Anjing Cara Merawat Hewan

Sifat Karakter dan Cara Memelihara Anjing Golden yang Benar

cara memelihara anjing golden
Written by Josua Rifandy

Cara memelihara anjing golden sebenarnya cukup mudah. Anjing golden retriever meskipun memiliki ukuran badan yang besar, namun jenis anjing ini jinak dan memiliki tingkah yang menggemaskan. Selain dapat menjadi anjing penjaga rumah, golden retriever juga dapat menjadi anjing keluarga karena merupakan anjing yang setia dan pintar. 

Sama halnya seperti anjing peliharaan lainnya, cara memelihara anjing golden tidak jauh-jauh dari menjaga kebersihan, memberikan makan, dan mengajaknya bermain. Meski begitu pemilik harus mengetahui sifat karakter asli dari anjing golden supaya dapat memberikan perawatan yang tepat. 

Memahami Sifat serta Karakter yang Dimiliki Jenis Anjing Golden


Sebelum membahas tentang cara memelihara anjing golden, sebaiknya kenali terlebih dahulu sifat dan karakter dari golden retriever. Anjing golden merupakan jenis anjing yang paling sering dipelihara oleh manusia. Memiliki ukuran tubuh yang besar dan bulu berwarna keemasan yang khas. Golden retriever dikelompokkan dalam 2 tipe, yaitu tipe Amerika dan tipe Inggris. Kedua tipe tersebut sebenarnya memiliki perbedaan yang tidak cukup signifikan, sehingga terlihat sama. 

Golden retriever tipe Amerika memiliki ukuran tubuh yang lebih pendek dan lebih gemuk daripada tipe Inggris. Untuk yang jantan memiliki bahu setinggi maksimal 61 cm, sedangkan yang betina memiliki bahu setinggi maksimal 57cm. Matanya terlihat seperti bentuk segitiga dan cenderung terpisah. 

Sedangkan tipe Inggris memiliki bentuk kepala yang sedikit menyiku, tulangnya besar, serta moncongnya terlihat lebih berat. Golden retriever tipe Inggris memiliki varian garis Amerika, Eropa dan Australis.

Bagaimana Cara Memelihara Anjing Golden?


Baik tipe Amerika maupun tipe Inggris, anjing golden memiliki sifat dan karakteristik umum yang sama. Yang paling utama adalah memiliki kecerdasan tinggi yang dapat dilatih dengan beberapa trik. Sifat ramah kepada siapapun bahkan pada anak-anak juga menjadi salah satu daya tarik golden retriever. Selain itu anjing golden juga sangat setia pada tuannya, mudah berbaur dan bersahabat dengan binatang peliharaan yang lain, tingkahnya menggemaskan, aktif, bertenaga, dan memiliki pembawaan yang ramah sehingga cara memelihara anjing golden sangat mudah dilakukan. 

Inilah cara memelihara anjing golden yang benar: 

Baca Juga: Cara Memelihara Anjing Herder Agar Jinak, Nurut dan Pintar

1. Tidak Usah Menyiapkan Kandang 

Berbeda dari anjing herder yang perlu diberi kandang saat dipelihara sejak kecil, anjing golden tidak perlu dikurung di dalam kandang. Golden retriever adalah jenis anjing yang cerdas, sehingga tidak akan sulit melatihnya untuk buang air di tempat yang sudah disediakan. Anjing golden juga bukan anjing yang agresif, tidak perlu menyediakan kandang. 

Sebagai gantinya, bisa dengan menyediakan rumah anjing atau tempat tidur khusus anjing. Terutama jika anjing golden ditaruh di luar rumah untuk difungsikan sebagai anjing penjaga. Mengandangkan anjing golden hanya akan membuat anjing menjadi stress karena karakternya yang aktif dan suka bermain. 

2. Memberikan Makanan yang Bergizi 

cara memelihara anjing golden
(Sumber: Id.wikihow.com)

Supaya anjing golden tetap sehat dan berusia panjang, sebaiknya pilihlah makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizinya. Hindari memberikan makanan manusia yang pantang dikonsumsi oleh anjing, seperti kismis, almond, coklat dan alpukat. Karena makanan tersebut merupakan beberapa jenis makanan yang beracun bagi anjing. 

Sebaiknya berikan dogfood yang mengandung daging dan vitamin E, sesuaikan dengan usia anjing golden peliharaan. Vitamin E pada makanan anjing dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan meminimalisir kerontokan rambut anjing golden. 

Selain dogfood, anjing golden juga dapat diberikan snack sehat berupa blueberry, ubi rebus, kacang maupun baby carrot. Makanan ini tidak beracun bagi anjing golden justru merupakan makanan sehat untuk menghindari anjing golden peliharaan menjadi kelebihan berat badan. Bisa dibilang snack sehat ini merupakan makanan untuk diet anjing golden retriever. 

3. Mengatur Jadwal Pemberian Makan

Anjing golden dapat mengalami overweight jika pemberian makannya dilakukan tidak teratur dan dalam jumlah banyak. Pemberian makan untuk anjing golden berusia anak-anak tentu saja berbeda. Untuk anak anjing golden berusia 12 minggu, makan diberikan dengan lebih sering yaitu sebanyak 4 kali sehari menggunakan dog food for puppies. Memasuki usia 3 bulan, kurangi pemberian makan pada anjing golden dan cukup berikan sebanyak 3 kali dalam sehari. Ketika anjing golden memasuki usia 6 bulan sampai 1 tahun, berikan makannya cukup 2 kali sehari. Berikutnya jika usianya sudah 1 tahun lebih, pemberian makannya cukup dilakukan 1 kali dalam sehari menggunakan dogfood dewasa. 

4. Jangan Lupa Sediakan Selalu Air Minum 

Cara memelihara anjing golden selanjutnya adalah dengan memberinya air minum. Anjing golden juga membutuhkan air minum. Sediakan air bersih dalam mangkuk berbahan stainless steel. Jangan lupa untuk sering-sering menggantinya setidaknya satu kali dalam sehari, untuk menjaga kebersihan air minumnya. Kalau air minumnya mulai habis, segera isikan kembali supaya anjing golden tidak mengalami dehidrasi. 

5. Mengajak Anjing Golden Beraktivitas Seperti Olahraga

cara memelihara anjing golden
(Sumber: Gerava.com)

Anjing golden merupakan anjing yang aktif. Pastikan untuk selalu meluangkan waktu mengajak anjing berolahraga bersama, ini merupakan cara memelihara anjing golden yang tidak boleh terlewatkan. Terutama jika anjing golden masih berusia muda. 

Ajak untuk melakukan olahraga ringan, seperti rutin mengajak jalan-jalan pagi dan sore selama setidaknya 30 menit. Selain membuat anjing golden sehat, rutin berolahraga juga akan menghindari anjing dari stress. 

Baca Juga: Penyebab dan Pengobatan Sakit Batuk Pada Anjing

6. Mengajak Anjing Bersosialisasi 

Sambil jalan-jalan untuk olahraga, bisa sekaligus mengajak anjing golden bersosialisasi dengan tetangga atau orang-orang yang tinggal di sekitar tempat tinggal. Tujuannya supaya anjing golden dapat mengenali lingkungannya dengan baik, terlebih anjing golden memang memiliki karakter yang ramah pada siapapun. Bersosialisasi sebaiknya dilakukan sejak anjing golden masih muda. 

7. Mengajarkan Berenang 

cara memelihara anjing golden
(Sumber: Pixabay.com)

Cara memelihara anjing golden juga bisa dilakukan dengan mengajarinya berenang. Anjing golden memiliki kelebihan yaitu tidak takut air, sehingga anjing jenis ini mampu untuk berenang. Namun tetap pemiliknya harus mengajarkannya sejak dini dan membiasakannya. Apabila memiliki kolam renang sendiri, bisa dengan mengajak anjing golden berenang bersama diselingi dengan permainan air yang menyenangkan. Kalau tidak, ajak anjing golden ke danau atau kolam dengan air tenang dan aman bagi anjing untuk leluasa berenang supaya terbiasa. 

8. Mengajarkan Beberapa Trik Dasar dan Mengajak Bermain Tangkap-tangkapan 

Cara memelihara anjing golden adalah dengan mengasah kecerdasannya melalui trik dan perintah dasar. Seperti berbaring, duduk, diam, dan sebagainya. Ajarkan dengan penuh kasih sayang dan sabar. Jangan membentak atau melakukan kekerasan pada anjing golden. Sebaliknya, berikan pujian, atau snack, atau pelukan. Feedback positif akan membuat anjing golden lebih mudah untuk dilatih perintah dasar. Supaya anjing golden tetap aktif dan energik meskipun di dalam rumah, sebaiknya ajak untuk bermain menggunakan piring terbang atau bola tenis yang dilempar supaya ditangkap oleh anjing golden. 

Baca Juga: Mengenal Karakter Ras Anjing Beagle dan Cara Perawatannya

9. Menjaga Selalu Kebersihan dari Tubuh Anjing Golden 

Rawat anjing golden supaya tidak mudah terserang penyakit. Seperti dengan rajin menyikat rambutnya setiap hari, hindari mencukur rambut anjing golden, membersihkan telinga, memotong kuku, dan menyikat gigi anjing golden. 

Demikian informasi mengenai cara memelihara anjing golden. Semoga dengan mengetahui informasi ini, Anda bisa memelihara anjing golden dengan benar dan tepat. 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment