Anjing Cara Merawat Hewan

Tips Mengatasi Ras Anjing Hiperaktif

Anjing Hiperaktif
Written by Josua Rifandy

Memiliki ras anjing hiperaktif tentu saja sangat membahayakan. Selain, mengganggu lingkungan sekitar, biasanya hal ini juga akan membahayakan bagi anjing itu sendiri. Biasaya anjing melakukan banyak hal yang terlalu berlebihan.

Menggonggong berlebihan setiap waktu hingga menggigit objek yang berada di sekitar dirinya dianggap menjadi bagian dari defenisi hiperaktif. Anda tidak harus melakukan tindakan fisik yang malah membuat anjing ini semakin tidak bisa dikendalikan.

Apalagi banyak hal mudah dan sederhana yang mungkin akan memberikan kenyamanan bagi Anda dan anjing. Selain itu, anda juga harus mengenal masing-masing dari karakter ras anjing seperti ini.

Berikut Ini Tips Mengatasi Ras Anjing Hiperaktif


Beberapa cara yang mungkin bisa Anda terapkan untuk mengatasi Ras anjing hiperaktif:

Cobalah Untuk Cuek Terhadap Perilaku Anjing Hiperaktif

Anjing Hiperaktif
(Sumber: idntimes.com)

Cara mudah mengatasi anjing hiperaktif bisa dimulai dengan cuek terhadap tingkah laku anjing yang berlebihan. Biasanya anjing hiperaktif seperti ini cenderung mencari perhatian.

Beberapa ras anjing memang melakukan hal ini untuk mendapatkan perhatian lebih dari Anda. Apalagi saat mereka menginginkan sesuatu seperti makanan. Cobalah untuk tidak menanggapi kecenderungan hiperaktif seperti ini.

Baca Juga : Hal Penting Tentang Grooming Anjing yang Wajib Anda Lakukan

Bila Anda merespon seluruh tindakan berlebihan pada anjing ini, biasanya mereka akan menganggap bahwa yang dilakukan adalah wajar. Sehingga tindakan itu akan dilakukan secara terus menerus. Seluruh anjing juga memiliki tenaga terbatas saat melakukan tindakan berlebihan.

Berikan Kegiatan yang Menyenangkan untuk Anjing

Sebenarnya banyak kegiatan yang bisa diberikan pada anjing untuk mengalihkan perhatian mereka. Apalagi banyak perlengkapan sederhana yang bisa menjadi bagian dari permainan seperti ini. Bola tenis menjadi salah satu perlengkapan yang akan mengalihkan perhatian pada anjing Anda.

Ukuran yang tidak terlalu besar akan memudahkan Anjing untuk bermain pada bola seperti ini. Bahkan, Anda juga bisa ikut bermain pada anjing dengan menerapkan permainan lempar-tangkap. Selain itu, terapkan juga beberapa aktifitas lainnya yang tidak terlalu berat.

Hal ini akan memudahkan anjing mengalihkan energi yang cukup besar pada tindakan itu. Bila anjing itu merasa lelah, maka Anda tidak perlu khawatir terhadap seluruh tindakan berlebih pada anjing ini.

Hindari Lingkungan yang Mengganggu Ketenangan Anjing

Anjing juga membutuhkan ketenangan saat istirahat atau melakukan kegiatan tertentu. Bila anjing ini merasa terganggu, maka mereka akan mudah menjadi hiperaktif dalam waktu yang cukup lama. Sebaiknya Anda memperhitungkan penempatan dari kandang anjing.

Apalagi hal ini juga akan memberikan kenyamanan pada anjing. Beberapa pemilik biasanya menempatkan kandang di depan rumah. Biasanya hal ini cukup mengganggu bagi anjing saat orang lain yang tidak dikenal sering melewati sekitar lokasi dari kandang anjing.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Hutan Dengan Baik dan Benar

Mungkin anda bisa memindahkan kandang anjing di belakang rumah untuk memberikan suasana yang lebih baik. Bila tidak memungkinkan, sebaiknya anda menaikkan ketinggian dari pagar agar orang lain yang diluar tidak terlihat dengan jelas pada anjing.

Kenali Karakter Ras Anjing

Beberapa ras anjing memang cenderung memiliki sifat hiperaktif. Hal ini terjadi karena mereka memiliki energi berlebihan untuk melakukan banyak hal. Anda bisa melakukan mengendalikan seluruh energi pada ras anjing ini dengan menerapkan nutrisi yang tidak berlebihan.

Protein dan karbohidrat yang cukup tinggi pada nutrisi bisa mengakibatkan anjing akan menjadi hiperaktif. Selain itu, beberapa tindakan lainnya sebaiknya dilakukan dengan sangat hati-hati. Jangan pernah menerapkan kontak fisik yang berlebihan pada anjing seperti ini. Bila dilakukan, maka anjing akan semakin hiperaktif.

Jangan Mengikat Anjing Hiperaktif dalam Waktu yang Lama

Anjing Hiperaktif
(Sumber: my-best.id)

Beberapa pemilik akan selalu mengambil keputusan untuk mengikat anjing hiperaktif. Mereka menganggap bahwa tindakan seperti ini akan mengurangi tindakan hiperaktif. Namun, hal ini malah akan membuat kondisi anjing itu akan semakin berbahaya.

Bahkan, anjing hiperaktif yang diikat dalam waktu lama akan menjadi sangat buas dan menggigit objek yang dianggap membahayakan dirinya. Tanda pengenal seperti kalung memang dibutuhkan pada anjing ras Anda, namun jangan gunakan kalung ini sebagai bagian dari ikatan dalam waktu lama.

Berilah kenyamanan pada anjing Anda dengan tidak mengikatnya. Selain itu, tindakan seperti ini juga akan memberikan kedekatan emosional antara Anda dan anjing itu.

Selalu Menjadi Bagian Penting dari Hidupnya

Kedekatan emosional yang dialami anjing sangat dibutuhkan dalam jangka waktu tertentu. Hal ini bisa menjadi pilihan penting untuk mengurangi tindakan hiperaktif. Sebaiknya Anda tidak selalu meninggalkan anjing di rumah atau kandang sendirian dalam waktu yang sangat lama.

Bila anjing merasa kesepian, maka mereka akan merasa stres dan cenderung melakukan kegiatan yang sangat merugikan. Cobalah untuk menghabiskan beberapa waktu secara bersama dengan bermain atau berjalan. Hal ini juga akan memberikan kenyamanan dan menghindari seluruh energi menumpuk pada anjing.

Anjing Hiperaktif Adalah Anjing Kuper

Anjing hiperaktif bisa dianggap sebagai anjing yang kurang mengenali lingkungan sekitar mereka. Sehingga mereka terlihat bingung saat ada salah satu atau banyak objek baru yang mendekat atau berada di sekitar mereka.

Baca Juga : Rahasia Cara Merawat Bulu Kucing Dijamin Anti Rontok

Hal ini bisa diatas dengan memberikan kesempatan yang lebih banyak pada anjing untuk mengenali lingkungan sekitar mereka. Anda bisa mengajak anjing berjalan di sore hari dan memberikan waktu pada anjing untuk berinteraksi dengan seluruh objek baru atau orang lain. Kegiatan seperti ini juga akan mengurangi stres yang dialami pada anjing Anda.

Selalu Ingat, Karakter Anjing Adalah Cerminan dari Pemilik

Anjing Hiperaktif
(Sumber: petnyaku.com)

Banyak ungkapan yang sering diucapkan tentang anjing adalah cerminan dari pemilik. Mungkin saja hal ini ada benarnya. Sebaiknya Anda juga harus melakukan intropeksi terhadap energi atau tingkah laku yang selalu diperlihatkan saat bersama anjing.

Bila Anda termasuk pemilik yang selalu melakukan tindakan fisik terhadap anjing, maka hal ini akan membuat anjing semakin hiperaktif. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda harus menjaga tindakan yang merugikan psikis anjing.

Hal ini mungkin akan memberikan contoh yang baik pada anjing. Apalagi Anda sudah dianggap menjadi bagian keluarga dari anjing yang dipelihara.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Leave a Comment