TrikMerawat Extraordinary Man!

Cara Budidaya Bunga Nusa Indah dengan Gampang dan Sederhana

4 min read

Budidaya Bunga Nusa Indah

Bunga Nusa Indah yang memiliki nama ilmiah Mussaenda frondosa, merupakan tanaman berbunga yang memiliki akar serabut dan batang berupa kayu keras. Bunga nusa indah memiliki bentuk bunga yang nyaris mirip dengan daun.

Namun yang membedakan bunga nusa indah dengan daun adalah warnanya, umumnya warna bunga nusa indah berwarna merah jambu, merah darah, dan varietas lainnya ada yang berwarna putih. Dengan warnanya yang indah ini, tidak heran jika budidaya bunga nusa indah sangat umum ditemukan di Indonesia.

Batang tanaman bunga nusa indah bisa tumbuh tinggi hingga 5 meter, percabangannya rapat, berwarna coklat dengan permukaan batang yang kasar. Sehingga tanaman bunga nusa indah lebih sering diperbanyak dengan teknik stek. Bunga ini merupakan bunga hermaprodit, yang tumbuhnya di ujung batang atau cabang berbentuk malai.

Metode Budidaya Bunga Nusa Indah dengan Mudah


Budidaya bunga nusa indah bisa menjadi ladang bisnis yang menggiurkan. Mengingat jumlah peminat bunga nusa indah yang cukup tinggi sebagai tanaman penghias pekarangan. Budidaya bunga nusa indah juga bisa menjadi sekadar hobi bagi para pecinta tanaman hias.

Tanaman bunga nusa indah akan tumbuh menjadi pohon dengan bunga nusa indah yang cantik sehingga akan menambah nilai keindahan lingkungan di pekarangan rumah.

Baca Juga: Cara Budidaya Bunga Pukul Empat Dijamin Sukses

Budidaya bunga nusa indah dilakukan dengan teknik perbanyakan berupa stek batang. Mengingat batangnya merupakan batang kayu yang keras serta memiliki banyak cabang serta dahan, tanaman bunga nusa indah dapat di stek untuk diperbanyak.

1. Persiapan Pemilihan Induk Bunga yang Akan di Stek

Pemilihan tanaman induk untuk stek tidak bisa sembarangan. Batang yang akan distek haruslah memiliki ukuran diameter yang besar tapi tidak terlalu tua. Setelah menemukan batang yang sesuai kriteria, pastikan bagian batang yang akan distek tidak terlalu dekat dari tanah maupun akarnya. Sebelum dipotong, hitung banyaknya mata tunas.

Sebaiknya pilih yang memiliki beberapa mata tunas. Kemudian silahkan potong batangnya sepanjang 15 cm menggunakan pisau tajam. Batang yang sudah dipotong itu runcingkan dulu bagian yang bawah, supaya tidak tertukar bagian atas dan bawahnya.

Segera setelah batang steknya sudah diruncingkan, buatlah larutan berupa campuran fungisida dosis 5 gram dengan 1 liter air. Masukkan batang stek ke dalam larutan, biarkan terendam selama 10 menit. Baru setelah itu batang diangkat dari larutan, dan oleskan perangsang pertumbuhan akar ZPT.

2. Penyemaian Batang Stek

Batang stek tidak bisa langsung ditanam di tanah langsung. Untuk meminimalisir kegagalan tumbuh, maka batang stek perlu disemai terlebih dahulu.

Penyemaian batang stek bertujuan untuk tanaman menumbuhkan bagian perakarannya hingga cukup umur untuk dipindah ke lahan. Penyemaian dilakukan pada polybag dengan ukuran sedang. Polybag diisi dengan media tanam berupa tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang.

3. Penyiraman Media Tanam Sebelum Penanaman Batang Stek

Media tanam sebaiknya disiram dulu sebelum batang ditancapkan. Penyiraman ini tujuannya adalah untuk melihat apakah media tanamnya akan menyusut setelah diberi air.

Apabila benar menyusut, maka perlu ditambah lagi media tanamnya sampai tidak menyusut lagi setelah disiram air.

4. Proses Penanaman Batang Stek

Berikutnya buat lubang seukuran batang stek, tancapkan ke tanah bagian batang yang sudah diruncingkan. Lalu padatkan media tanam di sekelilingnya supaya batangnya tidak mudah roboh. Penyemaian batang stek tanaman bunga nusa indah biasanya membutuhkan waktu sampai 1 bulan sebelum dipindah ke lahan.

Baca Juga: Cara Budidaya Bunga Wijaya Kusuma Termudah

Sampai masa tanamnya tiba, silahkan lakukan penyiraman rutin. Biasanya dalam usia 2 minggu, warna stek akan berubah menjadi hijau dengan mata tunas yang menumbuhkan daun.

5. Persiapan Lahan untuk Penanaman Tunas Nusa Indah

Sambil menunggu bibit siap ditanam, silahkan lakukan persiapan lahannya terlebih dahulu. Lahan yang dibutuhkan untuk bunga nusa indah adalah lahan terbuka dan cukup luas.

Apabila ditanam di pekarangan, sebaiknya pilih lokasi yang tidak terlalu berdekatan dengan tanaman maupun pohon lain, mengingat tanaman bunga nusa indah ini merupakan tanaman berjenis perdu yang membutuhkan pencahayaan matahari penuh setiap hari.

Lahan yang akan digunakan sebaiknya dibersihkan dulu dari rerumputan maupun tanaman liar, serta digemburkan. Penggemburan dapat dilakukan dengan menggunakan cangkul. Setelah itu dibuat lubang tanam berukuran 30 x 30 cm, dan beri jarak antara lubang tanam sekitar 1 hingga 1,5 meter.

Terakhir yang perlu dilakukan adalah pemberian pupuk dasar. Pupuk dasar yang digunakan adalah berupa pupuk kandang, yang diisikan ke dalam lubang tanam dan perlu dibiarkan sampai masa tanam bibit tiba.

6. Pemindahan Bibit yang Sudah di Stek ke Lahan Tanam

Setidaknya satu bulan masa penyemaian, bibit tanaman nusa indah baru bisa dipindah ke lahan. Pilihlah bibit yang sehat, tidak rentan penyakit dan hama, serta pertumbuhannya optimal.

Penanaman ke lahan bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama adalah dengan membuka polybagnya, dan yang kedua adalah dengan mencabut bibit dari polybag tanpa merusak akarnya.

Bibit lalu dimasukkan ke dalam lubang tanam. Padatkan terlebih dulu area sekitar akar baru setelah itu bagian perakaran tanaman ditimbun dengan tanah galian. Dengan begitu proses penanaman selesai, dan tinggal melakukan pemeliharaan saja.

Bunga nusa indah juga dapat dibudidayakan di pot. Kalau pada pot, maka tidak perlu dilakukan penyemaian terlebih dulu. Sehingga batang stek bisa langsung ditancapkan pada media tanam dalam pot yang berupa campuran pupuk kandang dan tanah gembur.

Namun ukuran batang stek yang ditanam di pot sebaiknya memiliki panjang 30 cm dan bagian bawahnya diruncingkan supaya tidak tertukar.

7. Pemeliharaan Bunga Nusa Indah

Pemeliharaan bunga nusa indah diantaranya berupa penyiraman, pemupukan, pemangkasan hingga penyiangan. Penyiraman sangat perlu dilakukan apabila penanaman dilakukan saat musim kemarau, yaitu sebanyak 2 kali sehari, dengan cara menyiramkannya ke media tanam.

Saat musim penghujan, penyiraman tidak diperlukan. Cukup memastikan bahwa sistem drainasenya baik supaya air tidak tergenang di permukaan tanah.

Mulai umur 1 bulan setelah tanam, pemberian pupuk lanjutan wajib dilakukan. Pupuk yang dapat digunakan adalah pupuk organik dengan takaran 1-2 kg tiap masing-masing tanaman, serta NPK slow release yang ditaburkan di sekitar perakaran tanaman. Pemberian pupuk lanjutan ada baiknya dilakukan tiap 3 sampai 4 minggu sekali.

Saat pemberian pupuk lanjutan, sebaiknya dilakukan berbarengan dengan penyiangan. Penyiangan ini dilakukan dengan mencabut dan membuang rerumputan liar maupun gulma yang tumbuh di sekitar tanaman. Akan lebih efektif lagi jika sekalian melakukan pembersihan pada daun yang berguguran dan cabang yang mati.

Pemeliharaan yang tak kalah penting lainnya adalah pemangkasan. Mengingat tanaman bunga nusa indah ini memiliki cabang yang banyak dan rimbun, maka pemangkasan perlu dilakukan supaya bentuk tanamannya menjadi lebih menarik.

Cabang yang dipangkas adalah cabang yang tumbuhnya terlalu lebat. Berikutnya juga perlu dilakukan pemangkasan daun, supaya tanaman bisa segera berbunga.

8. Masa Berbunga Bunga Nusa Indah

Masa berbunga tanaman bunga nusa indah ini biasanya berlangsung hingga tanaman tidak produktif lagi. Bunga pertama akan muncul saat tanaman sudah memasuki usia 1 tahun setelah tanam.

Baca Juga: Cara Budidaya Bunga Krokot Dijamin Sukses

Di masa berbunga pertama ini, wajar kalau bunganya masih tidak terlalu banyak. Namun seiring waktu, tanaman akan menghasilkan bunga nusa indah yang banyak dan meningkat di musim berikutnya.

Itulah informasi mengenai budidaya bunga nusa indah yang mudah dan sangat bisa dicoba para pemula. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan selamat menanam!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

One Reply to “Cara Budidaya Bunga Nusa Indah dengan Gampang dan Sederhana”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *