TrikMerawat Extraordinary Man!

Ketahui Cara Menanam dan Merawat Bunga Aster yang Tepat

4 min read

bunga aster

Pernah mendengar tentang bunga Aster? Bagi sebagian dari Anda khususnya yang suka mengeloksi tanaman tentu sudah tidak asing dengan salah satu jenis bunga ini.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk menanamnya di rumah, tidak perlu khawatir karena cara penanaman bunga jenis ini terbilang cukup mudah jika dibandingkan dengan jenis bunga lainnya. Apakah Anda tertarik menanam Aster di rumah?

Seperti yang diketahui Aster sendiri merupakan salah satu jenis bunga yang berasal dari famili Astereceace. Selain terkenal dengan nama Aster, ternyata bunga yang satu ini juga sering disebut dengan Bunga Daisy atau Seruni.

Tahukah Anda bahwa bunga yang masih satu rumpun dengan matahari ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Apa saja khasiatnya? Langsung saja simak lebih lanjut ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal Manfaat Bunga Aster untuk Kesehatan


Aster Berfungsi Sebagai Antitoxin

Tahukah Anda bahwa salah satu manfaat atau khasiat yang tersimpan dari tanaman Aster yaitu sebagai Antitoxin untuk tubuh kita. Sehingga dengan adanya manfaat tersebut banyak orang yang menggunakan tanaman ini sebagai obat luka atau sebagai penawar racun yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga : Cara Merawat Bunga Mawar

Di Amerika Serikat, khususnya untuk suku Indian lebih sering menggunakan ramuan tumbukan yang berasal dari bunga Aster untuk menangkal racun baik dari ular maupun serangga.

Membantu Ekskresi Racun

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dari tanaman Aster yaitu sebagai penangkal racun dan juga dapat mengeluarkan racun dari tubuh.

Sekilas manfaat dari tanaman yang satu ini hampir sama dengan antibiotik, hanya saja perbedaannya bahan baku yang digunakan berasal dari tanaman. Perlu diketahui, di Jerman sebagian besar obat-obatan modern menggunakan ekstra tanaman Aster sebagai bahan utamanya.

Sebagai Obat Inflamasi

Seperti yang diketahui inflamasi atau biasa dikenal dengan istilah peradangan merupakan salah satu penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan ekstrak dari bunga Aster. Perlu diketahui pada seluruh bagian dari tanaman Aster ini terdapat kandungan anti inflamasi yang sangat baik untuk tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda bisa mengkonsumsinya dengan beberapa cara. Mulai dari merebus bunga, menumbuk bunganya hingga dengan menggunakan beberapa cara tradisional lainnya.

Sedangkan untuk obat modern yang ada di pasaran saat ini lebih banyak dalam bentuk krim ataupun salep. Kelebihan obat dari tanaman Aster apabila dipakai dapat langsung meredakan peradangan.

Sebagai Obat Batuk

Satu lagi manfaat yang terdapat dalam bunga Aster namun masih belum banyak diketahui yaitu dapat menyembuhkan penyakit batuk. Beberapa obat yang menggunakan tanaman Aster sebagai bahan bakunya telah terbukti dapat mengencerkan dahak secara efektif.

Selain itu, obat yang berbahan utama tanaman Aster juga dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit batuk baik yang berdahak maupun tidak.

Jadi bagi Anda yang sekarang sedang bingung mencari obat batuk yang aman untuk dikonsumsi jangka panjang dan efektif meredakan batuk dengan cepat. Pastikan untuk memilih obat yang terbuat dari bahan utama tanaman Aster. Jangan sampai salah pilih ya!

Bunga Aster merupakan bunga yang memiliki banyak pesan jika diberikan seseorang. Bunga Aster dapat diberikan kepada pasangan, kepada teman, dan keluarga. Arti dari Bunga ini adalah rasa cinta dan kesabaran.

Cara Menanam Tanaman Aster dengan Tepat


Pembibitan Bunga Aster

Sebenarnya proses atau tahapan budidaya jenis bunga yang satu ini sangatlah mudah. Tidak jauh berbeda dengan langkah penanaman jenis bunga lainnya, langkah pertama yang perlu dipersiapkan yaitu tahapan pembibitan Aster.

Untuk bisa mendapatkan tanaman yang bagus dan berkualitas, maka disarankan untuk memiliki bibit yang unggul untuk ditanam.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Bonsai

Nah, untuk mendapatkan bibit Aster yang berkualitas sangatlah mudah, Anda bisa memperolehnya dengan menggunakan dua cara yakni membuatnya dari benih bunga yang sudah matang atau memintanya langsung pada petani.

Untuk cara yang kedua ini lebih praktis dan prosesnya juga lebih cepat. Jadi, bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil dalam waktu yang cepat, pastikan untuk memilih bibit dari petani yang unggul.

Persiapan Proses Penanaman Bunga Aster

Setelah melakukan proses pembibitan, maka langkah selanjutnya adalah tahapan  persiapan penanaman Aster pada lahan tanam. Perlu diketahui, sebelum bibit atau benih di tanam dalam media tanam maka sebaiknya untuk menyemaikan nya terlebih dahulu dalam media semai.

Untuk membuat media semai ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu mencapurkan pasir, pupuk organik, dan juga tanah.

Untuk perbandingannya sendiri yaitu1:1:1 atau biasa dikatakan sama rata antara semua bahan yang digunakan. Jika sudah, selanjutnya Anda bisa menyebarkan benih yang sudah disiapkan sebelumnya ke media semai secara merata.

Setelah itu tutup media tanam dengan menggunakan media kompos dengan menyisakan celah-cela kecil pada media tanam tersebut. Tujuannya yaitu agar benih bisa bernafas.

Harga Tanaman Aster Bermacam-macam tergantung jumlahnya. Mulai dari Rp.20.000 – Rp. 100.000

Proses Penanaman Bunga Aster

Langkah selanjutnya yaitu melakukan proses penanaman bunga Aster pada lahan tanah. Setelah bibit yang sudah disemaikan sebelumnya tumbuh besar maka sudah saatnya Anda memindahkan bunga tersebut ke media tanam pot atau polybag.

Perlu diingat, media tanam yang digunakan harus benar-benar baik agar nantinya bunga yang Anda tanam dapat tumbuh sehat dan subur.

Agar lebih memudahkan, Anda bisa menggunakan media tanam dari bahan-bahan alami seperti sekam, arang, pasir atau tanah. Beberapa jenis bahan yang sudah disebutkan sebelumnya tadi mengandung banyak unsur hara yang sangat baik untuk kesuburan tanaman.

Nah, untuk waktu penanamannya sendiri usahakan setiap pagi atau sore hari sehingga bibit yang ditanam tidak layu.

Perawatan Bunga Aster

Setelah melakukan beberapa tahapan yang sudah disebutkan di atas, maka selanjutnya adalah memasuki tahapan perawatan bunga. Agar tanaman yang Anda tanam bisa tumbuh dan berkembang maka penting untuk melakukan perawatan secara rutin.

Misalnya saja agar tanaman terbebas dari hama atau penyakit lainnya maka sebaiknya untuk menyemprotkan furu dan pada tanaman Aster.

Hal tersebut perlu dilakukan sebagai upaya untuk mencegah dari datangnya hama-hama yang dapat menyerang bunga secara langsung. Sedangkan untuk menjaga asupan nutrisi nya, maka sebaiknya untuk melakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Kaktus

Fungsi utama pupuk di sini yaitu mengembalikan kandungan unsur hara yang terdapat dalam tanah dan menjadikan sebagai makanan bagi tanaman bunga. Selain itu, agar pertumbuhannya tidak terganggu jangan lupa untuk menyiram tanaman Aster secara teratur. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga media tanam agar tetap terjaga kelembapan nya.

Setelah melihat beberapa penjelasan tentang manfaat dan juga tahapan menanam bunga Aster, apakah Anda tertarik untuk mencobanya di rumah? Jika melihat dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa proses menanam bunga yang satu ini sangatlah mudah.

Hanya saja Anda perlu menerapkan beberapa langkah di atas, agar tanaman Aster bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Demikian tadi sedikit informasi tentang berbagai manfaat dan juga cara menanam bunga Aster dengan baik dan benar. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah wawasan Anda terkait tanaman Aster. Jadi pastikan untuk mencobanya di rumah ya!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *