TrikMerawat Extraordinary Man!

Filosofi dan Makna Dibalik Keindahan Bunga Baby Breath

4 min read

Bunga Baby Breath

Sering terdengar pertanyaan apakah hadiah yang cocok diberikan untuk orang tercinta? Bisa dipastikan banyak jawaban mawar.

Padahal ada bunga yang memiliki keindahan dan melambangkan cinta sejati, ketulusan maupun kemurnian, bunga baby breath jawabannya.

Bunga baby breath seringkali ditemukan dalam acara pernikahan, keberadaannya membuat acara menjadi semakin romantis.

Biasanya bunga tersebut digunakan sebagai buket atau hiasan dekorasi pelaminan sehingga memberikan kesan kemurnian cinta dari sepasang pengantin yang berbahagia.

Bunga ini berasal dari Eropa Tengah dan Eropa Timur. Meski berasal dari tempat yang jauh, bunga ini masih tetap bisa ditemukan di Indonesia.

Ada yang berwarna putih, merah muda atau kuning dan ketiga warna tersebut sangat indah. Untuk semakin mengenalnya, simak uraian berikut ini.

Seputar Bunga Baby Breath


Bunga ini memiliki nama latin Gypsophila paniculata. Gypsophila berasal dari bahasa Yunani yaitu gypsum berarti gipsum (meneral putih yang terbentuk akibat endapan air laut).

Sedangkan philos berarti mencintai. Sebuah arti cukup dalam dan merepresentasikan cinta sejati.

Baca Juga : Manfaat Bunga Lavender

Gypsophila ini berasal dari genus tanaman hias bunga dalam famili anyelir, Caryophyllaceae. Ada sekitar 150 spesies yang tersebar di Eropa Tendah, Eropa Timur dan Asia. Bunga ini sangat bisa dtemukan di padang rumput, tanah berpasir berbatu dan berkapur.

Gypsophila paniculata mempunyai waktu mekar cukup lama, mulai dari awal musim semi hingga akhir musim gugur. Hanya membutuhkan waktu 8 hingga 12 minggu pasca ditanam, bunga ini sudah bisa mekar.

Bunga baby breath sangat populer sebagai tanaman hias perkebunan yang memiliki keindahan. Bahkan di Peru bunga ini dibudidayakan dan dijadikan komoditas untuk di ekspor.

Alasannya karena banyak permintaan untuk dijadikan buket dan hiasan dekorasi pernikahan.

Bunga yang sering digunakan dalam acara sakral pernikahan ini melambangkan sebuah cinta abadi. Warna putih, merah muda serta kuning, ketiganya tetap memiliki keindahan begitu menawan.  

Konon rasanya kurang lengkap jika buket tidak disisipkan bunga baby breath. Selain populer sebagai buket dan hiasan dekorasi pernikahan, bunga ini juga sangat cocok ditaruh dalam vas cantik dan diletakkan di atas meja. Bahkan juga bisa dijadikan mahkota yang disematkan di rambut wanita.

Ada juga spesies bunga ini yang sengaja dibudidayakan secara komersil untuk digunakan sebagai bahan pembuatan jamu dan makanan.

Makanan dengan bahan dasar bunga baby breath adalah keju serta pelengkap aroma pada es krim.

Kandungan saponin dalam bunga ini biasanya digunakan dalam produksi film fotografi. Selain itu juga mengandung sifat detergen yang bisa berguna sebagai bahan dasar sampo dan sabun.

Sebuah penelitian menemukan bahwa bunga ini ternyata mengandung senyawa yang bisa meningkatkan kekuatan penderita penyakit leukimia dalam memerangi obat-obatan.

Untuk harga benih bunga Baby Breath Sekitar Rp. 10,000 sedangkan untuk bunganya seharga Rp. 40,000 – Rp.50,000 per tangkainya

Filosofi dan Makna Bunga Baby Breath


Bunga baby breath saat ini sangat populer karena keindahan dan kecantikannya. Warnanya yang menawan sangat memanjakan mata ketika melihatnya.

Dibalik keindahan tersebut ada makna mendalam yang harus diketahui, yaitu:

1. Melambangkan Cinta Abadi  

Sebenarnya bunga itu tidak hanya berwarna putih tetapi juga merah muda maupun kuning. Akan tetapi, warna putih lebih sering digunakan dalam berbagai acara terutama pernikahan.

Alasannya karena melambangkan cinta abadi, cocok juga diberikan sebagai hadiah untuk keluarga maupun sahabat.

2. Melambangkan Kemurnian                     

Bunga baby breath kalau diartikan dalam bahasa Indonesia bisa berarti bunga nafas bayi. Dalam konteks ini memberikan sebuah filosofi yang berarti kepolosan, kebebasan dan kesucian.

Baca Juga : Cara Budidaya Bunga Indigofera

3. Lambang Pernikahan

Hal ini dipengaruhi oleh bunga baby breath yang seringkali digunakan dalam acara pernikahan. Bisa dipakai sebagai bukit bunga ataupun hiasan dekorasi pernikahan. Dijadikan apapun bunga ini tetap terlihat indah.

4. Melambangkan Ketulusan

Bunga ini tidak harus diberikan kepada kekasih ataupun istri. Tetapi juga bisa diberikan kepada orang terkasih lainnya seperti ibu dan sahabat. Sebagai bentuk rasa terima kasih akan ketulusan cinta yang tidak pernah berhenti.

5. Arti Warna Pink

Bunga baby breath berwarna pink atau merah muda biasanya digunakan untuk menyambut kelahiran bayi perempuan. Bisa juga untuk mengirim pesan kepada orang yang dikagumi sebagai isyarat rasa kekaguman.

6. Arti Warna Kuning

Warna kuning sangat identik dengan warna matahari yang setiap hari menyinari dunia dengan sinarnya. Hal ini membuat bunga baby breath warna kuning memiliki makna cahaya dan suka cita.

5 Cara Membudidayakan Bunga Baby Breath


Banyaknya permintaan akan bunga ini, maka tidak ada salahnya untuk membudidayakannya. Meski berasal dari benua Eropa ternyata juga bisa dibudidayakan di Indonesia.

Konon bunga ini mudah beradaptasi di iklim tropis seperti Indonesia. Adapun caranya:

1. Memilih Benih Berkualitas

Hal pertama yang harus dipersiapkan ketika membudidayakan bunga ini adalah benih. Pasti banyak yang bertanya-tanya kalau di Indonesia beli benihnya di mana? Jawabannya di toko bunga atau toko bunga online.

Bibit bunga baby breath yang berkualitas memiliki ciri-ciri, seperti terbungkus dengan rapi dalam keadaan kering dan tidak lembap. Selanjutnya semua benih tersebut memiliki ukuran yang sama.

Baca Juga : Cara Budidaya Bunga Krotok

Apabila masih belum yakin bisa merendamnya dalam sebuah wadah berisi air. Jika mengapung berarti tidak layak tanam sedangkan apabila tenggelam berarti siap ditanam.

Tahukah Kamu? Bahwa Bunga Baby Breath akan tumbuh dewasa sekitar 8 – 12 minggu dimulai dari benih

2. Menyiapkan Media Tanam

Setelah mendapatkan bibit bunga yang berkualitas, selanjutnya siapkan media tanam nya. Sebenarnya media yang dibutuhkan juga ada di sekitar kita, karena memang bisa ditanam langsung di tanah dan di pot.

Meski bisa ditanam langsung di tanah sebaiknya memilih lokasi yang tidak tercemar limbah serta jauh dari dapur. Pastikan juga tanah yang dipilih memiliki tekstur gembur.

3. Proses Penyemaian

Setelah menentukan media menanam bunga ini, terlebih dahulu perlu mempersiapkan media semai, seperti tray atau polybag dan sediakan tanah semai. Tanah semai bisa dibuat sendiri dengan mencampurkan tanah gembur dengan pupuk kandang serta ditambahi sedikit sekam.

Selanjutnya perlu menaburkan benih ke media semai yang sebelumnya dibuat dan kemudian tutupi dengan tanah semai. Siram benih dan media tray setiap pagi dan sore hari.

Lalu letakkan di tempat yang mendapatkan cukup sinar matahari. Biarkan sampai bertunas dengan ketinggian kira-kira 3 cm hingga 5 cm.

4. Proses Pemindahan

Bibit ditanam di media semai sampai bertunas dengan ketinggian 3 hingga 5 cm. Selanjutnya siapkan lubang tanam untuk menanam bibit dari media semai tersebut. Saat memisahkannya jangan langsung mencabutnya, sebaiknya menggunakan sekop kecil.

Saat memisahkan antara tanah dan bibit bisa dengan menggoyangkan nya secara perlahan. Pastikan akar tidak sampai rusak lalu masukkan bibit tersebut ke dalam tanah kemudian tutup lubangnya menggunakan tanah campuran. Supaya tumbuh subur tambahkan pupuk di atasnya.

5. Perawatan

Supaya bunga yang ditanam bisa tumbuh dengan subur maka perlu untuk dirawat. Caranya dengan melakukan penyiraman, pemupukan dan pemberian nutrisi. Penyiraman yang dilakukan harus tepat dan dilakukan satu kali dalam sehari.

Baca Juga : Cara Merawat Bunga Aster

Untuk pemupukan dilakukan setiap dua minggu sekali. Jangan lupa ditambahkan dengan nutrisi tambahan seminggu sekali. Perawatan sangat penting dilakukan supaya bisa menikmati keindahannya setiap hari.

Nah, itulah filosofi dan makan dibalik keindahan bunga baby breath yang harus diketahui. Semoga uraian di atas bisa memberi manfaat dan inspirasi bagi kita semua.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

One Reply to “Filosofi dan Makna Dibalik Keindahan Bunga Baby Breath”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *