Josua Rifandy Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Skuy Raih Mimpi Mu.

Fakta Lengkap Burung Sun Conure: Jenis, Harga dan Cara Merawatnya

4 min read

Burung Sun Conure

Burung Sun Conure atau dikenal juga sebagai parkit matahari adalah burung parrot yang memiliki ukuran tubuh sedang dan paruh bengkok.

Warna bulunya yang cantik dan menarik tentunya menjadi daya tarik sendiri bagi para pecinta burung hias. Selain itu, burung Sun Conure juga memiliki kemampuan untuk menirukan berbagai macam suara.

Jenis-jenis burung Conure


Sun Conure sendiri adalah salah satu jenis burung Conure yang paling banyak dikenal karena warna bulunya yang cantik. Setidaknya ada 5 jenis burung Conure lain yang juga tak kalah menariknya.

Berikut jenis-jenis burung Conure:

1. Conures Nandays

Dikenal juga sebagai Parkit Nanday, yang fisiknya terlihat jauh berbeda dari Sun Conure. Conure Nanday ini memiliki warna tubuh hampir sebagian besar hijau, dengan bagian kepala berwarna hitam, sehingga disebut juga sebagai Parkit Berkerudung Hitam.

2. Patagonian Conure

Memiliki nama binomial Cyanoliseus patagonus. Warna tubuhnya hijau gelap dengan bagian perut yang terdapat sedikit warna merah. Ciri khasnya bisa dilihat dari warna putih yang mengelilingi matanya. Disebut juga beo liang atau parkit liang.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Parkit

Suaranya sangat keras dan bisa mengganggu tetangga jika dipelihara di rumah. Dan burung Conure jenis ini akan sangat membutuhkan perhatian ekstra dari pemiliknya dan sifatnya akan menjadi kasar jika mereka terjebak di kandang tanpa interaksi sosial.

3. Jenday Conure

Sekilas bentuk fisiknya terlihat sama dengan Sun Conure. Perbedaannya terletak pada warna sayapnya. Sayap Jenday Conure sepenuhnya berwarna hijau, sedangkan Sun Conure hanya sebagiannya saja.

Hubungannya sangat dekat dengan Parkit Matahari dan mungkin merupakan subspesies dari Sun Conure.

4. Conure Pirus

Jenis burung ini memiliki ukuran yang paling kecil. Tapi justru memiliki mental yang kuat dan bagus dari burung Conure lainnya.

5. Sun Conure

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Sun Conure adalah burung parkit berparuh bengkok dengan warna merah-kuning-hijau-biru yang cantik dan menyilaukan seperti matahari (sun).

Burung ini memiliki sifat ingin tahu yang tinggi dan merupakan burung sosial. Di alam bebas, Sun Conure hidup secara berkelompok yang terdiri dari 20 sampai 30 ekor.

Sun Conure yang memiliki nama binomial Aratinga solstitialis, rata-rata memiliki berat sekitar 110 gram dengan panjang 30 cm. Berasal dari negara Amerika Selatan bagian timur laut, dan sebagian besar ditemukan di habitat tropis.

Burung ini aktif dalam berbicara sehingga dapat dibuat menjadi satpam di rumah karena akan berbicara jika ada orang yang datang.

Harga burung Sun Conure


Harga burung Sun Conure terbilang mahal dan rata-rata mencapai angka jutaan rupiah. Untuk baby Sun Conure saja setidaknya bisa mencapai Rp1.900.000 sampai Rp2.800.000.

Baca Juga : Macam-Macam Burung Gelatik

Kemudian untuk harga burung Sun Conure dewasa 1 ekor sekitar Rp.3.500.000, sedangkan jantan dewasa lebih mahal Rp.500.000 yaitu Rp4.000.000. Sementara jika membeli burung Sun Conure sepasang, tentunya harganya bisa 2 kali lipat dari harga 1 ekor dewasa sekitar Rp7.000.000 sampai Rp8.000.000.

Adapun Sun Conure lolohan yang sudah jinak seharga Rp2.750.000 per ekornya.

Harga tersebut adalah perkiraan, bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi pasar. Bagi yang ingin memelihara Sun Conure, sebaiknya membeli yang anakan atau masih baby.

Harganya juga lebih murah dari Sun Conure dewasa sehingga lebih ramah kantong.

Cara Merawat Burung Sun Conure


Sama halnya merawat burung hias lainnya, merawat burung Sun Conure tentunya harus menyiapkan sangkar yang sesuai dengan Sun Conure.

Sangkar yang diperlukan harus yang besar dan luas, sehingga Sun Conure akan bebas bergerak. Sifat burung Sun Conure sendiri sangat aktif bergerak dan akan selalu sibuk sendiri sepanjang hari. Jadi diperlukan sangkar yang bisa menyesuaikan sifatnya itu.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Cucak Ijo

Ukuran sangkarnya sendiri menyesuaikan dengan ukuran Sun Conure yang dibeli. Untuk Sun Conure berukuran kecil, ukuran sangkarnya minimal 40 cm. Sedangkan untuk Sun Conure berukuran besar, idealnya berukuran 90 cm.

a. Kondisi Sangkar Harus Nyaman dan Letaknya Pas

Sangkar yang sudah dipersiapkan tersebut harus ditempatkan di lokasi yang pas. Pertama harus terhindar dari asap dapur, jadi sebaiknya sangkar tidak ditempatkan di dekat dapur atau kalau bisa jauh dari dapur maupun ruang makan.

Lalu sangkar juga sebaiknya jangan ditempatkan di lokasi yang akan selalu terkena sinar matahari, ada baiknya ditempatkan di lokasi yang teduh atau berada dalam ruangan, karena Sun Conure juga akan lebih nyaman berada di tempat yang memiliki suhu yang sama dengan suhu ruangan.

Tiap sangkar sebaiknya diisi lebih dari satu Sun Conure. Karena Sun Conure merupakan burung sosial yang sangat suka berkelompok sehingga ada interaksi sosial dengan Sun Conure lainnya.

Sebagai burung yang memiliki sifat ingin tahu yang tinggi sekaligus aktif, maka sebaiknya disiapkan mainan di dalam sangkar. Mainan yang cocok adalah mainan yang bisa digigit dan bisa dibuat berayun oleh Sun Conure.

Terutama jika di satu kandang hanya diisi oleh satu ekor Sun Conure. Supaya Sun Conure tidak jenuh dan stress, perbanyak mainan dan selalu ajak berinteraksi. Perlu juga diberi tangkringan di dalam sangkar supaya burung Sun Conure leluasa berpindah-pindah, dan kalau bisa beri juga rumah-rumahan di setiap sudut sangkar.

Tahukah Kamu? Burung Sun Conure dapat hidup hingga 30 tahun.

b. Pakan Burung Sun Conure

Yang tak kalah pentingnya adalah pakan. Pakan untuk burung Sun Conure tidak aneh-aneh, dan bisa dibilang sama saja seperti pakan untuk burung berkicau lainnya.

Umumnya pakan burung Sun Conure berupa biji-bijian, sayuran dan buah. Untuk pakan biji-bijian, hampir sama seperti pakan kenari atau lovebird. Pakan biji-bijian untuk Sun Conure bisa didapatkan dengan mudah di toko pakan burung berkicau.

Untuk buah, dapat berupa apel dan mangga, yang kemudian dipotong kecil-kecil lalu ditempatkan di wadah pakannya. Bisa juga diberi kacang-kacangan seperti kacang tanah, hazelnut dan kacang brazil untuk menambah kebutuhan protein Sun Conure.

Namun perlu diingat, kacang tanah harus diberikan setelah kulitnya sudah dikupas. Karena jika kulit kacang tanah juga diberikan, maka bisa mengganggu kesehatan Sun Conure.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Jalak Suren

Air yang bisa disediakan cukup air biasa yang bersih. Tidak perlu memberikan susu atau air gula karena Sun Conure tidak dapat mencerna gula dan susu dengan baik.

Yang ada malah akan mengganggu pencernaan burung Sun Conure. Pemberian pakan dilakukan 2 sampai 3 kali dalam sehari, banyaknya pakan disesuaikan dengan jumlah burung Sun Conure yang dipelihara.

c. Pembersihan Kandang

Selain pakan, perawatan berupa kebersihan sangkar juga perlu diperhatikan. Yakni dengan membersihkan kotoran di dalam sangkar secara rutin tiap 5 hari sekali.

Lebih sering akan lebih baik, apalagi jika dalam satu sangkar berisi lebih dari 1 ekor Sun Conure yang tentunya sangkar akan lebih cepat kotor oleh kotorannya.

Sebaiknya selama beberapa waktu sekali, misal seminggu atau sebulan sekali, biarkan Sun  Conure bersenang-senang di luar sangkar. Jika khawatir akan hilang, lepaskan di dalam ruangan saja selama beberapa jam. Tujuannya adalah untuk menghindari Sun Conure stress karena terus-menerus dikurung di dalam sangkar.

Itulah informasi mengenai burung Sun Conure mulai dari jenis, harga, hingga cara merawatnya. Burung ini sangat cocok sebagai burung hias yang sangat menyenangkan untuk dipelihara.

Walaupun harga yang dipatok tidak bisa dianggap murah, namun akan sebanding dengan burung ini yang sangat cantik untuk dipelihara.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Josua Rifandy Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Skuy Raih Mimpi Mu.

2 Replies to “Fakta Lengkap Burung Sun Conure: Jenis, Harga dan Cara…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *