Tanaman Pangan Cara Merawat Tanaman

Cara Budidaya Jambu Kristal yang Terbukti Buah Menjadi Lebat

Budidaya Jambu Kristal
Written by Josua Rifandy

Buah jambu kristal memiliki manfaat penting dari semua khasiat vitamin dan nutrisi di dalamnya bagi kesehatan tubuh. Dari penggunaan olahan jambu kristal inilah banyak kalangan petani berusaha budidaya jambu kristal yang diharapkan bisa memberi manfaat dari sisi penghasilan.

Harga produk olahan jambu kristal di pasaran masih cukup tinggi dengan semua manfaat pentingnya. Maka dari itu tidak sedikit pembudidaya jambu kristal memiliki kriteria bibit, kemudian cara perawatan, hingga pemanenan. Bahkan sampai detik ini jumlah pembudidaya jambu kristal ini cukup potensial dengan menilai bagaimana standar terbaik dari perawatan dan pemilihan bibitnya.

Baca Juga : Panduan Teknis Cara Merawat Jambu Madu untuk Pemula

Cara Budidaya Jambu Kristal Terbukti Buah Menjadi Lebat


Untuk menghasilkan buah jambu kristal terbaik dan lebat dari segi hasil panen dibutuhkan kualitas bibit terbaik. Dari sinilah ada bentuk percobaan penggunaan biji ataupun dari metode stek batang hingga cangkok. Cukup banyak metode pemilihan bibit tanaman jambu kristal ini sebagai salah satu modal menghasilkan buah jambu kristal lebih maksimal.

1. Memahami Persyaratan Tumbuh Dari Segi Lokasi

Memahami Persyaratan Tumbuh Dari Segi Lokasi
(Sumber: Agrotek.id)

Agar proses penanaman dan pertumbuhan dari jambu kristal ini memenuhi persyaratan cobalah tentukan dari syarat tumbuhnya. Tanaman jambu kristal menyukai lingkungan iklim tropis seperti di Indonesia. Kemudian dari kadar kelembabannya sendiri mencapai 70% sampai 90% sehingga masih bisa ditanam di semua daerah Indonesia.

Selain mengukur dari tingkat kelembabannya, tanaman jambu kristal juga bisa ditanam di ketinggian 50-1000mdpl. Rata-rata suhu yang dibutuhkan untuk persyaratan tumbuh tanaman jambu kristal ini mencapai 15 derajat pada suhu minimal, kemudian 34 derajat celcius pada sisi suhu maksimalnya.

Tekstur tanah juga masih bervariasi, karena bisa tumbuh di dataran tinggi ataupun dataran rendah berpasir sekalipun. Mudahnya proses penyesuaian tanaman jambu kristal ini terhadap kontur tanah membuat jumlah pembudidaya jambu kristal terus bertambah.

2. Mempersiapkan Bibit Tanaman Jambu Kristal

Khusus persiapan bibit tanaman jambu kristal ini juga membutuhkan metode khusus baik dari cangkok ataupun okulasi dengan kualitas terbaik dari awal penanamannya. Pengembangan biji juga bisa dilakukan. Namun, khusus untuk penanaman dari biji buah jambu kristal ini membutuhkan waktu lebih lama.

Untuk kriteria bibit jambu kristal terbaik memiliki kriteria tinggi mencapai 50-100cm. Sedangkan dari tekstur batang dan akar sampai daun juga terlihat segar. Perhatikan dari kualitas batang bibit tanaman yang harus terlihat lebih cerah tanpa ada warna pucat ataupun cacat di semua bagian permukaannya.

3. Proses Penanaman

Pada proses penanaman tanaman ataupun bibit jambu kristal juga perlu mempersiapkan lahan dan perlengkapannya. Tanaman jambu kristal ini bisa tumbuhkan pada media polybag ataupun pot berukuran besar. 

Persiapkan lahan yang sudah dibuat lubang dengan jangka waktu 2 minggu sebelum ditanam. Tujuan dari pembuatan lubang dengan jarak 2 minggu dari masa penanaman bibit adalah memastikan kualitas tanah bisa lebih aman dan mempermudah proses pertumbuhan dari bibit tanaman jambu kristal ini.

Diamkan lahan yang sudah dilubangi tersebut terkena sinar matahari setidaknya dalam jangka waktu 7 hari. Berikutnya tambahkan pupuk dengan kadar sepertiga ukuran lubang dan diamkan dahulu selama 3 hari. Setelah 3 hari selesai memberi pupuk, proses penanaman jambu kristal bisa dilakukan. 

Setelah bibit tanaman jambu kristal selesai ditanam lakukan penyiraman secara teratur. Berikan intensitas penyiraman jangan terlalu sering karena sirkulasi air harus tetap stabil jangan sampai kondisi tanah mengalami kelembaban berlebihan.

Baca Juga : Tips Budidaya Pisang : Panen Berlimpah dengan Kualitas Terbaik

4. Perawatan dan Pemeliharaan

Perawatan dan Pemeliharaan
(Sumber: Youtube.com)

Untuk bisa memaksimalkan budidaya jambu kristal lakukan perawatan secara tepat. Untuk kondisi tanah di sekitar tanaman jambu kristal jangan sampai terlalu lembab karena berpotensi memunculkan serangga ataupun memperburuk kondisi akar. Penyiraman bisa dihentikan ketika kondisi tanah masih lembab.

Pemberian pupuk juga bisa diberikan ketika usia bibit tanaman mencapai 3 bulan. Pemilihan jenis pupuk juga masih beragam dari versi kimia ataupun dari pupuk kompos. Campuran pupuk khusus pengembangan jambu kristal ini memang perlu pengembangan. Sebab jenis pupuk paling aman memang harus menggunakan versi kompos ataupun organik.

Selain memberi pupuk secara teratur, prosedur perawatan jambu kristal ini butuh pembersihan dari rumput ataupun gulma secara rutin.l pembersihan dari gulma bisa dilakukan lebih efektif sampai ke akar dan memakai teknik cangkul.

Ada aturan khusus dimana usia tanaman di bawah 1 tahun sebaiknya jangan sampai ada buah yang muncul. Karena itu lakukan pemangkasan dahulu pada setiap pohon agar tidak tumbuh dari tinggi maksimal 2 meter. Bahkan dari tekstur tanaman juga jangan sampai melebar ke samping.

Setelah usia tanaman mencapai 2 tahun, proses munculnya buah pertama langsung dibungkus menggunakan plastik bening. Tujuannya untuk menghindari munculnya ulat ataupun terjadinya pembusukan dari suhu di luar buah. Jangan lupa pemberian pupuk masih diberikan setelah munculnya buah di semua tanaman.

5. Proses Panen

Proses Panen
(Sumber: Ilmubudidaya.com)

Proses panen buah jambu kristal juga jangan terlalu lama didiamkan. Perubahan rasa dan tekstur buah juga memberi pengaruh cukup besar. Untuk itu proses pembungkusan menggunakan keras akan jadi modal penting agar tidak terserang hama lalat. Usahakan kondisi tekstur buah jambu kristal tidak terlalu buruk bahkan berubah dari segi warna.

Pemanenan buah jambu kristal juga perlu diperhatikan pada sisi penempatan wadah sebagai penampung hasil panen. Upayakan buah masih terbungkus pada saat di panen karena nutrisi dari tanaman sudah tidak didapatkan lagi. Untuk itu Anda perlu mempersiapkan ukuran wadah penampung hasil panen agar mendapatkan kondisi lebih baik.

Baca Juga : Rahasia Sukses Budidaya Kangkung Untuk Pemula

6. Pasca Panen

Setelah proses pemanenan selesai, metode selanjutnya harus menjaga kualitas tanaman agar tetap berbuah. Tidak lupa pada proses pasca panen juga membutuhkan perawatan lanjutan. Usahakan bagian akar tidak terdapat rumput berlebihan, kemudian dari sisi ranting yang mulai melebar sebaiknya dipangkas untuk mengurangi resiko pemborosan nutrisi dari pupuk.

Lakukan juga proses pemupukan secara berkala untuk menghasilkan buah jambu kristal lebih akurat. Karena itulah Anda membutuhkan solusi tepat agar nantinya proses perawatan tidak menimbulkan masalah.

Terkadang dari sisi proses perawatan di satu pohon bisa berbeda dengan pohon lainnya. Adanya sarana-sarana baru dalam pengembangan perawatan tanaman jambu kristal ini juga menentukan bagaimana prosedur perawatan tanaman lebih akurat. 

Biasanya pada proses pasca panen terdapat masalah, seperti hasil panen selanjutnya yang tidak sama seperti panen pertama. Hal ini sering terjadi karena kurangnya nutrisi ataupun penurunan kualitas tanah sebagai media penanaman jambu kristal tersebut. Cara tepat untuk menjaga sekaligus menambah kualitas tanah pasca panen adalah memberi pupuk kompos kembali sebagai cara tepat mengembalikan kualitas tanah.

Sampai detik ini penggunaan pupuk, perawatan sederhana dengan menghilangkan gulma adalah langkah tepat yang selama ini perlu Anda perhatikan. Dari sinilah Anda perlu mencoba bagaimana teknik terbaik agar ke depannya potensi besar yang bisa diperhitungkan dalam merawat tanaman jambu kristal bisa dikembangkan dengan tepat. Sekarang budidaya jambu kristal memberi pengalaman sekaligus penghasilan tambahan karena nilai jualnya cukup tinggi.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment