TrikMerawat Extraordinary Man!

Bunga Cempaka: Ciri-ciri, Jenis dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

4 min read

bunga cempaka

Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis yang memiliki kekayaan berbagai macam flora. Apa saja kekayaan flora tersebut?

Bunga cempaka dengan wangi khas dan mempunyai mitos dibalik namanya. Bunga ini sudah sangat populer di masyarakat Indonesia.

Di Indonesia sendiri Kamu bisa menemukan bunga ini di pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi serta Maluku. Tampilan bunga cempaka yang indah dan menawan ternyata tidak hanya dijadikan sebagai hiasan.

Namun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Selama ini, identik dengan warna putih dengan bau harum yang khas. Tahukah Kamu ternyata bunga cempaka memiliki berbagai jenis warna.

Meskipun memiliki perbedaan warna tetapi masing-masing memiliki keindahan dan berbagai manfaat. Untuk lebih mengenalnya, simak penjelasan di bawah ini.

Ciri-ciri Bunga Cempaka


Tanaman ini biasanya tumbuh hingga ketinggian mencapai 30 meter. Namun rata-rata memiliki ketinggian antara 15 hingga 25 meter. Jika dibandingkan dengan pohon tanaman lainnya, sekilas memang tidak ada perbedaan. Tetapi apabila sudah menyentuhnya akan menemukan semacam bulu atau rambut halus.

Baca Juga : Cara Budidaya Bunga Krotok

Bentuk dari daun cempaka umumnya tipis, hampir menyerupai kulit dengan tekstur elastis. Ciri-ciri umumnya terdapat pada cabang pohon. Bentuk kelopaknya panjang serta meruncing di setiap ujungnya. Selain itu memiliki buah seukuran ibu jari dengan permukaan kasar dan berwarna hijau.

Konon katanya Tanaman Cempaka Sering Berkaitan dengan hal mistis, seperti sebagai rumah mahkluk halus dan sebagai media pelet

Jenis Bunga Cempaka


1. Cempaka Putih

Cempaka putih atau yang lebih dikenal dengan nama kantil. Bunga ini sudah sangat populer di telinga masyarakat Indonesia. Saat masih dalam bentuk kuncup berwarna kehijauan dan berubah menjadi putih saat sudah mekar. Nama latin dari bunga jenis ini adalah Michelia alba.

Ciri-cirinya adalah rantingnya terdapat bulu-bulu halus dan warnanya keabuan. Daunnya termasuk daun tunggal dengan hijau cerah. Saat masih muda bunga berwarna hijau tetapi setelah mekar berubah menjadi putih. Tanaman ini bisa tumbuh sampai ketinggian 30 meter.

2. Cempaka Merah

Berbeda dengan cempaka putih, cempaka merah tidak begitu populer di masyarakat Indonesia. Namun bunga ini tidak kalah indah dan menarik jika dipandang. Ditambah dengan bau wangi yang khas. Cempaka merah ini termasuk dalam famili Magnoliaceae.

Keunikan dari bunga jenis ini adalah pada waktu mekarnya, dimana hanya mekar dalam waktu 2 jam saja. Setelah 2 jam bunga akan layu dan bentuknya berubah seperti cempaka biasa.

Cempaka Merah merupakan salah satu bunga yang mahal, yang harganya bisa 5-10 kali lebih mahal dari cempaka putih yaitu 1-3 juta rupiah

3. Cempaka Ungu

Cempaka ungu memiliki nama latin Magnolia liliifllora, dikenal juga dengan nama Purple magnolia atau Red Magnolia.

Bunga ini tidak kalah dengan jenis lainnya karena juga memiliki keindahan dengan warna ungu terang yang sangat wangi.

Baca Juga : Cara Budidaya Bunga Indigofera

Biasanya cempaka ungu akan menunjukkan keindahannya saat mekar di awal musim hujan. Bunga ini bisa hidup maksimal jika ditanam di daerah dataran tinggi dengan suhu 20-26º celcius.

4. Cempaka Kuning

Di antara semua jenis bunga cempaka, cempaka kuning merupakan yang paling wangi. Meski dalam jarak yang jauh sudah bisa mencium bau wanginya.

Tanaman ini biasanya ditemukan di kawasan yang memiliki ketinggian 25 meter. Memiliki daun berbentuk bulat telur dengan warna hijau cerah serta ujungnya berbentuk runcing.

Warna bunga tidak sepenuhnya kuning tetapi cenderung keruh mendekati warna jingga. Cempaka kuning merupakan identitas dari provinsi Aceh. Di provinsi paling ujung barat indonesia, bunga ini dikenal dengan nama Bungong Jeumpa gadeng.

Manfaat Bunga Cempaka Bagi Kesehatan


1. Mengobati Batuk Berdahak

Dibalik keindahannya, siapa sangka jika bunga ini bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak. Hal ini tidak terlepas dari adanya kandungan senyawa aktif berupa alkaloid mikelarbina dan liriodenina.

Kedua senyawa tersebut mempunyai sifat ekspektoran yang efektif untuk meredakan batuk berdahak.

Cara menggunakannya adalah dengan merebus daun bunga ini ke dalam air mendidih. Supaya mendapatkan hasil maksimal jangan lupa ditambahkan dengan jahe.

2. Mengatasi Vertigo

Sering kali mendengar kata vertigo tetapi tidak tahu artinya apa. Vertigo itu sendiri merupakan kondisi saat kepala terasa seperti berputar-putar sehingga tubuh kehilangan keseimbangan.

Tahukah Kamu ternyata untuk mengatasi vertigo bisa dengan cara mengkonsumsi bunga cempaka.

Sebelum dikonsumsi, bunga tersebut sudah dikeringkan terlebih dahulu. Setelah itu ambil 5 kuntum kemudian rebus ke dalam air mendidih selama 10 menit. Minumlah rebusan ini dalam keadaan masih hangat.

3. Mengatasi Gangguan Saluran Pernapasan

Bunga ini memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa digunakan untuk mengatasi masalah gangguan saluran pernapasan. Gangguan tersebut seperti asma maupun infeksi paru-paru.

Baca Juga : Cara Merawat Bunga Aster

Secara ilmiah manfaat ini belum teruji secara valid. Tetapi jika sedang merasakan gangguan tersebut, Kamu bisa mencoba merebus bunga cempaka kering dan minum secara rutin sampai mereda.

4. Sebagai Detoks Alami

Senyawa alkaloid mikelarbina dan liriodenina dalam bunga ini memiliki sifat diuretik yang mempermudah urinasi. Sehingga bisa dimanfaatkan sebagai detoks alami.

Urine yang dikeluarkan oleh manusia keluar dengan membawa racun-racun dalam tubuh.

Maka dari itu, konsumsi bunga ini secara rutin supaya racun-racun dalam tubuh tidak menumpuk dan berpotensi membahayakan tubuh. Sebelum dikonsumsi jangan lupa direbus terlebih dahulu.

5. Mengatasi Perut Kembung

Bisa dipastikan bahwa setiap manusia pernah merasakan perut kembung. Kondisi ini adalah perut terasa penuh dan kencang, bahkan terlihat juga lebih besar dan menggembung.

Keadaan ini akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman sampai mengeluarkan gejala seperti bersendawa serta kentut.

Untuk mengatasi kondisi tersebut bisa menggunakan bunga cempaka ditambah dengan bahan lainnya, seperti jahe, kulit jeruk, keprok dan kapulaga. Kemudian rebus semua bahan ke dalam air mendidih. Kemudian saring dan minum saat masih hangat.

6. Mengatasi Sinusitas

Sinusitas merupakan salah satu penyakit yang disebabkan tersumbatnya jaringan sinus pada hidung oleh bakteri, virus dan jamur. Penyumbatan tersebut biasanya dalam bentuk cairan. Akibatnya akan terjadi peradangan dan mengakibatkan infeksi.

Penyakit tersebut bisa diatasi dengan menggunakan bunga cempaka ditambah dengan daun mint, bawang putih dan jahe. Setelah itu rebus ketiga bahan tersebut lalu minumlah 2 kali dalam sehari.

7. Mengatasi Keputihan

Mayoritas wanita pasti pernah memiliki masalah dengan keputihan. Keputihan ini muncul karena disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur.

Kondisi ini apabila tidak segera diobati bisa sangat mengganggu karena menimbulkan bau tidak sedap pada vagina.

Permasalahan ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi air rebusan daun cempaka kering. Selain itu juga gunakan cara lain untuk mengatasi keputihan agar cepat hilang.

8. Mengatasi Bau Badan

Di dalam bunga cempaka mengandung sifat anti-bakteri sehingga ampuh jika digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan seperti bau badan. Bisa dipastikan kondisi ini mengganggu diri sendiri maupun orang yang ada di sekitar.

Mengatasi masalah kesehatan ini bisa dengan rutin mengkonsumsi air rebusan bunga cempaka. Apabila tidak suka meminumnya bisa juga digunakan saat mandi, yaitu dengan cara menyiramkannya ke sekujur tubuh. Supaya bisa merasakan aroma wangi, Kamu bisa memilih bunga yang berwarna kuning.

Nah, itulah ciri-ciri, jenis dan juga manfaat bunga cempaka bagi kesehatan. Diharapkan penjelasan di atas bisa memberikan informasi kepada pembaca supaya mengetahui bahwa bunga ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Cara menggunakannya juga sangat mudah, selamat mencoba.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *