan cara perawatan cocor bebek untuk bisa dibudidayakan.

Dari tampilan cocor bebek ini memang menarik dan menjadi salah satu tanaman herbal dengan berbagai macam manfaat penting. Karena dianggap sebagai salah satu tanaman populer, tentu saja cocor bebek ini bisa dibudidayakan dengan beberapa metode.

Baca Juga : Panduan Lengkap Cara Budidaya Aquaponik untuk Pemula

Cara Menanam Cocor Bebek


Untuk keperluan menanam dan membudidayakan tanaman cocor bebek ini selalu bisa dikembangkan dengan beberapa persyaratan. Karena itu petani perlu mencoba mencermati kembali bagaimana cocor bebek ini bisa dibudidayakan dengan beberapa syarat termasuk bagaimana cara perawatannya agar bisa tetap hidup dalam jangka waktu lama.

1. Pemilihan Bibit Tanaman Cocor Bebek

Pemilihan Bibit Tanaman Cocor Bebek
(Sumber: Shopee.co.id)

Proses mendapat bibit tanaman cocor bebek ini cukup mudah. petani bisa menggunakan teknik stek daun ataupun memanfaatkan dari komponen daun tua di tanaman indukannya. Budidaya cocor bebek ini membutuhkan ketelitian dalam menerapkan semua metode untuk mendapatkan akses bibit cocor bebek hingga akhirnya dapat dijadikan bakalan tanaman cocor bebek.

Pemilihan bibit tanaman cocor bebek bisa dilakukan dengan langkah memilih 2-3 helai daun yang terlihat sudah dewasa bahkan tidak memiliki goresan sama sekali. Langkah berikutnya potong bagian daunnya atau bisa bersama dengan tangkai bagian bawahnya. Jangan lupa proses perendaman di dalam air bercampur auksin dengan rasio 100-200cc auksin dalam satu liter air.

Prosedur pemilihan daun sebagai bakal pembibitan tanaman cocor bebek tidak diperbolehkan ada goresan karena nantinya memberi penentuan hasil pembibitan apakah baik ataupun tidak.

2. Persiapan Lahan Tanaman Cocor Bebek

Persiapan Lahan Tanaman Cocor Bebek
(Sumber: Infoanda82080900.wordpress.com)

Setelah petani memilih bibit tanaman cocor bebek, kemudian tahapan berikutnya adalah persiapkan lahan tanam cocor bebek. Dari sinilah cocor bebek ini menjadi primadona dan untuk mempersiapkan lahan untuk menanam juga terbilang mudah.

Sediakan tanah dengan tekstur gembur namun tidak terlalu kering. Langkah untuk mendapatkan tekstur tanah yang gembur dan tidak kering ini terbilang mudah. Salah satunya gemburkan menggunakan cangkul kemudian tambahkan pupuk kandang atau kompos.

Bila kelembaban air tidak terlalu baik cobalah tambahkan sedikit air dengan cara menyiramnya hingga kadar kelembaban bisa meningkat dalam waktu cepat. Bila petani ingin menanam tanaman cocor bebek ini di dalam media pot, tambahkan pula sekam ke dalam campuran tanah. Usahakan tekstur dari tanah untuk menanam cocor bebek bisa memberi nutrisi lebih lengkap dan bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Baca Juga : Trik Rahasia Cara Menanam Bunga Teratai Agar Tumbuh Subur

3. Tahapan Penanaman Cocor Bebek

Proses penanaman cocor bebek cukup mudah diantaranya meletakkan daun ke dalam media tanam. Posisi dari daun juga harus tegak lurus kemudian timbun bagian bawah menggunakan tanah.

Perhatikan dari bagian permukaan daun yang harus menghadap ke arah sinar matahari. Tujuannya untuk mempercepat proses perkembangan daun hingga bisa ditanam dalam posisi lebih mudah dan efektif.

Setelah posisi daun ditanam dengan tepat, langkah berikutnya tutup pot menggunakan plastik berlubang supaya cahaya yang diterima tidak terlalu besar. Intensitas sinar matahari yang mengenai tanaman cocor bebek perlu diatur. Jangan sampai terlalu berlebihan karena resikonya membuat proses perkembangan dari tanaman cocor bebek ini kurang optimal berkembang.

Prosedur penanaman cocor bebek tidaklah sulit. Namun dari proses penanaman sampai muncul tunas baru bisa memakan waktu sampai 3 minggu. Setelah waktu 3 minggu tanaman cocor bebek tersebut akan muncul dan bisa dikembangkan dengan beberapa metode. Namun, dari proses pembongkaran nutrisi tanah masih membutuhkan waktu sekitar 5 bulanan.

Untuk proses penanaman cocor bebek juga cukup mudah, ditambah lagi proses dari pemindahan tanaman cocor bebek tersebut cukup membutuhkan lahan baru dengan komposisi tanah lebih baik.

4. Proses Perawatan Cocor Bebek

Pada beberapa komponen perawatan cocor bebek juga membutuhkan penambahan nutrisi ataupun penyiraman rutin. Pada dasarnya perawatan cocor bebek ini tidak membutuhkan banyak komponen seperti pupuk ataupun perawatan rumit seperti tanaman lainnya.

Sifat dan karakter cocor bebek ini cukup mudah tumbuh dan proses pertumbuhannya juga lebih cepat. Berbicara soal ketahanan cocor bebek terhadap serangan penyakit tanaman juga masih cukup baik. Sampai akhirnya petani bisa menanam cocor bebek ini dengan tujuan mendapatkan satu tanaman herbal ataupun obat.

Berikut ini ada beberapa langkah tepat dari perawatan cocor bebek yang sebenarnya mudah dilakukan seperti dalam ulasan berikut ini.

a. Lakukan Penyiraman Lebih Rutin

Proses penyiraman menjadi bagian penting yang wajib dilakukan setiap hari. Dalam durasi satu hari perawatan berupa penyiraman ini dilakukan secara rutin dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Penyiraman tanaman cocor bebek ini tidak membutuhkan bahan tambahan seperti pupuk karena cukup dengan menyiram menggunakan air biasa saja sudah dirasa cukup memberi kesegaran pada tanaman cocor bebek.

b. Pemberian Pupuk Cair Organik ataupun Kompos

Pemberian Pupuk Cair Organik ataupun Kompos
(Sumber: Pikiran-rakyat.com)

Pemberian pupuk cair organik bisa menjadi pilihan tepat jika petani ingin mendapatkan nutrisi terbaik. Hampir semua produk pupuk cair bisa dijadikan pilihan tepat meskipun harus bersifat organik. Sedangkan untuk pemberian pupuk kompos juga bisa dilakukan dengan tujuan menambah unsur hara di dalam tanah.

Pemilihan pupuk kompos juga perlu memilih komposisi terbaik salah satunya pupuk kandang dari olahan fermentasi kotoran kambing ataupun dari kotoran sapi. Pemberian pupuk kandang organik bisa dilakukan dua minggu sekali dengan tujuan menambah kualitas dari sebuah proses menanam tanaman cocor bebek.

c. Lakukan Penyiangan di Sekitar Tanaman

Kondisi akar tanaman cocor bebek bisa saja berkembang dalam waktu lebih cepat dari yang petani duga. Dari sinilah petani perlu melakukan penyiangan di sekitar akar tanaman untuk mengoptimasi nutrisi tanah dari pemberian pupuk ataupun pemberian air sebagai nutrisi tambahan.

Penyiangan bisa dilakukan secukupnya ataupun pada kondisi rumput sudah cukup tinggi. Pertumbuhan dari cocor bebek bisa terganggu karena beberapa hal. Salah satunya kondisi sekitar akar tanaman cocor bebek cukup tinggi. Sehingga perlu adanya proses penyiangan yang memang perlu diperhitungkan untuk semua jenis tanaman cocor bebek.

Baca Juga : Trik Merawat dan Cara Menanam Sirih Cina yang Benar Lengkap

d. Pemberian Nutrisi Tambahan

Sebagai pelengkap, petani bisa menambahkan nutrisi dari air cucian beras sesekali agar nutrisi di dalam tanaman cocor bebek bisa lebih lengkap. Dari sinilah petani perlu menggunakan beberapa jenis penambahan nutrisi yang semuanya bersifat sebagai tambahan utama untuk mempercepat perkembangan tanaman cocor bebek.

Segala macam cara menanam cocor bebek memiliki tujuan bisa memperlihatkan perkembangan tanaman lebih baik dan sehat. Sedangkan dari beberapa komponen baru lainnya juga perlu diperhitungkan sebagai solusi untuk mendapatkan perkembangan cocor bebek lebih maksimal. Penambahan air dan nutrisi dari pupuk kompos selalu bisa diperhitungkan sebagai syarat terbaik agar tanaman tidak cepat mati ataupun mengalami penyakit.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment