Anjing Cara Merawat Hewan

Mengenal Karakter Ras Anjing Beagle dan Cara Perawatannya

Anjing Beagle
Written by Josua Rifandy

Anjing Beagle adalah salah satu dari keluarga anjing pemburu yang memiliki bentuk tubuh cukup kecil dibandingkan dengan ras lainnya. Anjing Beagle biasanya menjadi teman berburu hewan yang memiliki aroma tertentu dan berukuran kecil. Dalam sejarahnya, anjing ras Beagle berfungsi sebagai teman berburu beberapa hewan seperti kelinci, rusa, rubah, dan beberapa hewan kecil lainnya.

Indera penciuman yang cukup tajam pada Beagle memudahkan pelacakan yang dilakukan pemburu. Bahkan, naluri pemburu yang dimiliki anjing ini juga cukup baik. Hal ini yang membuat masyarakat dan kelompok penyayang binatang selalu melindungi Beagle dari ancaman kepunahan dengan membuat regulasi pelarangan konsumsi hingga karantina yang berlebihan.

Karakter Dari Ras Anjing Beagle


Anjing Beagle
(Sumber: thegorbalsla.com)

Karakter yang dimiliki anjing ras Beagle sangat berbeda dibandingkan dengan anjing peliharaan lainnya. Anda akan mendapatkan anjing ras yang memiliki tingkat kecerdasan cukup baik. Selain itu, ras anjing Beagle seperti ini memiliki ukuran yang cukup kecil.

Hal ini dianggap membuat ras Beagle sangat digemari di seluruh dunia. Bahkan, beberapa keluarga juga menjadikan anjing ini sebagai peliharaan utama dan teman untuk bermain. Namun, beberapa kali Anda harus mengerti tentang keadaan emosi dari ras Beagle ini. Apalagi anjing ras Beagle memiliki emosi yang cukup tinggi dan tingkatan amarah yang sangat berbeda.

Bila anjing ini sedang bermain dan ingin bermain, sebaiknya Anda harus memperhitungkan waktunya. Jangan pernah mengganggu ras anjing Beagle yang sedang bermain atau tidur.

Kepopuleran yang dimiliki ras anjing Beagle membuat beberapa orang dari banyak benua melalukan impor. Bahkan, hingga saat ini ras anjing Beagle lebih populer di Amerika dan Kanada bila dibandingkan dengan asalnya di Inggris.

Tingkah laku ras anjing Beagle ini dianggap cukup aktif dan beberapa pemiliki juga menganggap hiperaktif. Hal ini harus menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin menjadikan Beagle sebagai teman di rumah. Selain itu, Anda juga harus menerapkan kebiasaan yang baik untuk anjing ini.

Biasanya anjing ras Beagle memiliki kesempatan untuk meniru perlakuan dari pemiliknya. Anjing ini selalu menginginkan keleluasaan terhadap tempat tinggal dan waktu yang lebih banyak untuk bermain.

Jangan pernah menempatkan anjing Beagle pada kandang yang memiliki ukuran cukup kecil. Mereka akan merasa tidak nyaman dan kecenderungan untuk hiperaktif saat di luar kandang akan menjadi lebih besar. Karakter sederhana seperti ini akan menjadi pertimbangan Anda untuk menerapkan cara merawat anjing ras Beagle yang baik.

Penampilan Fisik pada Ras Anjing Beagle


Anjing Beagle
(Sumber: Gerava.com)

Penampian fisik selalu menjadi alasan utama untuk menerapkan perawatan yang baik untuk anjing ras Beagle. Karakter pemburu yang dimiliki pada anjing ini tidak membuat seluruh bagian tubuhnya memiliki ukuran yang cukup besar. Bahkan, anjing ras ini memiliki ukuran yang cukup kecil. Biasanya ukuran dari anjing ras Beagle ini terdiri dari tinggi sekitar 33 – 41 cm dan memiliki berat umum sekitar 8,2 hingga 15,9 kg.

Biasanya anjing betina Beagle memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan jantan. Perhitungan ukuran dari seluruh bagian Beagle ini termasuk normal. Bulu yang dimiliki ras anjing Beagle ini cukup halus bila dibandingkan dengan anjing pemburu lainnya. Selain itu, bentuk tengkorak seluruh bagian juga cukup panjang dan moncong yang cukup sempurna.

Letak dan ukuran gigi dari anjing ras Beagle ini akan dipengaruhi terhadap seluruh bagian dari bentuk rahang. Rahang yang dimiliki Beagle cukup kuat dengan dukungan penempatan gigi atas dan bawah yang sangat selaras. Hal ini memudahkan mereka untuk mendapatkan buruan atau mengkonsumsi makanan dengan sangat baik.

Ukuran mata yang cukup besar pada Beagle sangat disenangi beberapa pengadopsi. Apalagi warna coklat yang selalu mendominasi pada mata untuk Beagle ini membuat ras anjing ini terlihat seperti memohon pada saat sedang duduk. Hal penting yang harus menjadi perhatian Anda sebelum menjadikan Beagle sebagai pilihan utama adalah ukuran telinga yang cukup lebar dan besar.

Ukuran telinga dari anjing ras Beagle yang cukup besar akan memberikan penampilan yang sangat menarik. Bahkan, beberapa dari pengadopsi juga menganggap bahwa ukuran telinga dari ras anjing ini merupakan bagian yang sangat eksotis. Namun, Anda juga harus menerapkan perawatan yang baik untuk telinga ras Beagle.

Apalagi ukuran telinga yang cukup besar seperti ini rentan bakteri atau kuman yang mengumpul menjadi satu bagian. Tentu saja Anda akan menerapkan perawatan ekstra terhadap telinga pada Beagle dengan bantuan dari perlengkapan berbeda.

Anjing Beagle juga memiliki tulang leher yang cukup kuat. Beberapa ahli kesehatan hewan menganggap bahwa karakter dari tulang leher ini juga dipengaruhi terhadap ukuran telinga yang besar. Sehingga leher yang baik ini sanggup untuk menahan beban yang cukup berat pada telinga.

Masalah Kesehatan pada Ras Anjing Beagle


Tentu saja anda harus menerapkan cara merawat anjing ras Beagle yang sangat baik. Apalagi karakter yang cukup berbeda pada anjing ini membuat anda harus melakukan beberapa hal tambahan. Cara merawat dan masalah kesehatan pada umumnya untuk anjing Beagle akan mempengaruhi umur. Bila Anda melakukan perawatan dengan jangka waktu yang lebih baik untuk ras Beagle ini, maka anjing ini memiliki kesempatan untuk memiliki umur 12-15 tahun. Perhitungan umur ini tentu lebih baik dibandingkan dengan anjing yang memiliki ukuran tubuh sama.

Ras anjing Beagle sangat rentan terhadap jenis penyakit epilepsi. Apalagi tingkah laku yang hiperaktif membuat Anda harus melakukan cara merawat yang sangat ekstra untuk Beagle. Hypothyroidism juga sering terjadi pada anjing Beagle. Penyakit ini akan membuat Beagle memiliki ukuran kaki yang cukup kecil bahkan bengkok. Selain itu, Anda harus mengenal dan menghindari Hip dysplasia dan chondrodystrophic yang akan mempengaruhi masalah perkembangbiakkan. Namun, anda tidak perlu merasa khawatir karena beberapa masalah kesehatan seperti ini bisa dikonsultasikan dengan dokter hewan dan beberapa obat-obatan.

Cara Sederhana Merawat Ras Anjing Beagle


Anjing Beagle
(Sumber: hewandankita.blogspot.com)

Sebenarnya Anda tidak membutuhkan biaya yang cukup mahal untuk merawat ras anjing Beagle. Namun, Anda harus mengetahui kondisi kesehatan dari ras anjing ini. Apalagi karakter beberapa bagian tubuh yang cukup berbeda dari anjing lainnya akan membutuhkan perawatan yang lebih baik. Bagian bulu dan telinga pada ras anjing Beagle akan menjadi fokus utama dari perawatan.

Untuk anjing Beagle yang masih berusia cukup muda, sebaiknya gunakan bedak khusus yang akan mengurangi kutu atau beberapa bakteri lainnya. Namun, Anda bisa melakukan perawatan bulu untuk anjing Beagle dewasa dengan pembersihan melalui sabun khusus. Lakukan perawatan seperti ini secara berjadwal sekitar 2-3 minggu sekali.

Perawatan pada telinga untuk Beagle akan membutuhkan perhatian yang lebih baik. Anda harus membersihkan bagian dalam telinga pada Beagle untuk mengurangi bakteri atau kotoran yang menumpuk pada bagian tertentu. Apalagi pada saat posisi tidur, telinga pada Beagle akan bersentuhan langsung dengan tanah atau lantai.

Hal ini memudahkan bakteri bersarang di bagian telinga. Gunakan kapas atau cotton bud untuk menjangkau kotoran yang berada di bagian terkecil. Anda juga bisa menggunakan air bersih untuk memudahkan perawatan ini. Jangan pernah menggunakan alkohol untuk membersihkan telinga anjing. Cara sederhana merawat ras anjing Beagle seperti ini juga bisa dikonsultasikan kepada dokter hewan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Leave a Comment