Ikan Cara Merawat Hewan

Cara Sukses Budidaya Ikan Oscar dari Nol Sampai Panen Besar

budidaya ikan oscar
Written by Josua Rifandy

Budidaya ikan oscar sebenarnya hampir sama dengan budidaya ikan hias lainnya. Hanya bedanya ikan oscar merupakan ikan hias yang cukup ganas, tidak seperti kebanyakan ikan hias yang tenang. Ikan yang dikenal sebagai nama Astronotus ini merupakan ikan berjenis Cichlidae. Berasal dari Sungai Amazon dan pemakan segala alias omnivora.

Budidaya ikan oscar dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Hanya saja karena ikan oscar ini memiliki sifat yang agresif, tempramental dan bisa menjadi kanibal bahkan sejak dini, orang yang membudidayakannya tentu harus merupakan hobbyist atau pembudidaya ikan hias yang sudah berpengalaman. Pembudidaya harus mengenal sifat dan karakter ikan oscar dan trik supaya budidaya ikan oscar sukses besar dari nol hingga panen. 

Baca Juga : Cara Memelihara Ikan Discus di Aquascape dengan Mudah 

Tahapan Budidaya Ikan Oscar dari Nol hingga Panen


1. Mempersiapkan Akuarium Budidaya 

budidaya ikan oscar
(Sumber: Youtube.com)
a. Ukuran Ideal Akuarium

Sebagai ikan hias pada umumnya, budidaya ikan oscar membutuhkan akuarium yang ideal. Ukuran akuarium sebaiknya tidak terlalu kecil atau setidaknya menyesuaikan jumlah ikan oscar yang akan dibudidaya. Idealnya ukuran akuarium untuk budidaya ikan oscar adalah 200 liter atau 1,5 x 1 x 0,5 m3. Akuarium diberi tempat berlindung seperti menggunakan bebatuan, lalu diisi air hingga setinggi 40 cm, dan endapkan air akuarium selama 24 jam. 

b. Oksigen dan Penerangan Akuarium

Karena ikan oscar juga membutuhkan oksigen, maka jangan lupa untuk memasang pompa udara, atau dengan memakai larutan hidrogen peroksida. Atur juga penerangan akuarium. Penerangan pada akuarium budidaya ikan oscar sebaiknya jangan menyala sepanjang waktu karena saat malam hari adalah waktunya bagi ikan oscar untuk tidur. Fungsi pencahayaan sendiri adalah sebagai penanda waktu siang malam bagi ikan, sehingga ada baiknya apabila saat malam hari lampu aquarium dimatikan. Ikan oscar akan menjadi tempramental dan agresif apabila kurang tidur akibat terganggu oleh cahaya yang terlalu terang. 

c. Tutup Aquarium

Berikutnya tutup aquarium. Penting untuk disiapkan di awal bersamaan dengan persiapan akuarium. Ikan oscar adalah ikan yang bisa melompat dalam situasi tertentu. Untuk menghindari kemungkinan ikan oscar melompat keluar dari akuarium, maka persiapkan tutup aquarium. Pemasangan tutup akuarium dapat dilakukan setelah ikan dimasukkan ke dalam akuarium. Penutupnya harus rapat kalau-kalau ikan bisa mendorong lepas tutupnya. 

d. Termometer dan Heater

Persiapan akuarium yang terakhir adalah heater, atau pemanas. Ikan oscar dapat tumbuh dengan baik pada suhu yang tepat, yaitu 23 sampai 27 derajat Celcius. Karena rentang suhunya di atas suhu ruangan, maka perlu diberikan heater dan termometer untuk menjaga suhu pada akuarium. Pantau dengan sering suhunya supaya tidak terlalu dingin maupun terlalu panas bagi ikan oscar. 

Baca Juga : Mengenal Jenis dan Cara Merawat Ikan Lemon

2. Memilih Indukan Ikan Oscar yang Berkualitas

Dalam memulai budidaya ikan oscar, pembudidaya harus mempersiapkan beberapa indukan ikan oscar. Perbandingan indukan jantan dan betina adalah 1 : 1, karena ikan oscar merupakan hewan monogami di mana jika ia sudah memilih pasangannya, maka dia akan setia. Pemilihan induk inilah yang harus tepat supaya keturunannya memiliki kualitas unggul dan yang paling penting adalah sehat. 

Dalam memilih indukan ikan oscar, bedakan terlebih dahulu mana ikan oscar jantan dan betina. Ada banyak cara yang dapat dilakukan, yaitu melalui warnanya, ukuran tubuh, sirip, alat kelamin, termasuk pergerakannya. 

Ikan oscar jantan biasanya memiliki warna yang lebih terang dan menarik, dengan ukuran tubuh yang lebih panjang, sirip yang sama panjangnya dan lebar, serta 2 buah lubang yang merupakan lubang kotoran dan organ reproduksi dengan ukuran hampir sama dan menguncup ke belakang. 

Sedangkan ikan oscar betina ditandai dengan warnanya yang lebih gelap dan cenderung berwarna kalem, ukurannya lebih pendek dan gemuk, siripnya pendek dan membulat, serta 2 buah lubang yang salah satu lubang tersebut memiliki ukuran besar, sedangkan satu lainnya kecil dan menguncup ke depan.

Membedakan jenis betina dan jantan juga dapat dilakukan dengan mengamati pergerakan ikan. Ikan oscar betina akan menuju dasar akuarium untuk menaruh telur-telurnya. Setelah itu, ikan oscar jantan akan mengikutinya untuk membuahi telur-telur tersebut. 

Indukan ikan oscar yang dapat dipilih adalah yang sudah berusia 1,5 sampai 2 tahun. Memiliki kondisi tubuh yang sehat tanpa cacat fisik, tanpa luka di tubuh, warnanya tidak pucat maupun kusam, dan bergeraknya agresif. Sebaiknya pilih indukan yang sudah berpasangan, caranya adalah dengan memasukkan ikan jantan dan betina dengan jumlah yang sama ke dalam akuarium, lalu biarkan sebentar hingga ikan-ikan tersebut berkumpul dengan pasangannya masing-masing. Baru setelah itu dipisahkan ke aquarium lain secara berpasangan. 

3. Melakukan Proses Pemijahan Ikan Oscar 

budidaya ikan oscar
(Sumber: Duniaair.com)

Masukkan indukan ikan oscar ke dalam akuarium secara berpasangan, dan biarkan mereka melakukan pemijahan secara alami. Pemijahan atau perkawinan ikan oscar berlangsung dalam waktu cepat terlebih jika kedua indukan memang sudah siap dan matang gonadnya. Pagi dan sore adalah waktu terbaik untuk proses pembuahan berlangsung. Induk betina akan berenang ke dasar akuarium diikuti oleh induk jantan yang langsung membuahi telur-telur. 

Apabila semua telur sudah dibuahi oleh indukannya, segera pindahkan telur-telur tersebut ke akuarium penetasan. Ukuran akuarium penetasan tidak sama dengan akuarium utama, yakni berukuran 70 x 40 x 40 cm, dengan ketinggian air 10 cm dari dasar akuarium. Masukkan telur-telur tersebut ke dalam akuarium, lalu pasang aerasi dengan kekuatan lemah supaya tidak mematikan telur-telur ikan. 

4. Merawat Anakan Ikan Oscar 

Biasanya telur ikan oscar akan menetas dalam 3 hari. Jangan beri makan dulu selama 4 hari karena anakan masih memiliki persediaan makanan dari kuning telur. Pemberian pakan sebaiknya dilakukan mulai hari kelima dengan rotifera, jangan sampai lupa karena ikan oscar yang kelaparan dapat menjadi kanibal meskipun usianya masih sangat muda. Kemudian di usia 10 hari, pakan yang diberikan berganti menjadi kutu air. Lalu di usia 2 minggu, anakan ikan oscar sudah dapat diberi cacing rambut. 

Baca Juga : Informasi Tentang Cara Merawat Aquascape Sesuai Prosedur

5. Proses Pembesaran Ikan Oscar 

budidaya ikan oscar
(Sumber: Hewany.com)

Tahap terakhir dari budidaya ikan oscar adalah pembesaran. Pembesaran ikan oscar dilakukan di kolam pembesaran, yaitu saat anakan ikan oscar mulai memasuki usia 1 bulan. Pindahkan anakan ikan oscar dari akuarium penetasan ke kolam pembesaran. Disarankan menggunakan kolam dengan ukuran besar yang diperkirakan dapat menampung hingga 300 ekor ikan oscar sekaligus. Gunakan air bersih dan atur suhunya dengan rentang 23 sampai 27 derajat Celcius. 

Di kolam pembesaran budidaya ikan oscar, pakan yang diberikan tergantung dari usia ikan oscar. Untuk ikan oscar yang berusia 1 sampai 5 bulan, pakan yang diberikan adalah berupa cacing rambut. Lalu untuk ikan oscar berusia 6 bulan hingga usia dewasa, diberikan pakan berupa udang rebon. Nantinya semakin dewasa usia ikan, satu kolam mulai dikurangi kapasitasnya menjadi maksimal 200 ekor. 

Demikian penjelasan mengenai cara budidaya ikan oscar dari nol hingga panen. Semoga informasi ini bisa menjadi inspirasi usaha budidaya yang menjanjikan. Selamat mencoba!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment