TrikMerawat Extraordinary Man!

Tips dan Trik Sukses Budidaya Bunga Desember Anti Ribet

3 min read

Budidaya Bunga Desember

Bunga yang akan mekar secara optimal di akhir tahun mulai dari November hingga Januari adalah bunga Desember. Bunga ini memiliki warna merah terang sehingga dinamai sebagai Blood Lily. Bunga desember berasal dari Afrika Selatan dan merupakan bunga tropis.

Bunga desember diperbanyak tidak dengan cara biji maupun stek, akan tetapi dari umbinya. Budidaya bunga desember mungkin akan cukup sulit dilakukan oleh pembudidaya pemula, mengingat cuaca dan iklim saat ini cukup sulit diprediksi sehingga bisa saja bunga desember tidak mekar pada waktunya.

Tips dan Trik Budidaya Bunga Desember


Berikut ini merupakan beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan agar bunga desember ini cepat berbunga.

1. Melakukan Pemilihan Umbi Bunga yang Berkualitas Tinggi

Tips supaya bunga desember cepat berbunga adalah dengan melakukan pemilihan umbi yang berkualitas unggul. Ciri-ciri umbi dengan kualitas unggul diantaranya memiliki warna cerah serta mengkilap, di mana tidak terdapat satupun luka pada bagian umbinya, memiliki ukuran yang besar dan matang. Umbi yang semakin matang malah justru semakin baik.

Umbi bunga desember yang sudah didapatkan kemudian ditanam terlebih dulu dalam polybag. Umbi bunga desember tidak bisa langsung ditanam di lahan karena proses pertumbuhannya nanti menjadi tidak optimal dan lambat berbunga.

Pertama-tama umbi harus dicuci dulu hingga bersih di bawah air mengalir. Kemudian umbi disimpan di tempat yang bersih dan jauh dari sinar matahari, tujuannya supaya umbi mengeluarkan bakal tunas. Tumbuhnya bakal tunas jelasnya membutuhkan waktu selama beberapa hari, sambil menunggu, silahkan siapkan polybag serta media tanamnya.

2. Memilih Media Tanam yang Subur, Porous, dan Gembur

Media tanam yang disarankan merupakan media yang subur, porous dan gembur. Sehingga dapat menggunakan media hasil dari campuran antara tanah, pasir dan pupuk organik dengan perbandingan yang sama, masing-masing bahan diayak terlebih dulu, ambil yang halusnya saja baru campurkan dan masukkan dalam polybag. Penanaman umbi di polybag merupakan salah satu trik supaya tanaman bunga desember nantinya cepat berbunga.

Baca Juga : Cara Budidaya Bunga Anyelir Ternyata Mudah? Ikuti Saja Cara ini

Polybag yang dapat digunakan adalah polybag dengan ukuran sedang, kira-kira memiliki diameter 10 cm atau kalau terlalu sempit, bisa disesuaikan dengan ukuran diameter umbinya. Isikan penuh polybag dengan media, lalu siram dan lihat apakah medianya jadi menyusut atau tidak. Kalau ternyata menyusut, media tanamnya bisa ditambahkan kembali hingga terisi penuh.

3. Pemilih Waktu Penanaman yang Tepat

Penanaman ubi ke dalam polybag sebaiknya dilakukan saat cuaca sedang tidak terlalu terik. Idealnya saat pagi atau saat sore hari. Buat terlebih dahulu lubang tanamnya disesuaikan dengan ukuran umbi, masukkan ke dalam polybag secara hati-hati tanpa melukai bagian tunasnya sedikitpun. Lalu tutup dengan media hingga umbi benar-benar terbenam di dalam media.

4. Proses Penyiraman yang Rutin dan Pemberian Pupuk

Tahap berikutnya yang perlu dilakukan adalah menyiram secara rutin sebanyak 2 kali sehari atau disesuaikan dengan kondisi tanah dan cuacanya. Di usia 2 minggu setelah tanam, tanaman sudah bisa diberi pupuk NPK untuk merangsang kecepatan pertumbuhan, serta melakukan penyemprotan pestisida dan fungisida dosis rendah.

5. Melakukan Transplanting agar Tanaman Cepat Berbunga

Dalam budidaya bunga desember, terdapat istilah transplanting. Transplanting ini merupakan pemindahan bibit bunga desember dari polybag ke pot individu. Tahapan ini perlu dilakukan supaya tanaman bisa cepat berbunga. Supaya tanaman mendapatkan ruang gerak yang lebih luas untuk tumbuh secara optimal.

Baca Juga : Mengenal Tentang Bunga Baby Breath yang Memiliki Banyak Makna

Transplanting dilakukan saat tanaman sudah memasuki usia 3 sampai 4 bulan setelah tanam. Bibit dari polybag dipindahkan ke pot plastik, dengan diameter potnya sekitar 25 sampai 35 cm. untuk medianya sama, yakni campuran pasir, tanah dan pupuk kompos. Bahan-bahan untuk media sebaiknya diayak dulu dan diambil bagian halusnya saja sebelum dicampur rata.

Pada pot individu, masukkan pecahan batu bata di paling dasar untuk mempermudah proses drainase air yang berlebihan. Lalu masukkan media yang sudah dicampur, isikan hingga pot menjadi penuh. Baru kemudian buat lubang tanam ukuran polybag.

Bibit tanaman bunga desember diambil yang pertumbuhannya baik dan sehat. Sobek polybagnya, lalu pindahkan 1 umbi tanaman ke 1 pot. Kemudian timbun lubang tanamnya, pastikan umbi tidak muncul ke permukaan media.

Setelah itu lakukan pengecekan terhadap daya serap airnya dengan cara disiram, dan lihat apakah medianya jadi menyusut. Kalau iya, bisa disolusi dengan menambahkan media sampai potnya penuh.

6. Memberikan Perawatan dan Pemeliharaan yang Optimal dan Intensif

Supaya bunga desember dapat tumbuh secara optimal dan cepat masa berbunganya, maka perlu diperhatikan perawatan serta pemeliharaannya. Terutama diperhatikan penyiramannya. Penyiraman sebaiknya hindari terlalu sering saat cuacanya lembab dan musim hujan.

Karena tanah yang lembab malah justru akan membuat umbi tanaman menjadi busuk, sehingga pertumbuhannya bisa saja terhambat. Sebaliknya, justru saat musim kemarau tanaman perlu disiram rutin pagi dan sore setiap hari dengan hand sprayer.

7. Memperhatikan Kondisi Media Tanam dan Lokasi Peletakkan Pot

Adapun tips lainnya adalah dengan melihat media tanamnya. Apabila setelah disiram media tanamnya jadi berkurang, maka harus segera ditambah supaya umbinya tidak muncul ke permukaan. Lakukan juga pemupukan lanjutan dengan pupuk yang mengandung N, P dan K supaya medianya tetap gembur.

Baca Juga : Begini Cara Budidaya Tanaman Celosia dengan Mudah

Silahkan tempatkan pot di area yang terjangkau sinar matahari langsung secara penuh, akan tetapi jika terlalu terik ada baiknya dipindahkan ke area yang teduh. Jika melihat ada daun yang menguning atau rusak, segera lakukan pemangkasan.

8. Hindari Gangguan Hama dengan Insektisida dan Fungisida

Tanaman bunga desember cukup rentan terserang hama dan penyakit saat musim penghujan tiba. Terutama apabila tanahnya dalam kondisi terlalu lembab, di mana membuat organisme pengganggu menjadi lebih mudah untuk menyerah tanaman.

Bagian tanaman yang rentan terhadap hama dan penyakit adalah bagian umbinya. Sehingga pembudidaya harus melakukan pencegahan dengan melakukan penyemprotan fungisida dan insektisida.

Penyemprotan insektisida dan fungisida dapat dilakukan menjelang atau di awal musim penghujan. Dosisnya rendah saja, yakni 1 liter air dicampur dengan 5 gram insektisida atau fungisida.

Apabila tanaman sudah menunjukkan gejala dari serangan hama dan penyakit, maka dosisnya ditambahkan menjadi 10 gram per liternya. Dan jika sudah terinfeksi parah, ada baiknya tanaman dibuang jauh dari tanaman yang lain supaya tidak menulari tanaman yang sehat.

Bunga desember akan berbunga di musim penghujan, perkiraan berbunganya dari bulan November hingga Januari. Tanaman yang hanya berbunga di bulan desember cukup rentan mengalami layu, sehingga bunganya tidak bisa dipetik sebagai hiasan maupun bunga meja.

Bunga desember sebenarnya bisa menjadi indikator iklim yang alami. Di mana apabila tanamannya sudah memunculkan tunas dan bakal bunga, maka itu artinya sudah memasuki musim penghujan. Sedangkan di musim kemarau, hanya ada umbi di dalam tanah dan tidak kelihatan tanda-tanda tunas dan daunnya. Tanaman ini hanya berbunga 1 kali dalam setahun.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan agar budidaya bunga desember bisa cepat berbunga. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semuanya terutama yang ingin melakukan budidaya tanaman ini secara mandiri.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

2 Replies to “Tips dan Trik Sukses Budidaya Bunga Desember Anti Ribet”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *