Anjing Cara Merawat Hewan

Tutorial Cara Memelihara Anjing Mini Pom Lucu dan Sehat

cara memelihara anjing mini pom
Written by Josua Rifandy

Cara memelihara anjing mini pom membutuhkan komitmen dan ketelatenan. Anjing mini pom memiliki ukuran tubuh mungil dengan visual seperti boneka, yang menjadi daya tarik utamanya. Berasal dari Jerman dan Polandia, merupakan anjing yang paling banyak dipelihara di dunia. Anjing mini pom merupakan jenis anjing toy, yang mana masih satu jenis dengan ras anjing Spitz. 

Anjing ini memiliki variasi warna putih, emas, orange, merah, coklat bahkan ada juga anjing mini pom yang memiliki motif garis-garis dan totol-totol hitam. Anjing mini pom memiliki bulu lebat, serta daun telinga yang tegak dan kecil. Karakternya lincah, namun harus dipelihara dengan cara yang benar karena anjing Pomeranian ini cukup rentan terhadap serangan penyakit. 

Baca Juga: Penyebab dan Pengobatan Sakit Batuk Pada Anjing

Panduan Cara Memelihara Anjing Mini Pom 

1. Berikan Makanan yang Bergizi 

cara memelihara anjing mini pom
(Sumber: Akurat.co)

Makanan adalah salah satu faktor mendasar yang mempengaruhi perkembangan dan kesehatan anjing mini pom. Pilihlah makanan anjing yang memiliki kandungan gizi tinggi dan lengkap, serta sesuaikan dengan kesukaan anjing peliharaan. 

Pemberian makan dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari, berikan secukupnya agar anjing mini pom tidak mengalami kelebihan berat badan. Makanan yang diberikan sebaiknya direndam dengan air selama beberapa saat hingga lunak supaya dapat dikunyah dengan mudah oleh anjing kesayangan. Hindari memberikan makanan manusia, karena sudah pasti tidak cocok dengan pencernaan anjing. Apabila ingin memberikan pakan sampingan, sebaiknya berikan snack khusus anjing. 

Pemberian pakan harus seimbang antara makanan basah dan makanan kering. Bisa dengan memberikannya secara bergantian, ataupun dicampur. Untuk anjing mini pom berusia muda atau baru lahir, jangan lupa untuk memberikan susu anjing juga. 

2. Memberikan Kandang 

Anjing mini pom dapat dikandangkan maupun tidak, sesuai keinginan pemiliknya. Tapi untuk anjing mini pom yang berusia muda atau baru lahir, ada baiknya untuk dikandangkan. Kandang yang dipilih pastikan tidak terlalu sempit, sirkulasi udaranya bagus, terhindar dari kebisingan dan hewan buas. Ukuran kandang dapat disesuaikan dengan usia anjing mini pom. Sebaiknya kandang tersebut memiliki ukuran 2 sampai 3 kali lebih besar dari ukuran tubuh anjing supaya anjing dapat bergerak bebas di dalam kandang. 

Di dalam kandang, persiapkan berbagai aksesoris pendukung seperti tempat untuk tidur, litter box, tempat makan minum, dan mainan kesukaan anjing. Kandang harus rutin dibersihkan setidaknya 2 kali dalam seminggu, mengingat anjing mini pom ini biasanya sering buang air sembarangan. Kebersihan kandang harus benar-benar diperhatikan supaya tidak menjadi penyakit bagi anjing mini pom. 

Baca Juga: Cara Memelihara Anjing Herder Agar Jinak, Nurut dan Pintar

3. Mengajak Anjing Bermain 

cara memelihara anjing mini pom
(Sumber: Hewany.com)

Karakter anjing mini pom yang sangat disukai oleh doglovers adalah aktif, lincah dan suka bermain dengan majikannya. Mengajak anjing mini pom bermain bukanlah suatu pilihan, melainkan kewajiban. Pemilik anjing mini pom harus rela meluangkan waktunya barang 3 jam dalam sehari untuk mengajak anjing peliharaan bermain bersama. Memang cukup menyusahkan, terutama bagi yang sibuk, akan tetapi ini merupakan bagian dari cara memelihara anjing mini pom yang tidak boleh terlewatkan. 

Apabila pemiliknya tidak mengajak anjing mini pom bermain bersama, anjing akan menjadi rentan terhadap stress. Untuk menyiasatinya, jika si pemiliknya sibuk, maka mintalah bantuan orang lain untuk mengajak anjing bermain, misalnya teman, pasangan, atau pembantu. 

4. Melatih dan Mengajak Anjing Berolahraga

Karena karakter bawaannya yang lincah dan aktif, pemilik anjing Pomeranian juga tidak boleh melewatkan jadwal latihan dan olahraga anjing kesayangan. Luangkan waktu secara khusus, misalnya saat sore hari maupun pagi hari ketika hari libur. Bawa anjing mini pom keluar ruangan seperti ke pekarangan rumah maupun lapangan, lalu ajak berlari-lari atau menangkap bola atau piring terbang. Dengan begitu anjing mini pom akan tetap sehat dan bugar. 

5. Melakukan Perawatan Tubuh 

cara memelihara anjing mini pom
(Sumber: Moondoggiesmusic.com)

Memiliki visual yang lucu bak boneka, anjing mini pom tentu harus dirawat tubuhnya agar penampilannya tetap menggemaskan. 

A. Memandikan Anjing 

Cara memelihara anjing mini pom supaya penampilannya tetap menarik adalah dengan memandikannya saat anjing terlihat kotor. Mandikan dengan cara yang benar. Yaitu dengan menyediakan bak besar lalu diisi dengan air hangat hingga seper bagian tubuh anjing mini pom. Rendam anjing mini pom ke dalam bak tersebut, lalu siram bagian yang tidak terendam dengan air hangat menggunakan gayung. Hindari bagian kepala terutama mata dan telinga. Berikan sampo khusus anjing sambil dipijat-pijat lembut, terakhir bilas hingga bersih. Segera keringkan anjing mini pom menggunakan handuk atau pengering rambut. 

B. Menyikat Gigi Anjing 

Menyikat gigi anjing juga termasuk bagian dari cara memelihara anjing mini pom. Menyikat gigi anjing berguna untuk menghindari anjing dari infeksi bakteri akibat sisa makanan di sela-sela gigi anjing. Gunakan sikat dan pasta gigi khusus anjing. Lakukan dengan pelan dan hati-hati supaya tidak menyakiti gusi anjing mini pom yang sensitif. 

C. Memotong Kuku  

Perawatan yang ketiga adalah memotong kuku. Anjing pomeranian yang dipelihara di dalam rumah sebaiknya dipotong kukunya secara rutin. Tapi perlu diperhatikan, memotong kukunya jangan terlalu pendek. Potong kukunya menggunakan alat pemotong kuku khusus anjing, menyisakan 4 hingga 5 mm supaya tidak melukai bagian dalam kuku. 

Baca Juga: Sifat Karakter dan Cara Memelihara Anjing Golden yang Benar

D. Membersihkan Telinga Anjing 

Bagian telinga anjing mini pom tidak boleh terlewatkan. Karena bagian telinga tidak ikut dibersihkan saat mandi karena dapat menyakiti anjing, maka harus dilakukan secara terpisah. Yakni dengan menggunakan cotton swab yang sebelumnya dicelupkan ke dalam cairan pembersih telinga non alkohol. Bersihkan dengan hati-hati, terutama di bagian bulu di mana kotoran dapat menumpuk di sela-selanya. 

E. Merawat Bulu 

Bulu anjing mini pom adalah bagian terpenting yang harus dijaga betul-betul oleh pemiliknya. Bulu anjing mini pom sangat lebat dan memiliki 2 lapis. Bulu anjing jenis ini akan sangat mudah kotor dan tidak jarang kotorannya menempel pada bulunya. 

Untuk itu pemilik anjing mini pom harus rajin-rajin merawat bulu anjing peliharaan dengan cara menyisirnya. Sisir yang digunakan adalah sisir khusus rambut anjing setidaknya dilakukan 2 kali dalam sehari. Namun pemilik anjing mini pom tidak boleh menyisir bulunya saat bulu anjing sedang kering. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya percabangan dan pengelupasan lapisan protektif bulu mini pom. Untuk menyiasatinya, gunakan conditioner leave-in yang dicampur air dengan perbandingan 1:9. 

F. Pencegahan Terhadap Kutu 

Cara memelihara anjing mini pom tak luput dari pencegahan kutu. Anjing ini memiliki bulu yang lebat sehingga cukup rentan diserang kutu. Kutu akan membuat anjing kekurangan darah hingga anemia, sehingga pemiliknya wajib melakukan pencegahan. Pencegahan yang dilakukan adalah dengan menggunakan sampo anti kutu yang umumnya terpisah dari shampo mandi. 

6. Memberikan Vitamin 

Jangan lupa memberikan vitamin agar anjing mini pom tetap sehat. Dapat berupa suplemen dorwest herbs, minyak ikan cod, minyak kelapa 1 sendok teh sekali sehari, dan susu yang tidak mengandung laktosa. 

Demikian informasi mengenai cara memelihara anjing mini pom. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba untuk memelihara jenis anjing ini. 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment