TrikMerawat Extraordinary Man!

Tidak Hanya Pengusir Nyamuk! Ini Manfaat Bunga Lavender

4 min read

bunga lavender

Bunga lavender merupakan jenis bunga yang mempunyai bentuk kecil, unik dan berwarna ungu. Lavender merupakan salah satu bunga yang berasal dari Perancis dan telah ada sejak zaman romawi kuno dan mempunyai nama ilmiah Lavandula afficinalis syn. L. angustifolia (Lamiaceae).

Bunga ini umumnya dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk karena baunya yang tidak disukai nyamuk.

Bunga lavender memiliki kandungan essential oil yang bukan hanya mampu mengusir serangga, tapi juga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Seperti menghilangkan stres dan kecemasan, mencegah kanker, hingga mengobati diabetes.

Bahkan, lavender juga berguna untuk kecantikan, lho! Nah penasaran kan manfaat lain yang dimiliki oleh bunga lavender, yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Tahukah Kamu? Karena Kandungannya yang sangat banyak, Mesir kuno memakai lavender pada saat proses mumifikasi.

18 Manfaat Bunga Lavender


1. Menghempaskan jerawat

Minyak bunga lavender dapat digunakan sebagai penyembuh jerawat. Hal ini karena pada Lavender terdapat kandungan anti inflamasi dan antiseptik yang memiliki fungsi yaitu membunuh bakteri. Bakteri ini merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Kering dan Kusam

Caranya yaitu cengan mengoleskan minyak lavender pada bagian-bagian yang berjerawat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan setiap sebelum tidur.

2. Meringankan eksim

Eksim sebenarnya bukanlah suatu penyakit yang berbahaya. Hanya saja penyakit kulit ini membuat penderitanya menjadi kurang percaya diri di depan umum. Apalagi saat cuaca panas dan tubuh berkeringat.

Maka rasa gatal akan menjadi-jadi dan akan menurunkan kepercayaan diri di depan umum. Salah satu cara menguranginya adalah dengan menggunakan minyak lavender. Hal ini karena dapat mengurangi rasa gatal dan mengurangi gejala eksim.

3. Mendetoksifikasi kulit

Minyak Lavender dipercaya bisa menghilangkan iritasi kulit dengan menambahkannya pada pelembap, baik wajah maupun tubuh yang biasa kita gunakan.

Baca Juga : 7 Makanan Pencerah Kulit

Lavender ini dapat mempercepat proses penyembuhannya. Minyak lavender ini juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang terdapat pada kulit. Sehingga, jerawat tidak mudah menghampiri wajah dan tidak mudah kembali lagi.

4. Meringankan luka bakar

Lavender mengandung antiseptik dan anti peradangan. Menurut para ahli, zat keduanya mampu membantu dalam proses penyembuhan luka baka. Selain itu, minyak lavender juga mampu mengurangi rasa nyeri.

Caranya yaitu bersihkan terlebih dahulu luka dengan cara menyiraminya dengan air dingin yang bersih selama 10 menit. Kemudian berikan beberapa tetes minyak lavender pada tempat yang luka tersebut.

5. Menyembuhkan luka gigitan serangga

Sama fungsinya sebagai penyembuh luka bukar, Lavender juga dapat menyembuhkan luka akibat gigitan serangga. Cara mengaplikasikannya yaitu langsung dioleskan pada tempat yang luka.

Maka seiring waktu luka tersebut akan mulai membaik. Untuk kula pada bayi yang berusia kurang dari dua tahun, pengaplikasian minyak lavender sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

6. Merilekskan otot yang tegang

Selain dapat merilekskan saraf yang tegang, Lavender juga dapat digunakan untuk merilekskan otot-otot tubuh yang tegang. Caranya yaitu dengan memberikan beberapa tetes minyak lavender pada air yang telah ditaruh pada bak sebagai rendaman kaki maupun tagan.

Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun

Selain digunakan untuk berendam, minyak Lavender dapat langsung dioleskan pada daerah otot-oto yang sedang tegang.

7. Toner

Manfaat Lavender berikutnya yaitu dapat digunakan sebagai toner yang dapat menyegarkan kembali kondisi kulit. Caranya yaitu rebuslah beberapa biji bunga lavender menggunakan 100 mL air.

Kemudian tiriskan dan biarkan hingga benar-benar dingin terlebih dahulu. Selanjutnya, masukkan ke dalam botol semprot yang telah disterilkan.untuk hasil yang maksimal, simpan toner ini pada lemari pendingin.

Untuk penggunaan toner dari Lavender ini dapat digunakan seperti toner-toner pada umumnya, yaitu dnegan cara menyemprotkan pada kapas.

Ataupun dengan menyemprotkannya pada wajah langsung. Toner alami ini dapat digunakan setiap saat sebagai face mist juga.

8. Merawat rambut rontok

Bunga Lavender biasa dijadikan sebagai bahan dalam produk shampoo karena khasiatnya yang mampu menjaga kesehatan rambut. Selain itu, minyak lavender juga dapat merawat rambut rontok dengan sangat efektif.

Baca Juga : Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Sebab minyak lavender dapat menyembuhkan insomnia, stress dan depresi, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Caranya yaitu pijatlah kepala menggunakan minyak lavender untuk merawat kerontokan rambut dan menumbuhkannya kembali. Pijatan ini akan memperlancar peredaran darah. Sehingga, dapat mengurangi kerontokan pada rambut Anda.

9. Mengurangi ketombe

Untuk mengurangi ketombe, Lavender ini bisa digunakan sebagai masker rambut. Caranya yaitu ambil 15 tetes minyak lavender dan letakkan pada mangkuk kecil.

Kemudian tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun atau minyak almond. Selanjutnya, panaskan campuran tersebut selama 10 menit, kemudian biarkan dingin terlebih dahulu. Ramuan yang telah jadi ini dapat digunakan sebagai masker rambut.

12. Sebagai kondisioner

Bunga Lavender juga dapat digunakan sebagai kondisioner rambut. Caranya yaitu rendamlah rambut dengan 1/4 gelas air rebusan lavender yang sudah dicampur dengan 2 gelas air dan beberapa tetes minyak lavender selama 15 menit.

Atau dengan menggunakannya sebagai masker rambut. Ramuan tersebut akan mampu menghilangkan ketombe jika digunakan secara teratur yaitu minimal seminggu sekali.

13. Insomnia

Manfaat lavender berikutnya adalah mengatasi insomnia. Aroma lavender yang menenangkan mampu membuat saraf-saraf menjadi tidak tegang dan rileks. Umumnya seseorang yang insomnia adalah karena kecapekan atau terlalu stres.

Baca Juga : Cara Mengatasi Insomnia

Jika dibiarkan akan mampu menurunkan kinerja keesokan harinya dan merusak suasana hati. Oleh karena itu, menggunakan minyak lavender sebagai aromaterapi adalah solusinya.

14. Membantu mengurangi kecemasan dan depresi

Lavender memiliki aroma yang menenangkan siapa saja yang menghirupnya. Sehingga, sari dari Lavender ini mampu digunakan sebagai aromaterapi bagi mereka yang mengalami gangguan kecemasan bahkan sedang depresi.

Hal ini karena dnegan menghirup aroma Lavender mampu membuatnya menjadi tenang karena saraf-saraf mereka menjadi rileks.

Tahukah Kamu? Lavender merupakan salah satu minyak esensial yang paling populer dipakai sebagai aromaterapi.

15. Mengurangi keluhan sakit kepala

Manfaat Lavender berikutnya yaitu mampu mengurangi keluhan sakit kepala terutama sakit kepala sebelah, atau migrain. Sakit kepala ummnya disebabkan karena peredaran arah yang kurang lancar.

Caranya yaitu lakukan pijatan kepala dan leher menggunakan minyak lavender. Bau lavender ini akan dapat menjadi aromaterapi yang membuat Anda tenang dan melancarkan peredaran darah. Sehingga dapat mengurangi rasa tidak nyaman karena migrain.

16. Memperlancar pencernaan

Lavender juga dapat digunakan sebagai minuman teh Lavender. Dimana fungsinya dipercaya mampu memperlancar pencernaan. Anda bisa membeli teh Lavender yang sudah jadi ataupun bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara merebus kuncup bunga lavender.

Kemudian konsumsilah secara rutin untuk memperlancar percernaan Anda.

17. Menyembuhkan luka

Minyak lavender mengandung zat antiseptik yang tergolong kuat. Minyak lavender yang diteteskan pada daerah kulit yang luka mampu mempercepat pertumbuhan sel baru dan menyembuhkan luka.

Selain itu, minyak lavender juga mengandung antimikroba yang mencegah infeksi. Sehingga, luka yang ada permukaan kulit dapat segera sembuh. Minyak ini hanya digunakan untuk luka-luka yang ringan saja.

18. Parfum alami

Bunga lavender dikenal karena memiliki aroma harum dan menyegarkan. Lavender juga kerap diproduksi sebagai parfum.

Caranya dengan mengoleskan sedikit minyak Lavender pada permukaan kulit yang dikendaki untuk diberikan parfum ini.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *