Cara Merawat Hewan Burung

Kenalin Burung Hantu Celepuk, Burung Hantu Mini Primadona

burung hantu celepuk
Written by Josua Rifandy

Burung hantu adalah hewan malam (nokturnal) kategori hewan buas (karnivora) dan hewan yang aktif pada malam hari. Matanya besar yang mengarah ke depan.

Piringan wajahnya dikelilingi bulu berupa karangan yang berbentuk bulat mirip seperti jantung. Tipikal burung hantu (keluarga Strigidea) yang sebagian besar memiliki genus otus yang tersebar banyak di seluruh dunia.

Burung hantu celepuk ketika mencari makan lebih suka di daerah pohon-pohon tua dengan lubang. Contohnya, serangga, reptil, tikus dan burung kecil. Burung hantu sebenarnya mempunyai banyak manfaat bagi petani salah satunya  untuk membasmi hama di sawah.

Karena dengan banyak manfaatnya, banyak petani yang membelinya. Mari simak bagaimana cara merawatnya dengan baik.

Cara Merawat Burung Hantu Celepuk


Ukuran Sangkar

Burung hantu celepuk sangat menyukai tempat yang luas. Sehingga burung hantu ini bisa leluasa bergerak dan tidak terbatas akan pergerakannya. Kenapa tidak boleh sangkar yang kecil? Hal ini karena menyebabkan burung hantu bisa stres dan akan tidak mau makan.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Hantu

Tapi ingat, burung celepuk juga ingin menghirup udara bebas seperti kita. Kalian juga bisa memberikan tali pada kaki si burung hantu celepuk.

Peletakkan Sangkar

Burung hantu celepuk merupakan salah satu hewan atau burung yang aktif di malam hari. Sehingga disarankan agar sangkar bisa di letakkan di tempat yang teduh.

Hal ini agar burung hantu ini tidak terkena langsung sinar matahari. Jangan pernah memperlakukan burung hantu ini seperti burung kicauan yang suka berjemur. Karena burung hantu celepuk tidak suka untuk berjemur.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Cucak Ijo

Pada malam hari sebaiknya matikan lampu di sekitar tempat sangkar burung hantu ini. Hal ini untuk menjaga siklus metabolisme burung hatu agar tetap stabil dan tidak mudah sakit. Selain itu, burung hantu yang aktif di malam hari memiliki pandangan yang lebih baik ketika keadaan memang gelap.

Pakan Burung

Burung hantu mini yang berusia muda sekitar 3 bulan, dapat diberikan pakan berupa jangkrik sebanyak 7 ekor. Pemberian pakan ini cukup dua kali setiap harinya yaitu pada pagi dan sore hari.

Cara memberikan makan pada burung celepuk sama halnya seperti kalian memberikan makan pada burung kicauan yang masih anakan.

Tahukah Kamu? Burung Hantu Memiliki salah satu keunikan yaitu lehernya dapat berputar hingga 180 derajat kebelakang

Kebersihan Sangkar

Burung hantu celepuk merupakan salah satu predator unik yang tidak memiliki gigi. Sehingga mereka mencabik-cabik makanannya terlebih dahulu dengan paruhnya sebelum dimakan. Sedangkan seperti bulu dan tulang akan dimuntahkan kembali dari mulutnya.

Oleh karena itu, kalian harus rutin setiap harinya untuk membersihkan sangkar burung hantu ini untuk menghindari adanya serangan penyakit.

Membersihkan Perlengkapan

Supaya burung hantu celepuk tidak terkena penyakit maka kalian harus membersihkan peralatan seperti wadah makan dan minum burung. Karena sisa makanan dan minuman itu akan membuat burung menjadi mudah terserang penyakit.

Untuk membersihkan kandang cukup menggukan air dingin biasa yang bersih dan juga mencuci tempat minum serta mengganti air minumnya.

Memandikan Burung Hantu

Kenapa harus memandikan burung hantu celepuk? Supaya burung hantu ini tidak mudah mengalami stres. Cara memandikan burung hantu celepuk cukup menyemprotkan air ke arahnya menggunakan semprotan burung. Memandikan burung hantu ini tidak perlu dilakukan setiap hari cukup satu minggu sekali saja.

Menjinakkan Burung Hantu

Cara utama menjinakkan burung hantu mini yaitu dengan cara membiarkan burung hantu ini melihat kalian yang sedang tertidur. Pelakuan yang seperti ini akan membuat burung celepuk ini akan merasa nyaman dan percaya bahwa kalian tidak menyakitinya.

Sehingga mereka akan menjadi jinak secara alami dan tidak akan menyerang Anda.

Menjalin Keakraban

Salah satu cara untuk bisa menjalin keakraban dengan burung hantu ini kalian dapat membuatnya terbiasa dengan keberadaan kalian. Burung hantu ini merupakan hewan yang suka mengikuti gerakan mangsanya dan bisa memutar kepalanya hingga 180 derajat.

Burung hantu juga mempunyai penglihatan yang tajam sehingga dapat melihat mangsa yang ada dihadapannya

Berinteraksi dengan Burung Hantu

Berinteraksi dengan burung hantu adalah salah satu cara supaya kalian dapat membuat burung hantu imut ini menjadi terbiasa dengan keberadaan kalian.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Gelatik

Kalian juga berinteraksi lainnya dengan menatap matanya setiap pagi dan sore harinya. Jika perlu lakukan obrolan singkat untuk menarik perhatian burung ini.

Gunakan Tangan untuk Memberi Makan Burung

Ada cara lain untuk menjinakan burung hantu yang menjadi primadona ini. Salah satunya adalah mencoba memberikan makan dengan menggunakan tangan kalian sendiri.

Ketika pemberian makanan, dianjurkan selalu menatap matanya dan mengajak ngobrol supaya burung tidak takut dengan kalian. Sehingga, burung hantu ini akan menurut dan jinak dengan kalian.

 Memberikan Nama

Seperti pada umumnya hewan peliharaan yang lainnya. Memberikan nama pada burung hantu celepuk merupakan cara yang manjur agar kalian dapat lebih berkomunikasi dengannya dan lebih akrab.

Dengan pemberian nama ini kalian dapat memanggil nama burung hantu dengan namanya. Sehingga burung ini terasa spesial di mata pemeliharanya.

 Melatih dengan Siulan

Meskipun burung hantu mini yang menjadi primadona bukanlah burung kicauan. Namun, kalian bisa memberikan siulan untuk memancing arah pandang ke arah kalian. Caranya pancing dengan makanan supaya burung hantu ini datang dan pastinya dengan siulan.

Selain cara itu, kalian juga bisa menaruh burung hantu di tempat ketinggian kemudian pancing dengan jangkrik di tangan kalian. Lakukan terus menerus supaya burung hantu ini percaya dengan kalian sehingga menjadi jinak dan bersahabat dengan kalian.

 Memperhatikan Kesehatan

Sama halnya dengan hewan peliharaan yang lainnya, burung hantu celepuk juga bisa terkena penyakit. Ada beberapa tanda atau gejala yang harus kalian diperhatikan, yaitu dilihat dari matanya.

Jika mata burung hantu ini tertutup, baik di siang maupun malam hari maka perlu dilakukan pengobatan dan perawatan khusus, caranya yaitu memberi makanan berupa minyak ikan yang memiliki kualitas baik dan jangkrik setiap harinya.

Burung hantu yang tidak ingin berdiri dan kepalanya seringkali tertunduk, rlu diketahui bahwa burung hantu ini terkena penyakit dan akan mengalami kematian. Gejala seperti ini dapat menyerang secara tiba-tiba, dimana burung hantu ini bisa muntah mendadak hingga berdirinya tidak stabil.

Tanda-tanda berikutnya yaitu badan burung hantu yang menggigil dan gemetar. Hal ini bisa jadi merupakan gejala awal bahwa burung hantu sedang terkena serangan penyakit.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Jalak Suren

Cara mengobatinya yaitu cukup dengan menghangatkan tubuh burung hantu kalian dengan sinar matahari sebentar dari jam 6 sampai 7 pagi. Hal ini karena burung hantu merupakan hewan malam, maka hindari terlalu lama menjemur.

Burung hantu kalian terlihat murung mata sering menutup dan nafsu makan berkurang itu tandanya burung hantu kalian mengalami stres.

Cara mengatasinya cukup kasih makan jangkrik dan tikus putih yang sehat dan bersih selama 4 hari berturut-turut. Hal ini dapat bisa membangkitkan mood dari burung hantu supaya kembali seperti sediakala.

Burung Hantu Celatuk merupakan nurung hantu yang sangat cocok untuk dipelihara

Moulting

Moulting merupakan masa burung hantu anda mengalami pergantian bulu dan hal ini membutuhkan perawatan yang khusus. Proses pergantian bulu ini terjadi setiap 6 bulan sekali dan dengan durasi selama 10 hari. Ketika masa pergantian bulu ini biasanya burung hantu akan merasa tidak nyaman, untuk mengurangi rasa ketidak nyamanan itu, berikan jangkrik yang diolesi madu.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Leave a Comment