TrikMerawat Extraordinary Man!

Intip Berbagai Macam Jenis Burung Gelatik di Indonesia

3 min read

burung gelatik

Dari banyaknya jenis burung yang terdapat di Indonesia, burung gelatik menjadi salah satu burung yang sekarang ini banyak diminati. Selain karena memiliki suara kicauan yang indah, burung ini memiliki bentuk tubuh yang cenderung lebih menarik dibanding burung lainnya.

Sehingga tidak heran jika banyak pecinta burung yang rela mengeluarkan banyak uang untuk bisa mendapatkan burung yang satu ini.

Perlu diketahui, saat ini burung gelatik tidak hanya disukai oleh para pecinta burung saja tetapi juga para kolektor yang ingin mengoleksinya di rumah.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis gelatik yang biasa dicari yakni gelatik batu, gelatik putih dan gelatik jawa. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang burung gelatik, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Berbagai Jenis Burung Gelatik di Indonesia


Gelatik Batu

Gelatik Batu atau biasa dikenal dengan Gelatik Wingko ini memiliki nama latin Parus Major. Umumnya jenis burung ini memiliki panjang kurang lebih sekitar 13 cm dengan warna dominan putih, abu-abu dan juga hitam.

Biasanya untuk gelatik jantan memiliki ciri-ciri bagian kepalanya berwarna hitam pekat sedangkan untuk gelatik betina memiliki ciri berwarna abu-abu pada bagian kepalanya.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Jalak Suren

Dari beberapa jenis gelatik yang dijumpai di Indonesia, Gelatik batu banyak disukai karena memiliki sifat yang sangat aktif. Selain itu, suara gacor yang dikeluarkannya sangat indah. Nah, bagi Anda yang hobi memelihara burung gelatik, pastikan untuk mengolesi jenis yang satu ini.

Gelatik Jawa

Jenis gelatik selanjutnya yang juga tidak kalah bagus dan terkenal adalah Gelatik Jawa. Untuk jenis gelatik yang satu ini memiliki nama latin Oryzivora.

Jika dibandingkan dengan jenis gelatik sebelumnya, postur tubuh yang dimiliki oleh Gelatik Jawa ini yaitu sekitar 15 cm. Untuk ciri-cirinya sendiri memiliki warna cokelat kemerahan pada bagian perutnya.

Selain itu memiliki lingkaran merah di sekitar daerah matanya dan juga berbulu cokelat dan abu-abu pada bagian badannya. Perlu diketahui, burung gelatik Jawa merupakan jenis  burung pemakan buah-buahan, biji dan juga serangga.

Tahukah Kamu? Burung gelatik yang berasal dari Indonesia adalah gelatik jawa dan gelatik timor.

Gelatik Silver

Jenis gelatik selanjutnya adalah Gelatik Silver yang mana memiliki cri-ciri paruh berwarna merah cerah. Untuk bagian tubuhnya, gelatik jenis ini memiliki warna putih, sedangkan untuk bagian dagu, dada, dan punggungnya memiliki warna abu-abu muda.

Hampir sama dengan jenis gelatik sebelumnya, untuk buruk Gelatik Silver ini memiliki panjang sekitar 15 cm.

Warnanya yang indah dan suara gacornya yang merdu menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang tertarik mengoleksi Gelatik jenis ini. Nah, bagi Anda pecinta burung jenis Gelatik, pastikan jangan sampai melewatkannya.

Gelatik Putih

Meski sama-sama memiliki warna tubuh putih, ternyata Gelatik putih ini memiliki warna yang cukup berbeda dengan Gelatik Jawa. Jika gelatik Jawa memiliki warna tubuh abu-abu dan warna hitam bagian kepalanya, burung gelatik putih tidak memilikinya.

Sesuai dengan namanya, warna bulu dari jenis gelatik ini yaitu putih pada keseluruhan badannya.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Cucak Ijo

Selain warna, ciri fisik yang membedakan jenis Gelatik ini dengan yang lainnya yaitu memiliki varian suara yang lebih banyak dan warna pangkal paruh lebih merah.

Selain itu Gelatik putih juga memiliki mata tajam dan cerah dan sekarang ini di pasaran harga Gelatik putih dijual dengan harga yang cenderung cukup mahal.

Gelatik Cokelat

Bagi para pecinta burung gelatik tentu sudah tidak asing dengan jenis gelatik yang satu ini. Seperti yang diketahui ciri khas yang terdapat pada burung ini yaitu memiliki dominasi warna krem atau warna putih yang sedikit kekuning-kuningan.

Di Indonesia sendiri banyak orang yang sering menyebutnya dengan nama Gelatik Holland.

Umumnya untuk ciri fisik dari Gelatik ini yaitu hampir sama dengan Gelatik Silver dan Gelatik belon. Hanya saja yang sedikit membedakan yaitu pada tampilan warnanya saja.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengoleksinya, pastikan untuk menyiapkan dana yang cukup besar karena harga Gelatik Cokelat di Pasaran lumayan cukup mahal.

Tahukah Kamu? Telur burung gelatik biasanya dierami secara bergantian oleh kedua orang tuanya. dan Lamanya masa pengeraman yaitu sekitar dua minggu.

4 Makanan Tambahan Untuk Burung Gelatik


Milet

Milet menjadi salah satu jenis makanan tambahan yang wajib diberikan setiap hari pada burung jenis gelatik. Namun perlu diketahui bahwa selain Gelatik, milet juga banyak disukai oleh beberapa jenis burung lainnya seperti kenari, dan juga blackthroat.

Sebelum memberikan makanan milet pada hewan kesayangan Anda, maka pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu jenis-jenisnya. Untuk milet putih biasanya bersifat netral dan untuk milet berwarna merah biasanya digunakan untuk menjaga kestabilan birahi burung gelatik.

Biji Kenari

Makanan tambahan selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah biji kenari. Seperti yang diketahui, biji kenari merupakan salah satu makanan yang berfungsi untuk membuat burung gelatik agar bisa gacor lebih lama.

Nah, banyak orang yang percaya bahwa manfaat pemberian biji kenari ini yaitu untuk memperbaiki suara burung yang semula kurang bagus atau serak menjadi nyaring kembali.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Murai

Namun perlu diingat, dalam memilih biji kenari ini tidak boleh dilakukan secara sebarangan, Anda harus memastikan bahwa biji yang Anda pilih sudah tua. Selain itu sebaiknya untuk memberikan biji kenari pada burung gelatik dengan porsi secukupnya dengan milet.

Jagung Manis

Selanjutnya yaitu memberikan makanan tambahan jagung manis agar gelatik kesayangan Anda tetap sehat. Tahukah Anda bahwa kandungan vitamin B dan C pada jagung manis sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan juga penglihatan gelatik.

Namun, sebelum diberikan kepada burung ada baiknya untuk menghancurkannya terlebih dahulu dengan menggunakan mesin penggiling biji-bijian.

Mengapa hal tersebut perlu dilakukan? Agar tidak mengganggu pencernaan gelatik kesayangan Anda. Jika Anda memberikannya secara langsung dalam jangka panjang akan mengganggu kesehatan burung gelatik di rumah.

Buah-buahan yang Manis

Satu lagi makanan tambahan yang wajib untuk diberikan pada gelatik kesayangan Anda di rumah yaitu buah-buahan manis. Seperti yang diketahui bahwa salah satu makanan yang disukai oleh jenis burung ini yaitu buah manis.

Kandungan gula yang terdapat di dalam buah-buahan akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan gelatik. Salah satunya yaitu memberikan energi untuk beraktivitas setiap harinya.

Di pasaran ada banyak sekali jenis buah yang dapat Anda berikan, seperti mangga, pepaya, pisang, semangka, dan masih banyak lagi. Namun perlu diingat, sebelum memberikannya pada hewan kesayangan, pastikan terlebih dahulu merendam nya menggunakan air garam.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Kenari

Mengapa? Hal tersebut perlu dilakukan dengan tujuan untuk membuang sisa-sisa bahan kimia berbahaya yang melekat pada buah.

Nah demikian tadi sedikit informasi singkat tentang berbagai jenis burung gelatik yang ada di Indonesia beserta ciri-cirinya. Bagi Anda yang berencana untuk memelihara jenis burung ini di rumah, sebaiknya untuk menyiapkan beberapa makanan yang sudah disebutkan di atas.

Dengan memberikan makanan yang tepat, maka burung kesayangan Anda akan terbebas dari penyakit berbahaya. Semoga sedikit informasi dia atas bermanfaat dan dapat membantu Anda ke depannya. Selamat mencoba!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *