TrikMerawat Extraordinary Man!

Waspada! Ketahui 4 Bahaya Tidak Buang Air Besar (BAB) Berhari-hari

4 min read

Buang Air Besar

Apakah Anda pernah tidak buang air besar (BAB) selama berhari-hari? Atau bahkan dalam waktu yang lebih lama? Anda harus mewaspadainya karena jika dibiarkan saja akan mengganggu kesehatan ke depannya.

Mungkin sebagian dari Anda tidak terlalu memusingkan jika tidak BAB, namun dibalik itu semua tersimpan bahaya yang mengintai kesehatan Anda.

Seperti yang diketahui BAB merupakan hal penting yang harus dilakukan karena kotoran terdiri dari air, bakteri, serat dan nabati tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh.

Lalu mengapa kotoran tersebut harus dibuang? Perlu diketahui dalam kotoran mengandung limbah, racun dan hormon yang harus dibuang agar tubuh tetap sehat. Lalu apa saja bahaya orang yang tidak BAB berhari-hari?

Ketahui 4 Bahaya Tidak Buang Air Besar (BAB) Beberapa Hari


Tubuh akan Keracunan

Bahaya pertama yang akan mengintai tubuh ketika tidak BAB selama berhari-hari adalah tubuh akan keracunan. Namun perlu diketahui bahwa keracunan yang dimaksud di sini bukanlah keracunan karena minum obat nyamuk atau digigit ular.

Melainkan keracunan yang menyebabkan organ dalam tubuh melemah dan tidak berfungsi dalam jangka waktu yang lama.

Hal tersebut karena kotoran dalam tubuh yang seharusnya mengeluarkan nutrisi-nutrisi yang tidak dibutuhkan oleh tubuh diuraikan kembali. Sehingga menjadikan tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang tidak baik tersebut.

Mengalami Diverkulitis

Bahaya selanjutnya yang mengintai kesehatan ketika tidak buang air besar (BAB) berhari-hari yakni mengalami kondisi diverkulitis. Apa itu diverkulitis? Seperti yang diketahui, diverkulitis merupakan kondisi dimana usus besar Anda mengalami peradangan dan juga infeksi.

Gejala yang muncul ketika mengalami diverkulitis yakni sering mengalami kram, nyeri perut, kembung, dan sembelit.

Baca Juga : Aktivitas Yang Membuang Kalori

Selain itu penderita juga akan merasa tidak nafsu makan. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh makanan yang mengalami pembusukan di dalam perut yang tidak kunjung keluar dan akhirnya tersimpan di sana.

Usus Bocor

Sudah pernah mendengar tentang masalah usus bocor? Jika pernah tentu Anda sudah mengetahui apa saja penyebab masalah kesehatan yang satu ini.

Perlu diketahui bahwa salah satu penyebab bocornya usus yakni tidak melakukan buang air besar (BAB) selama beberapa hari. Tentu Anda tidak ingin mengalami hal demikian, bukan?

Oleh karena itu pastikan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi dan juga melakukan olahraga secara rutin.

Jika Anda merasa tidak mengalami BAB selama beberapa hari, maka ada baiknya untuk segara melakukan pemeriksaan ke dokter.

“Kesehatan yang baik bukanlah sesuatu yang dapat kita beli. Namun, sesuatu yang dapat menjadi tabungan yang sangat berharga.”

ANNE WILSIN SCHAEF

Sering Lemah dan Lesu

Tubuh sering lemah dan juga lesu menjadi salah satu akibat karena Anda tidak BAB selama beberapa hari. Hal tersebut terjadi karena racun yang terdapat dalam kotoran terus menyebar di dalam tubuh sehingga menyebabkan tubuh mendapatkan oksigen yang berkadar sangat rendah.

Baca Juga : Cara Merawat Kesehatan Gigi dan Gusi

Seperti yang diketahui tanpa adanya oksigen yang cukup, tubuh akan berkurang dan tidak bisa mencerna makanan dengan baik.

Meski terlihat sepele, nyatanya orang yang tidak buang air besar beberapa hari akan membahayakan kesehatan. Oleh karena ada baiknya Anda melakukan beberapa kegiatan untuk mengurangi masalah BAB tersebut.

Susah BAB? Konsumsi 5 Makanan Berikut Agar Pencernaan Lancar


Buah Apel

Selain terkenal karena rasanya yang manis ternyata dibalik buah apel terkandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti folat, vitamin A, C, kalium dan juga mineral.

Semua nutrisi yang terdapat di dalam buah apel tersebut terbukti dapat melancarkan proses pembuangan sehingga buah ini sangat bagus dikonsumsi baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Tidak hanya itu, beberapa studi mengatakan bahwa di dalam buah apel mengandung pectin yang mana dipercaya dapat menambah jumlah bakteri baik sehingga sisa-sisa makanan yang ada di dalam usus bisa segera diubah menjadi feces dan buang air besar pun menjadi lebih lancar.

Buah Pisang

Buah atau makanan selanjutnya yang juga dipercaya dapat mengatasi masalah susah BAB adalah buah pisang. Seperti yang diketahui pisang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga sangat bagus untuk melancarkan pencernaan.

Kandungan serat yang ada di buah pisang akan merangsang usus berkontraksi sehingga bakteri baik yang ada dalam pencernaan akan bekerja optimal.

Baca Juga : Cara Agar Hidup Bahagia

Dengan begitu usus pun akan menjadi lebih bersih dan pencernaan akan berjalan lebih lancar jika Anda mengkonsumsi pisang setiap hari. Jadi bagi Anda yang mengalami masalah buang air besar yang sulit, maka bisa mencoba konsumsi pisang mulai sekarang.

Tahukah Kamu? Pisang memiliki nama ilmiah musa sapentum, yang berarti ‘Buah dari Pria yang Bijaksana’

Buah Lemon

Siapa yang menyangka bahwa kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah lemon mampu melancarkan pencernaan dengan efektif.

Seperti yang diketahui kandungan vitamin C yang terkandung di dalam lemon dipercaya dapat memecah dan mengubah sisa-sisa makanan menjadi feces. Feces inilah yang nantinya akan dikeluarkan dari saluran pencernaan.

Baca Juga : Cara Agar Tidur Lebih Nyenyak

Untuk mendapatkan vitamin C dari buah lemon ini, Anda hanya perlu meminum perasaan buah lemon tersebut setiap pagi sebelum sarapan agar sisa-sisa makanan kemarin dapat dikeluarkan.

Sehingga usus Anda pun menjadi lebih bersih dan perut lebih enteng.

Asparagus

Mungkin sebagian besar dari Anda masih cukup asing dengan makanan yang satu ini. Siapa yang menyangka asparagus atau biasa dikenal dengan nama rebung ini memiliki kandungan prebiotik yang cukup tinggi.

Seperti yang kita tahui di dalam prebiotik terdapat kandungan serat yang mana jumlahnya berkali-kali lipat. Sehingga tidak heran jika asparagus seringkali dikonsumsi untuk melancarkan BAB.

Meski rasa dari makanan yang satu ini hambar dan sedikit masam, namun jika diolah menjadi menu makanan akan sangat lezat dan enak.

Caranya hanya dengan mencampurkan asparagus dengan sayur-sayuran lainnya seperti sawi putih, bayam dan lain sebagainya.

Teh Jahe

Tahukah Anda bahwa rempah-rempah seperti jahe mengandung banyak sekali khasiat terutama bagi kesehatan. Banyak orang yang percaya bahwa mengkonsumsi teh jahe pada pagi hari dapat melancarkan buang air besar.

Teh jahe akan merangsang usus untuk bekerja lebih cepat ketika mengolah makanan sehingga sakit ataupun sembelit dapat teratasi dengan baik.

Selain dapat mengatasi masalah sembelit dan juga sakit perut, ternyata teh jahe juga dapat menghangatkan tubuh dan juga memperlebar pembuluh darah. Sehingga darah dalam tubuh bisa mengalir lebih lancar dan leluasa ke seluruh tubuh.

Minum Air Putih yang cukup

Selain mengkonsumsi makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas, pastikan untuk mengimbangi dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Mengapa demikian?

Seperti yang kita tahui air putih merupakan solusi terbaik untuk melancarkan masalah buang air besar. Selain itu, air putih juga dipercaya dapat membunuh racun-racun di dalam tubuh yang berasal dari makanan.

“Dalam pikiran yang berantakan, seperti dalam tubuh yang berantakan pula, kesehatan adalah hal mustahil.”

Cicero

Dengan begitu kinerja dari pencernaan jadi lebih lancar dan tubuh pun akan lebih sehat dan terbebas dari racun-racun yang dapat berdampak buruk pada tubuh.

Jadi jangan sampai Anda melupakan hal yang satu ini ya! Demikian informasi singkat tentang bahaya yang ditimbulkan jika tidak buang air besar selama berhari-hari.

Jika Anda ingin pencernaan lancar dan terbebas dari masalah, pastikan untuk mengkonsumsi beberapa makanan yang sudah disebutkan di atas, Semoga bermanfaat!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *