Cara Merawat Tanaman Tanaman Hias

Kunci Sukses Budidaya Bunga Dandelion Produksi Tinggi dan Ramah Lingkungan

Budidaya Bunga Dandelion
Written by Josua Rifandy

Semua orang pastinya sudah cukup familiar dengan bunga dandelion. Bunga ini memiliki bentuk yang bulat putih dan akan terbang tertiup angin untuk kemudian tumbuh menjadi tanaman baru.

Bunga dandelion merupakan bukti dari kearifan alam, dimana tanaman ini bisa hidup di mana pun baik itu tanah gersang maupun subur. Sehingga tergolong mudah untuk melakukan budidaya bunga dandelion ini.

Habitat asli dari bunga dandelion adalah di alam liar, biasanya ditemukan di pegunungan. Namun mengingat sifatnya yang mudah tumbuh di mana saja, melakukan budidaya bunga dandelion di rumah bukannya tidak mungkin dilakukan. Benihnya juga tidak perlu mencari sendiri ke alam liar, tapi bisa dengan beli ke toko benih bunga offline maupun online.

Tahapan Budidaya Bunga Dandelion Produksi Tinggi


Budidaya bunga dandelion sangat mudah dan perawatannya hampir sama dengan tanaman hias umumnya. Dandelion memiliki bunga berwarna kuning cerah, sedangkan dandelion yang bentuknya bulat berwarna putih sebenarnya adalah bijinya. Yang nanti saat terbang dan jatuh ke tanah akan tumbuh menjadi tanaman dandelion baru.

Mengingat peminat bunga dandelion yang tinggi, budidaya bunga dandelion dapat menjadi ladang usaha yang menjanjikan. Bunga dandelion tidak hanya diambil manfaat keindahannya, tapi juga dapat diambil manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga : Sukses Budidaya Kamboja, Begini Caranya

Seperti yang dilansir medicalnewstoday.com, setidaknya ada 10 manfaat kesehatan bagi tubuh manusia yang didapat dari tanaman bunga dandelion.

Di antaranya, sebagai antioksidan, mengurangi kolesterol, mengatur gula darah, mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, membantu menurunkan berat badan, mengurangi risiko kanker, meningkatkan sistem imun tubuh, melancarkan pencernaan serta menjaga kulit tetap sehat.

Sehingga tidak heran apabila budidaya bunga dandelion saat ini dapat menjadi ladang usaha yang menjanjikan. Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, langsung saja masuk ke pembahasan mengenai tahapan budidaya bunga dandelion.

1. Mempersiapkan Biji Bunga Dandelion

Bunga dandelion diperbanyak dengan biji. Biji bisa didapatkan dari mengambil di habitat aslinya, atau membeli ke toko benih bunga. Harga bibitnya biasanya murah meriah.

Namun pastikan untuk memilih benih yang berkualitas. Tanyakan secara mendetail pada penjualnya supaya tidak kecewa kalau ternyata mendapat benih yang berkualitas buruk.

Benih dandelion yang dipilih adalah varietas umum, Taraxacum officinale, yang sudah siap tanam tanpa perlu melakukan tindakan khusus lainnya. Biasanya benih dijual dalam satu bungkus yang berisi kurang lebih 50 biji. Dan semua biji ini bisa langsung ditanam atau dilakukan penyemaian dulu.

2. Penyemaian Biji Bunga

Tujuan dari penyemaian sendiri adalah untuk meningkatkan keberhasilan pertumbuhan tanaman. Penyemaian benih dandelion membutuhkan waktu yang terbilang cukup singkat. Bunga dandelion disemai pada polybag sebelum dipindah ke pekarangan atau lahan yang akan digunakan sebagai tempat budidaya bunga dandelion.

Cara melakukan penyemaian pada benih dandelion adalah dengan menyimpannya terlebih dulu di tempat yang tidak terjangkau sinar matahari, semisal di dalam rumah dan tidak dekat dengan jendela. Namun pastikan suhunya tidak tinggi, suhu yang disarankan adalah suhu kamar yang sejuk.

Kemudian siapkan media penyemaian. Media penyemaian itu berupa campuran dari tanah yang sudah dihaluskan, pupuk kandang dan pasir. Campur rata kemudian masukkan ke dalam polybag yang bagian dasarnya sudah dilubangi untuk drainase.

Setelah media penyemaiannya siap, langsung saja semaikan biji atau benih dandelion yang sudah didapat. Jangan lupa untuk menyiram secukupnya tanpa menyebabkan tanah sampai tergenang. Apabila bijinya keluar atau naik ke permukaan tanah saat disiram, silahkan ditimbun lagi dengan media semainya.

3. Memindahkan Biji Bunga Dandelion ke Lahan Budidaya Penanaman

Ketika benihnya sudah tumbuh, saatnya bibit dipindah ke pekarangan atau lahan kebun. Pemindahan sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan disarankan dilakukan saat pagi hari. Sebelum itu, persiapkan dulu lahannya.

Lokasi yang dipilih sebaiknya di ruang terbuka di mana sinar matahari dapat menjangkau area penanaman dengan mudah. Kemudian silahkan buat lubang tanamnya.

Ukuran setiap lubang tanamnya yakni 20 x 20 x 20 cm. Lubang tanam lalu diberi dengan pupuk kandang sebanyak 1 sampai 2 kg, selanjutnya lubang tanam perlu dibiarkan terlebih dahulu selama kurang lebih 7 hari.

4. Melakukan Perawatan Tanah Media Tanam

Supaya tanah kaya dengan unsur hara, sebaiknya tanah di sekitar lubang tanam juga perlu digemburkan dengan cara di cangkul, dibajak, dan diberi tambahan pupuk kandang.

Meskipun tanaman dandelion adalah tanaman yang dapat hidup di jenis tanah apa pun, tetap saja supaya tanaman dapat tumbuh dengan subur, penggemburan tetap perlu dilakukan.

Setelah 7 hari lubang tanam dibiarkan, silahkan pindahkan bibit ke lubang tanam yang sudah siap. Pemindahan dilakukan dengan hati-hati supaya bibit tidak rusak. Pemindahan ini ada baiknya dilakukan saat matahari sedang tidak terik, seperti saat pagi atau sore hari, lalu siram secukupnya.

5. Perawatan Bunga Dandelion

Meskipun bunga dandelion adalah tanaman liar yang dapat tumbuh sendiri dengan baik, akan tetapi perawatan juga perlu dilakukan supaya hasil produksinya tinggi dan maksimal.

Baca Juga : Cara Budidaya Bunga Kertas Buat Halaman Rumah Anda Semakin Menarik

Perawatan tanaman dandelion meliputi penyiraman, penyiangan serta pemupukan lanjutan. Penyiraman dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari selayaknya tanaman pada umumnya. Jika tanah sudah basah oleh air hujan, sebaiknya tidak perlu disiram ulang.

6. Penyiangan dan Pemupukan Lanjutan Bunga Dandelion

Adapun penyiangan yang dilakukan dengan tujuan untuk memberantas gulma yang tumbuh di sekitar tanaman dandelion. Gulma jika dibiarkan akan berpengaruh buruk terhadap tanaman, sehingga perlu disiangi secara rutin. Berikutnya yang tak kalah penting adalah pemupukan lanjutan.

Pemupukan lanjutan ini dilakukan setiap 3 minggu sekali, dengan menggunakan pupuk kandang. Pupuk diberikan pada bagian tajuk tanaman dandelion. Sebaiknya hindari menggunakan pupuk buatan untuk meminimalisir kerusakan tanaman dan lingkungan.

7. Masa Berbunga dan Panen Bunga Dandelion

Melakukan budidaya bunga dandelion, momen yang paling ditunggu tentu saja masa berbunganya. Tanaman dandelion akan mulai berbunga saat memasuki usia 3 bulan setelah tanam. Di mana bunganya akan berwarna kuning cerah dengan kepala bunganya yang berdiameter mulai dari 2 cm hingga 5 cm. di mana seluruh bunga dandelion ini terdiri dari sinar kuntum.

Pada masa berbunga ini, tanaman dandelion sudah dapat diambil manfaatnya. Baik itu daun, bunga maupun akarnya. Daun muda dari tanaman dandelion dapat dipetik untuk dijadikan salad, di mana disebutkan bahwa nilai gizi dari daun dandelion lebih tinggi dari brokoli serta bayam.

Memakan daun muda dandelion tanpa diolah juga terbukti baik bagi kesehatan. Selain itu daunnya juga bisa diseduh menjadi teh, dengan cukup diseduh air panas.

Adapun akarnya, yang kemudian dipanggang untuk digunakan sebagai alternatif dari kopi. Akar dandelion panggang ini terbukti bebas kafein meskipun memiliki cita rasa yang nyaris mirip dengan kopi hitam pada umumnya.

Daun dandelion yang sudah dipetik bisa langsung diolah menjadi salad atau teh, bisa juga dikeringkan dulu untuk disimpan. Pengeringan daun dandelion bisa dengan menjemurnya di bawah sinar matahari atau menggunakan oven.

Baca Juga : Cara Budidaya Marigold Hingga Menghasilkan Bunga Yang Sangat Indah

Nantinya saat tanaman dandelion mulai menua, bunganya akan menjadi matang dan berubah menjadi putih dengan bentuk bulat. Bunga dandelion yang sudah menua ini dapat diambil bijinya sebagai benih untuk budidaya bunga dandelion berikutnya.

Itulah informasi mengenai cara budidaya bunga dandelion yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semua khususnya yang ingin melakukan budidaya tanaman ini.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis,

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

1 Comment

Leave a Comment